11 Lapangan Bola Basket Yang Unik di Dunia

ring-basket.com --  Ada lapangan basket di mana-mana. Lapangan dalam ruangan, lapangan luar ruangan, menjadi arena pertandingan 2 tim untuk unjuk kebolehan dalam mencetak skor.

Tentang lapangan basket, adapula lapangan bola basket jalanan yang biasa disebut lapangan streetball. Kebanyakan lapangan streetball ini mirip satu sama lain. Mereka memiliki permukaan yang serupa, lingkaran yang serupa, dan berada di lokasi yang serupa. Tapi, ada pula yang tidak sesuai dengan kebiasaan. Sesuatu membuat mereka sangat unik. Berikut adalah 10 lapangan basket streetball yang unik di seluruh dunia.

1. Lapangan basket 3D , Kota Munich,Jerman


 

Ini mungkin bukan lapangan terbaik untuk memasang sepatu basket dan bermain, tapi ini pasti salah satu tempat bola basket paling unik di dunia. Lapangan 3D di Munich hampir terlihat seolah-olah alien mendarat dari planet lain dan mengambil kesempatan terbaik mereka untuk menciptakan kembali apa yang mereka pikir adalah bola basket.


Permukaannya adalah tartan oranye-merah lembut yang menarik mata dan menampilkan bukit pasir yang bergulir seolah-olah sedang bermain di Gurun Sahara. Lapangan dilengkapi dengan dua lingkaran dan semua tanda yang dicat. 


2. Lapangan Terapung, Danau Tonle Sap, Kamboja



Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin belum pernah ke Kamboja. Di Danau Tonle Sap yang terhubung dengan Sungai Mekong terdapat lapangan basket terapung.

Hanya ada satu tiang basket  di lapangan permukaan kayu keras. Lapangan tertutup sepenuhnya, yang masuk akal jika tidak, karena  bola akan menggelinding langsung ke danau.

Lapangan ditutup dengan jaring, sehingga memungkinkan aliran udara maksimum. Suhu rata-rata sepanjang tahun di daerah tersebut adalah 35 derajat Celcius.


3. Carrier Classic Court, di atas USS Vinson


Meskipun juga merupakan lapangan terapung, yang satu ini sedikit berbeda dari Kamboja. Pada awal musim bola basket perguruan tinggi 2011, Carrier Classic diadakan pada Hari Veteran di atas USS Vinson, sebuah kapal induk di Armada Pasifik.

Kapal induk itu telah bertugas dalam banyak operasi militer. Pada bulan November 2011, itu berfungsi sebagai rumah dari Carrier Classic yang dimainkan antara North Carolina dan Michigan State.

4. Lapangan basket Piggalle, Perancis

 

Bertengger  di antara deretan bangunan di arondisemen ke-9 Paris, terdapat lapangan basket Pigalle. Ini tidak seperti lapangan basket lain yang pernah Anda lihat. Anda langsung terpikat oleh warna-warna cerah merah, biru, dan kuning.

Seluruh gagasan pengadilan di Pigalle adalah untuk menjadi penghargaan bagi seni urban kota. Warnanya mengingatkan pada lukisan minyak tua yang berjudul "Sportsmen." Desain lapangan ini datang dari Nike, yang membantu mendanai proyek tersebut.


5. Lapangan basket di atap Tembok Kota, Dubrovnik, Kroasia



Jika pernah melihat film game of Throne, dan melihat lokasi King's Landing dengan atap penduduknya berwarna coklat, maka yang Anda lihat itu adalah wilayah di kota Dubrovnik, Kroasia. Di kota ini ada lapangan basket yang unik. Terletak di atap dengan pemandangan Laut Adriatik di latar belakang. Jangan khawatir kehilangan bola Anda , karena tiap sisi lapangan ini tertutup.

Ini adalah pengaturan yang unik karena bangunan ini terletak di antara banyak atap terakota di kota Dubrovnik. Lapangan basket  itu sendiri memiliki dua ring, tetapi tidak di setiap ujung lapangan. Di satu ujung, pengadilan terbuka untuk melihat Laut Adriatik. Lingkaran lainnya terletak di ujung lain lapangan tetapi dengan cara yang hampir tegak lurus.

6. House of Mamba, Shanghai, Cina



NBA cukup populer  di Cina. Dan setelah perjalanan kesembilan Kobe Bryant di sana, Nike meluncurkan salah satu lapangan basket paling canggih di dunia. Ini adalah pengadilan berukuran regulasi dengan kemampuan LED. Pemain memakai ban lengan khusus untuk menggunakan pelacakan gerak dan visualisasi LED reaktif untuk membantu mereka berlatih.


Ini adalah dunia teknologi yang digabungkan dengan permainan bola basket yang menciptakan hampir "pemain Robo."  Pemain diberi isyarat untuk pindah ke titik tertentu di lantai dan menggunakan gerakan tertentu, dimana banyak titik tersebut ditentukan oleh Bryant sendiri.

7. Just Do It HQ, Chicago, Illinois, AS


 

Chicago telah lama menjadi salah satu  "rumah" bagi penggemar bola basket di AS. Nike memutuskan untuk mengambil salah satu gereja kota – dibangun pada tahun 1885 – dan memperbaruinya. Hasil akhirnya adalah sesuatu yang disebut Just Do It HQ, di mana sejumlah kamp dan program berbeda dijalankan untuk pemuda Chicago.

Gereja tua mempertahankan desain lamanya, termasuk kaca patri. Nike bahkan melukis bola basket kaca patri di tengah lapangan. Ini adalah fasilitas bola basket yang indah di dalam gedung yang indah dengan langit-langit berkubah, lengkungan, dan kaca patri.

8. Center Market Place, Kota New York, AS


 

Dengan mahalnya tanah dan bangunan di Manhattan, tidak ada ruang untuk lapangan basket dalam ruangan di  Center Market Place yang terletak di Little Italy.

Dirancang oleh tim suami dan istri Robert dan Crystal Novogratz, lapangan Centre Market Place berada di atap townhouse.

Lapangan adalah tempat terbuka yang dikelilingi sepenuhnya - samping dan atas - oleh pagar. Ini bukan lapangan standar tetapi ini adalah tempat yang bagus untuk  memanfaatkan waktu di ujung hari.


9. Lapangan Bola Basket Regal, London, Inggris


Ketika Festival Bola Basket Dunia diadakan di Inggris pada tahun 2012, Nike ingin meninggalkan sesuatu untuk menginspirasi para pemuda lokal. Nike membantu mengubah lapangan basket di Black Prince Community Hub menjadi sesuatu yang sekarang disebut "The Regal."


Nama tersebut untuk menandakan ambisi "The Regal" menjadi pusat bola basket Inggris. Fasilitas ini memiliki lantai serba hitam dengan tanda emas dan tempat duduk untuk 160 penggemar. 

Di setiap ujung lapangan ada lingkaran berlapis emas dengan papan kaca asap. Lapangan juga dilengkapi lampu LED terintegrasi yang terhubung ke papan skor dan  shot clock.

10.  Lapangan Basket Terapung, Mumbai, India 


 

NBA mencoba menghebohkan bola basket di India dengan meluncurkan lapangan basket terapung pertama untuk menarik perhatian pada pertandingan pra-musim NBA pertama yang dimainkan pada tahun 2019. Lapangan itu mengapung di perairan tepat di luar Mumbai.

 11. Lapangan Basket  di Gua, Provinsi Guizhou, Cina

 

Lapangan ini sangat-sangat unik dan tiada duanya. Penduduk desa di Xinchun, yang terletak di Kabupaten Nayong di provinsi Guizhou di Cina, sekarang dapat bermain  bola basket terlepas dari cuaca. Lapangan secara teknis tidak di dalam ruangan, tetapi di dalam gua.

Desa tersebut menerima hibah dari pemerintah sebesar $ 14.000 dan mengumpulkan $ 6.500 lebih untuk membangun lapangan basket  di dalam gua besar. Lapangan basket dengan ukuran penuh menyelamatkan desa dari biaya tanah dan gua berventilasi alami. Tangga panjang dan bangku-bangku dibangun agar penonton bisa menonton.


 

 

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved