Profil Shaquille O'Neal

ring-basket.com -- Shaquille Rashaun O'Neal, atau Shaquille O'Neal juga dikenal sebagai Shaq, lahir 6 Maret 1972 di Newark, New Jersey. O'Neal dibesarkan di San Antonio Texas dan menarik perhatian para perekrut ketika tim sekolah menengahnya memenangkan kejuaraan negara bagian. Shaq  memulai karirnya di dunia basket ketika direkrut oleh Louisiana State University di mana ia diakui sebagai salah satu pemain bola basket terbaik di negara Amerika Serikat. 




Pada tahun 1991, O'Neal dinobatkan sebagai Pemain Perguruan Tinggi Terbaik Tahun tersebut, dan pada tahun '92 O'Neal meninggalkan universitas tersebut dan dan direkrut oleh Orlando Magic. Namun pada tahun 2000, ia kembali ke Louisiana State University dan O'neal mendapatkan gelarnya. O'Neal membantu memimpin Orlando Magics ke rekor 41-41, dengan rekor 20 kemenangan lebih baik dari musim sebelumnya.

O'Neal dikenal karena ukurannya yang mengesankan, Shaq berdiri dengan tinggi 7 kaki dan 1 inci ( 215,9 cm) yang luar biasa dan beratnya  sekitar 138 kg. Shaq adalah pemain yang sangat berbakat dan agresif yang membuat gelombang besar di dunia NBA.


Karier Bola Basket Shaquille O'Neal

Karier bola basket Shaquille O'Neal sangat mengesankan dan legendaris bahkan sebelum ia berhasil mencapai NBA. Memulai karir atletiknya di sekolah menengah, Shaq memimpin tim San Antonio-nya ke kejuaraan negara bagian dan membantu mereka memenangkannya juga. O'Neal kemudian direkrut oleh Louisiana State University di mana ia pergi lebih awal untuk direkrut sebagai pilihan pertama di NBA untuk Orlando Magic. O'Neal sepenuhnya mengubah tim Orlando Magic dan mengubah status musim mereka sepenuhnya.


 
O'Neal juga memenangkan medali emas pada tahun 1996 ketika dia menjadi anggota tim bola basket Olimpiade AS. Kemudian pada '96 O'Neal bergabung dengan Los Angeles Lakers di mana ia membentuk pasangan legendaris dengan Kobe Bryant yang dengannya ia mendominasi lapangan. 


 

O'Neal kemudian ditransfer oleh LA Lakers ke Miami Heat pada tahun 2004 di mana ia membentuk hubungan baru dengan point guard Dwayne Wade.




Gelar dan Penghargaan

Meskipun Shaq direkrut oleh tim Orlando Magic, dia tidak pernah memenangkan kejuaraan bersama mereka. Namun, selama 19 tahun karirnya, Shaquille O'Neal telah memenangkan banyak penghargaan yang hanya memperingati dampak mengesankan yang dia miliki di NBA.

Daftar Penghargaan Individu Shaquille O'Neal

  1. Pada tahun 1991, Shaq memenangkan AP College Basketball Player of the Year.
  2. Tahun 1993 ia diberi NBA Rookie of the Year Award.
  3. NBA Finals Most Valuable Player Award pada tahun 2000
  4. NBA Finals Most Valuable Player Award pada tahun 2001
  5. NBA Finals Most Valuable Player Award pada tahun 2002
  6. Tahun 2005, Shaq dianugerahi BET Award untuk Sportsman of the Year.
  7. NBA All-Star Game 2000
  8. NBA All-Star Game 2004
  9. NBA All-Star Game 2009


Jumlah Kejuaraan NBA Yang Dimenangkan

  1. Juara NBA 3x dengan Los Angeles
  2. Juara NBA 1x dengan Miami Heat


Karier bola basket Shaq juga termasuk mencetak lebih dari 28.596 poin yang merupakan total tertinggi ke-7 dalam sejarah NBA ketika dia pensiun. O'Neal juga mendapatkan kehormatan masuk dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 2016.


Kehidupan pribadi


Shaquille O'Neal dikenal karena karir bola basketnya yang luar biasa tetapi dia pensiun pada tahun 2011 dan kehidupan pribadinya sekarang menjadi fokus utamanya. Shaq lahir di Newark, New Jersey. Nama orang tuanya adalah Lucille O'Neal dan Joe Toney. O'Neal memiliki tiga saudara kandung: Ayesha O'Neal, Jamal O'Neal, dan Lateefah O'Neal. 



Pada tanggal 26 Desember 2002 Shaq menikah dengan Shaunie O'Neal, tetapi mereka bercerai pada tahun 2010. Bersama-sama, Shaunie dan Shaq memiliki empat anak: Shareef Rashaun, Shaqir Rashaun, Amirah Sanaa, dan Me'arah Sanaa. Anak-anak Shaq juga sangat bersemangat dengan bola basket dan berharap dapat mengikuti warisan luar biasa ayah mereka. Meskipun Shaq tumbuh sangat miskin dan tidak memiliki banyak kesempatan seperti yang lain, ia bekerja keras untuk menjadi sukses bagi keluarganya sendiri. Anak-anak Shaq juga mewarisi gen tinggi badannya yang mengejutkan seperti ayah mereka.

BACA JUGA:

Karim Abdul Jabbar - Legenda Bola basket NBA Muslim

Larry Bird : Pemain Legendaris, Pemain Suka Mengintimidasi, dan Pemain Genting Di Ujung Waktu

Fakta Sang Legenda Wilt Chamberlain

 

 

 

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved