JENIS MATERIAL LANTAI TERBAIK UNTUK LAPANGAN BOLA BASKET

ring-basket.com  --  Permainan bola basket membutuhkan peralatan yang sangat sedikit; bola, ring dan permukaan datar untuk dimainkan. Tapi permukaan datar itu bisa berdampak besar pada permainan. Permukaan harus memberikan traksi yang baik untuk pemain,  pantulan bola yang baik dan tahan lama. Tergantung pada lingkungannya, lantai terbaik untuk bola basket adalah kayu keras, beton, aspal, atau ubin olahraga.


Kayu keras

Permukaan lantai terbaik untuk bola basket dalam ruangan adalah kayu keras. Lantai kayu alami telah menjadi lantai pilihan selama beberapa dekade dan merupakan standar di semua permainan bola basket profesional dan perguruan tinggi. 

Jenis kayu yang paling umum untuk lantai kayu keras dalam ruangan adalah maple, meskipun beberapa lapangan menggunakan ek maple hibrida. Maple adalah yang terbaik karena menawarkan fleksibilitas dan daya tahan yang dihargai oleh pemain untuk kinerja dan keamanan. Karena maple adalah kayu yang lebih tahan banting, ia menawarkan permukaan yang lebih tidak berbahaya bagi pemain ketika mereka jatuh atau membentur lantai.


Cor beton

Beton adalah permukaan lantai yang sangat baik untuk bola basket luar ruangan. Ini juga nyaman, hanya membutuhkan peralatan dasar dan tenaga kerja untuk menuangkan dan mengatur. Beton terjangkau dan dapat dihaluskan untuk memberikan permukaan yang sangat konsisten untuk bola basket. 


 Beton sangat tahan lama, mampu menahan cuaca yang sangat panas dan dingin asalkan telah dipasang dengan benar dengan penghalang uap dan sealant. Anda juga bisa mengecat beton menggunakan cat khusus untuk lapangan.


Aspal

Lapangan aspal adalah alternatif beton saat mempertimbangkan lapangan outdoor. Aspal membutuhkan instalasi profesional. Aspal tidak semulus beton, tetapi Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk jenis permukaan.

 


 Aspal hadir dalam campuran batu berbeda yang menawarkan bola basket lebih banyak pilihan permukaan, dari yang lebih kasar hingga yang lebih halus. Seperti beton, lapangan aspal terbaik akan memiliki sealant cuaca yang melindungi aspal dan menyediakan permukaan yang siap dicat untuk jalur bola basket.


Ubin Plastik Interlock

Alternatif modern untuk permukaan lantai apa pun adalah lantai Ubin Plastik Multifungsi atau sering diebut juga plastic tile. Ubin plastik saling mengunci (interlock tile)  bersama untuk membentuk lapangan besar untuk bola basket dan olahraga lainnya. Ubin plastik adalah solusi yang sangat baik untuk area datar yang tidak dalam kondisi baik untuk bola basket. 

 


Ubin plastik tahan cuaca dan tidak permanen, sehingga Anda dapat membongkarnya jika dibutuhkan. Anda dapat memasang ubin plastik di dalam atau di luar ruangan. Akhirnya, ubin plastik  adalah bahan yang lebih tahan banting, seperti lantai kayu maple. Mereka menawarkan pencegahan cedera di lantai yang lebih baik,  tanpa mengurangi kemampuan bermain.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved