JENIS PERMUKAAN LANTAI LAPANGAN BASKET

ring-basket.com -- Jika ingin melihat manakah lapangan basket yang ideal, sudah pasti akan mennunjuk ke lapangan standar Internasional atau lapangan basket dimana kompetisi NBA dilakukan.  Lapangan yang ideal itu merupakan lapangan  terbuat dari kayu keras, yang memberikan permukaan yang mulus dan tidak terhalang serta pantulan yang konsisten. 

 


Namun tidak semua lapangan basket memiliki permukaan bermain yang sama. Permukaan lapangan akan sangat bergantung pada kebutuhan lapangan tertentu dan lokasinya, dengan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk permainan di luar ruangan.

PERMUKAAN LANTAI LAPANGAN BASKET

Kayu keras (Hard Wood)

Pilihan ideal  untuk lapangan basket dalam ruangan merupakan papan kayu keras. Papan kayu terbuat dapat ditemukan di sebagian besar stadion dengan standar internasional,  tim NBA atau kejuaraan resmi FIBA. Salah satu jenis kayu adalah, kayu Maple keras yang merupakan kayu padat dengan serat halus, membuatnya sangat tahan terhadap serpihan. Kayu yang padat juga menghasilkan permukaan yang halus tanpa ruang untuk kotoran dan kotoran untuk bersembunyi. 

 


Akibatnya, lapangan maple yang keras menawarkan daya tahan yang luar biasa dan membutuhkan sedikit perawatan. Material lantai kayu tidak boleh digunakan untuk lapangan outdoor karena sinar matahari, hujan, dan elemen alami lainnya dapat merusak kayu dan melengkungkan permukaan.



Aspal

Banyak pemain bola basket pertama kali belajar bermain bola basket di lapangan terbuka, baik di taman komunitas atau di jalan-jalan dan jalan masuk lingkungan mereka. Aspal standar tetap menjadi permukaan lapangan basket luar ruang yang paling umum karena kekuatan dan kemampuannya untuk menahan kondisi cuaca yang keras. 


  Sayangnya, aspal akan rusak seiring waktu dan rentan terhadap retakan, remuk,  dan ketidaksempurnaan permukaan lainnya. Aspal juga dapat menyebabkan cedera, yang  dapat menyebabkan luka, goresan atau lebih buruk.

Cor beton


 

Sama seperti Aspal, ini banyak digunakan di lapangan terbuka. Permukaan lapangan cor jauh lebih halus daripada aspal. Selain itu, permukaan bisa dicat dengan cat lapangan sehingga lebih indah. Namun, masih ada resiko dapat menyebabkan luka dan goresan.

Lapangan Basket Bahan Plastik multiguna


 

Beberapa produsen memproduksi permukaan lapangan basket dari lantai plastik serbaguna. Konstruksi lapangan dimulai dengan cor beton yang halus untuk fondasi yang kokoh dan kemudian dilapisi dengan kotak polipropilen modular yang disatukan dalam bentuk atau desain apa pun. 

 

Lantai plastik memberikan traksi yang sangat baik, pantulan bola yang andal, dan keamanan yang ditingkatkan, termasuk lecet kulit minimal saat jatuh. Permukaan serbaguna seperti itu dapat menangani kerasnya bola basket atau bahkan olahraga lain seperti bola voli, hoki jalanan, tenis, dan sepak bola.

null

Pengguna bahkan dapat menyesuaikan lapangan, memesan lantai dalam banyak warna agar sesuai dengan seragam tim atau preferensi gaya lainnya. Permukaan serbaguna ini juga dapat menahan elemen luar ruangan atau diterapkan di dalam ruangan tanpa kehilangan kinerja.


© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved