Kilasan dan Hasil Pertandingan Bola Basket IBL Tokopedia 2022 Lanjutan Tanggal 09 Maret 2022

  ring-basket.com -- Liga bola basket  Indonesia, IBL Tokopedia  2022  berlanjut di hari ke-7 setelah penundaan selama sebulan,  yang dilaksanakan di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Matchday tanggal 09 Maret yang  dilangsungkan 5 pertandingan yang dimulai sejak pukul 10.45 WIB. 

Pasific Caesar 77 vs 42 Bumi Borneo Pontianak

Awal kuarter pertama,  Bumi Borneo sempat memimpin 5-0 atas Pacific Caesar. Namun keunggulan tersebut gagal mereka pertahankan. Hasilnya Pacific Caesar jutsru berhasil membalikkan keunggulan 17-12 atas Bumi Borneo di kuarter pertama.

Kuarter kedua, Bumi Borneo mencoba peruntungan dengan tembakan tiga angka. Tapi Pacific Caesar berhasil keluar dari tekanan dan kembali mendominasi permainan. Kesalahan strategi Bumi Borneo membuat mereka hanya bisa menambah tujuh poin, sementara Pacific Caesar berhasil menambah 18 poin. 35-19 untuk keunggulan Pacific Caesar.

Berlanjut ke kuarter ketiga, Pacific Cesar masih terlalu tangguh untuk tim asal Pontianak tersebut. Pada kuarter ini Pacific Cesar berhasil menambah 23 poin, sedangkan Bumi Borneo menambah 20 poin. Alhasil Pacific Cesar menutup kuarter ketiga dengan memimpin 58-39 atas Bumi Borneo. Nahas permainan Bumi Borneo di kuarter keempat justru kian buruk.


Pada kuarter keempat, Bumi Borneo hanya bisa mencetak tiga poin. Sedangkan Pacific Caesar berhasil menambah 19 poin dan membuat poin mereka tak bisa dikejar. Akhirnya Pacific Caesar berhasil meraih kemenangan 77-42 atas Bumi Borneo. Dengan kemenangan ini, Pacific Cesar meraih kemenangan empat kali secara beruntun.


Dewa United 60 vs 55 SM Pertamina


Kuarter satu, Nikolas Mahesa dan Jamarr Andrew Johnson mencetak angka di awal laga bagi Dewa United. Dunk Sandy Ibrahim Azis menjadi poin pertama Satria Muda. Kevin Yonas Argadiba Sitorus , Sandy dan Rizal Falconi  membuat Satria Muda berbalik memimpin. Ferdian Purwoko dan Lucky Abdi Pasondok mendekatkan selisih tinggal satu angka, namun jump shot Falconi menutup kuarter pertama untuk keunggulan Satria Muda, 17-14.

Kuarter dua, Jamarr, Kevin Moses Poetiray, Ferdian dan Nikolas beruntun mencetak angka membuat Dewa memimpin. Namun, Antoni Erga menyamakan kedudukan. Lay up Ferdian dibalas tembakan tiga angka Arki, lay up Lucky dan Jamarr menjadikan Dewa unggul tiga angka. Tiga angka Hardianus dan lay up Juan membuat Satria Muda memimpin namun disamakan oleh Dio Tirta Saputra. Sandy mencetak angka terakhir babak pertama, membuat Satria Muda menutup babak pertama dengan keunggulan tiga angka, 38-35.


Angka dari Jamarr dan Kevin diawal kuarter ketiga menjadikan Dewa memimpin, namun Sandy dengan tiga angka membalikkannya. Kaleb mencetak dua angka bagi Dewa, tiga lemparan bebas Antoni Erga mempertahankan keunggulan Satria Muda. Jump shot Ferdian dan tiga angka dari Dio kembali membuat Dewa unggul, Kevin Yonas memperkecil selisih, Jamarr kembali menjaga marjin. Jump shot dari Juan dan Kevin Yonas membuat Satria Muda kembali memimpin 50-49 di akhir kuarter ketiga.


Kuarter terakhir, Dewa memperkuat pertahanan. Lay up Xaverius Prawiro dibalas tembakan tiga angka Juan. Jamarr dan Ferdian membuat Dewa kembali memimpin, 57-53. Arki kemudian menipiskan selisih. Angka dari Arki ternyata menjadi poin terakhir bagi Satria Muda. Dewa menambah tiga angka lagi dari lay up dan free throw Kevin Moses. Dewa memenangi laga, 60-55.
 

 

Pelita Jaya  63  vs 49 Indonesia Patriots

Kuarter satu, Pelita Jaya langsung mendominasi pertandingan. Indonesia Patriots banyak melakukan kesalahan dam gagal mendaratkan poin. Dua setengah menit sebelum kuarter  pertama habis, skor sempat 20-3. Di waktu yang  tersisa, INdonesia Patriots bergegas mengjar ketinggalan, sehingga kuarter satu ditutup dengan skor 24-11.

Kuarter dua,tertinggal dengan selisih dua digit, Indonesia Patriots tidak mampu keluar dari tekanan. Sementara Pelita jaya tetap bertahan dengan baik. Indonesia Patriots banyak membuat kesalahan kembali. DI saat yang sama Pelita jaya memaksimalkan setiap free throw. Sebuah tembakan 3 angka dari Govinda Julian Saputra dan 2 angka Vincent Kosasih menutup keunggulan Pelita jaya dengan skor 41-20.

Kuarter tiga, Pelita jaya tidak terlalu leluasa dalam mencetak angka. Hal yang sama juga dirasakan oleh Indonesia Patriots. Kedua tim sama-sama mencetak 10 point di kuarter tiga. 51-30 masih untuk keunggulan Pelita Jaya.

Kuarter keempat, Indonesia Patriots  mencetak angka. Tembakan 3 angka Daniel Salamena, perlahan-lahan membuat Indonesia Patriots mulai bergerak. Sementara Pelita Jaya cenderung bertahan. Meski pada kuarter ini, Indonesia Patriots berhasil membukukan 19 point, dan Pelita jaya hanya 12 point, namun selisih yang besar sejak kuarter sebelumnya membuat Indonesia Patriots harus mengakui keunggulan dari Pelita Jaya dengan skor 63 - 49.


Satya Wacana Salatiga 92 vs 68 DNA Bima Perkasa Jogja 

Pertandingan kuarter pertama, Atkinson membuka angka, Bryan membalas. Lay up Atkinson juga dijawab Franklyn. Giliran jump shot Davenport disamakan oleh dua lemparan bebas Ikram. Tiga angka Bryan juga direspon three point Indra, 9-9.  Angka Bima Perkasa kemudian macet, sementara Satya Wacana terus menambah lewat Franklyn dan Tyree Robinson. Satya Wacana unggul sepuluh angka menutup kuarter pertama 19-9.

Kuarter dua, The Saints melejit pada awal kuarter kedua, 26-9. Three points Indra menjadi angka pertama Bima Perkasa di kuarter kedua. Mas Kahono Bintang dan Robinson kembali menjauhkan, 31-12. Dua free throw dan three points jump shot Atkinson memeperkecil marjin, 31-17 yang menjadi angka pada lima menit terakhir babak pertama. 2 kali 3 poin dari Atkinson dan lay David Panjaitan memperpendek selisih, 43-23 untuk Satya Wacana kuarter dua.    `
 
Jordan Jacks mencetak poin pertama di kuarter ketiga lewat satu lemparan bebas.    Robinson dan Richnel Raiders Loupatty makin menjauhkan selisih angka, 58-35. Satya Wacana akhirnya menutup kuarter ketiga dengan kedudukan 60-43.

Kuarter empat, Indra mengawali dengan tiga angka . Satu free throw dan pay up Bryan  kembali menjaga selisih 64-46. Indra kembali melesakkan tembakan tiga poin. Dua free throw Adhit dibalas lay up Franklyn.  a Elyakim Tampa’I dan Richnell menutup angka dan Satya Wacana menang, 92-68.


Prawira Bandung 55 vs 66 RANS PIK Basketball

Kuarter pertama,  RANS melakuukan serangan di lima menit terakhir kuarter pertama. RANS running score 17 poin tanpa balas. Sementara Prawira banyak melakukan turnover di momen tersebut, sehingga mereka tidak bisa menambah poin. 3 kali tembakan 3 poin bersarang di rim Prawira . RANS berhasil menggempur pertahanan Prawira sehingga mereka unggul 21-10 saat kuarter pertama usai.

Jalannya pertandingan di kuarter kedua lebih menarik, sebab Prawira lebih rajin mencetak poin. Tembakan jarak jauh andalan mereka juga sudah kembali lagi. Di sisa waktu satu setengah menit, Prawira memotong margin dari 20 menjadi 17 poin. Situasi ini memberi harapan kepada Prawira untuk bisa menyusul perolehan poin RANS. Kuarter dua berakhir 26-39, masih untuk keunggulan RANS PIK.

Prawira mencoba bangkit di kuarter ketiga. Melalui serangan cepat Taj Spencer dan Abraham Grahita menambah poin Prawira, sekaligus memotong margin jadi 9 angka (30-39). Tapi RANS justru membalas dengan mencetak lebih banyak poin dari yang dihasilkan Prawira. Prawira terus menggempur pertahanan RANS di menit-menit akhir kuarter ketiga. Tapi RANS punya Akeem Scott yang punya pengalaman bermain di bawah tekanan. Dia memasukkan tembakan perimeter yang terukur sehingga RANS kembali unggul. 41-54 masih keunggulan RANS PIK

Kuarter terakhir,  Prawira lewat  tembakan tiga angka masing-masing dari Yudha dan Damar mendekatkan selisih. RANS meminta time out saat kedudukan 56-47. Time out sepertinya cukup berhasil. Three points Scott dan Coke berhasil melesak. Reza dan Spencer mencetak angka  65-55 saat waktu tersisa 48 detik.  Lima detik kemudian bench Prawira terkena technical foul . Scott mampu memanfaatkan tembakan hukuman mengubah angka 66-55 yang bertahan hingga akhir pertandingan

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved