LAGI CARI JARING BASKET ? CEK 8 JARING BASKET DI BAWAH INI

 ring-basket.com --  Dalam olahraga bola basket sering disebutkan bahwa bola dan ring merupakan hal penting. Namun, bagian dari ring yaitu jaring juga penting. Jaring merupakan salah satu perlengkapan yang ada di rim / ring basket. Kegunaan dari jaring adalah mengarahkan bola yang masuk ke bawah.

Jaring sering sekali terlihat menjadi bagian yang lebih dulu rusak di ring. Hal ini karena faktor sering ketarik pemain, dan jika dipasang di luar ruangan, maka cuaca juga mempengaruhi. 



Di pasaran ada banyak dijual berbagai jenis jaring / net ring basket, namun jika ingin tahu beberapa ketentuan jaring basket standar sesuai FIBA, bisa dilihat beberapa hal berikut :

- Dibuat dari tali putih
- Bisa digantung di ring
- Didesain sehingga terlihat saat bola masuk ke dalam keranjang
- Panjang tidak kurang dari 400 mm, dan tidak lebih dari 450 mm
- Mempunyai 12 kait yang bisa dicantolkan ke ring
- Bagian atas dari jaring dibuat agak kaku, untuk mencegah :

  1.  jaring bergerak/berbalik ke atas
  2. bola terperangkap di dalam jaring atau memantul kembali keluar jaring

Secara umum, tidak standar bahan yang disarankan, meski disebu warna harus putih. Namun, memang banyak jaring di pasaran dibuat dari bahan nylon. Namun ada pula yang menggunakan bahan rantai logam, namun tetap harus diperiksa dan diseuaikan dengan rim / ring yang tersedia mulai dari :
- Jumlah loop (titik kait ke ring)

- Metode Kait ke ring 

Selain itu ada faktor lain yang harus diperhatikan jika menggunakan jaring nylon :

- material . Tidak semua jaring yang disebut nylon, benar- benar nylon. Beberapa mungkin campuran. 

- Diameter tali jaring basket. 


Contoh-contoh Jaring / Net  Basket

 1. Jaring basket rantai

Jaring ini termasuk jaring yang cukup awet. Terbuat dari bahan besi galvanis. Umumnya bagian ujung adalah seperti kait tajam, sehingga harus hati-hati saat memasang ke ring. Jumlah kait model seperti ini biasanya 12 pcs.Panjangnya 45 cm

Bisa cek di Tokopedia


2. Jaring basket Bounce


Jaring ini cukup murah. Sekitar 30RB-an sepasang. Diameternya cukup besar, namun kerapatan benang agak jarang. Sebandinglah dengan harga. Jumlah kait / loop ada 8 pcs. Panjang standar 45 cm. 

Bisa cek di Tokopedia

3. Jaring basket OTO

 


 Jaring basket ini merupakan pilihan lain yang ingin ring basket yang lebih murah. Jaring basket OTO sekitar 20RB-an sepasang. Diameternya cukup besar, namun kerapatan benang agak jarang. Sebandinglah dengan harga. Jumlah kait / loop ada 8 pcs. Panjang standar 45 cm. 

Bisa cek di Tokopedia

4. Jaring basket  Glow In The Dark  


 

Jaring basket yang satu ini merupakan jaring campuran nylon dan fosfor sehingga bisa terlihat seperti menyala saat sekitarnya gelap. Memiliki panjang cukup pendek, 21 cm. Jumlah kait / loop : 8 pcs.

Harganya sekita 70RB-an per pc. 

 Bisa cek di Tokopedia


5. Jaring basket  Murah Merk NBA 

 

Jaring basket ini tidak bisa disebut murah juga dibanding jaring basket yang disebutkan diatas. Hasil  pilinan / jalinan benangnya cukup rapat dan kokoh.Harganya sekitar 75Rb-an sepasang. 

 Bisa cek di Tokopedia

 

6.  Jaring basket  Merah Putih


 

Jaring basket ini tidak menggunakan nylon, tapi menggunakan tali tambang dengan diameter 5 mm. Tentu saja kokoh. 

Menurut pembuat, jaring basket ini memiliki desain jaring bisa menahan laju bola sepersekian detik saat nyeplos masuk ke dalam ring sebelum jatuh ke lapangan kembali.

Harga sekitar 25 rb-AN PER pc BUKAN SEPASANG

Jumlah kait / loop : 12 pcs

 Bisa cek di Tokopedia

7. Jaring Ring Basket / Basketball Net SUNWAY Pro Style S203

Jaring basket SUNWAY merupakan jaring basket dengan bahan nylon dengan jalinan benang yang cukup rapat. Berwarna putih semua. Harganya 35RB per pc. Harga menengah untuk jaring basket yang bagus. Panjang jaring  dan diameter lainnya sesuai standar FIBA. 

Jumlah loop jaring basket : 12 pcs

 Bisa cek di Tokopedia

 

8. Jaring basket Molten

Jika punya budget berlebih, maka jaring basket yang satu ini bisa jadi pilihan utama. Menggunakan bahan nylon, dengan kerapatan yang cukup tinggi. Jumlah kait 12 pcs. Berwarna putih, yang disesuaikan dengan standar FIBA. 

 Bisa cek di Tokopedia

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved