Operan Entry Post Dalam Permainan Bola Basket

 Saat tim membutuhkan angka, terkadang opsi termudah adalah mengirim bola ke pemain dekat tiang lawan dan membiarkan mereka melakukan sihirnya.

Tetapi untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus menggunakan umpan ke daerah lawan yang akurat untuk melewati pertahanan. Sering disebut dengan umpan masuk atau umpan entry post. 


Umpan masuk adalah saat Anda mengoper bola ke rekan satu tim yang memasang di dekat keranjang. Operna ini ini bisa datang dari mana saja di dalam garis pembatas..

Ada beberapa cara untuk melakukan post entry pass, tergantung pada bagaimana pertahanan bermain. Tujuannya adalah untuk mengoper bola ke rekan setim Anda di tempat yang paling sulit bagi pertahanan lawan  untuk menangkis atau mencegat umpan.


  • Jika pemain bertahan lawan  yang menjaga rekan setim Anda bermain di sisi yang tinggi di atas garis, Anda harus mencoba untuk membuat umpan ke arah tangan setim Anda yang paling dekat dengan garis pembatas dan jauh dari bek.
  • Jika bek lawan bermain di sisi rendah, Anda menyesuaikan arah operan Anda.

Jenis Operan / Umpan Untuk Mengumpan Ke Area Dekat Tiang Lawan

Ada tiga pass berbeda yang dapat Anda gunakan untuk melakukan operan entry post.

Air Pass / Umpan Udara

Umpan ini melewati udara tanpa memantul dan harus dilemparkan ke pemain pos Anda di atas kepala mereka di mana mereka dapat meraih dan menangkap dengan satu atau dua tangan. Itu harus dilempar ke sisi yang berlawanan dari tempat bek menjaga.

  1. Yang terbaik adalah mengeksekusi operan ini ketika tangan pemain bertahan Anda rendah. Ini membantu membuatnya tidak mungkin membelokkan atau mencegat umpan.
  2. Jika tangan bek berada di atas, Anda perlu menempatkan kombinasi arch dan speed pada bola untuk melewati tangan mereka tanpa memberikan waktu kepada lawan lain untuk masuk untuk menangkis atau mencegat operan.


Operan Pantul

Operan pantul atau bounce pass, dibuat dengan satu pantulan ke rekan setim Anda. Bola harus dilempar agar memantul setinggi kira-kira setinggi pinggang, sehingga memudahkan rekan setim Anda untuk menerima operan.

Jika bek Anda berada tepat di antara Anda dan rekan setim Anda, jaga agar satu kaki tetap tegak dan melangkah lebar dengan yang lain sambil mengoper bola di sekitar bek Anda. Langkah ini dimaksudkan untuk membuka jalur yang lewat sehingga Anda dapat menghindari pass Anda dipertahankan.

Umpan ini paling mudah dilakukan ketika bek Anda memiliki tangan lebih tinggi dalam posisi bertahannya sehingga Anda dapat memantulkan bola dengan rendah.

Operan FAKE-AND-MAKE (Gerakan Tipuan dan Umpan)

Umpan ini bisa menjadi yang terbaik saat bek lawan Anda sedang agresif. Dalam situasi ini, Anda akan melakukan trik seakan akan hendak melakukan operan.

  1. Salah satu opsi adalah memalsukan operan di atas kepal agar pemain bertahan Anda mengangkat tangan tinggi-tinggi sebelum dengan cepat beralih dan melemparkan operan pantulan ke rekan setim Anda.
  2. Pilihan kedua adalah memalsukan operan pantul untuk membuat bek Anda menurunkan tangannya sebelum dengan cepat beralih dan melemparkan overhead ke rekan setim Anda.


Ingat: Pura pura operan tinggi untuk mengoper bawah,  pura pura operan bawah kalau oper atas.

Melakukan operan masuk ke dekat tiang lawan yang efektif adalah kunci keberhasilan mencetak bola dari tiang gawang atau melakukan pelanggaran di sekitar tiang gawang.


© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved