Fungsi Otot Serta Olahraga Yang Dapat Membantu Membentuk Otot

Otot merupakan jaringan dalam tubuh manusia yang memiliki peran penting untuk menggerakan organ. Tulang dan otot yang berada di dalam tubuh akan bekerja sama dan membentuk sistem gerak. Di dalam tubuh manusia, terdapat 3 macam otot yaitu otot polos, otot jantung dan otot lurik. Ketiga jenis otot tersebut memiliki fungsi masing masing.


  • Otot polos berfungsi untuk membantu proses pengolahan makanan pada saluran pencernaan hingga mengontrol aliran darah ke seluruh tubuh. Otot polos, biasanya di temukan di organ pencernaan dan pembuluh darah
  • Otot jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Seperti namanya otot jantung biasa ditemukan di jantung
  • Yang terakhir adalah otot lurik, otot urik berfungsi untuk mengunyah, menjaga postur tubuh dan lainnya. Otot lurik biasanya ditemukan di seluruh bagian tubuh bagian luar

Untuk mengentahui fungsi-fungsi pada otot manusia lebih jelasnya simak penjelasan berikut :

Membantu Sistem Pernafasan

Membantu Sistem Pernafasan

Fungsi otot pertama adalah membantu sistem pernafasan. otot yang bekerja ketika kita sedang bernafas adalah otot diafragma. Otot diafragma adalah otot utama yang bekerja selama sedang bernafas. Selain itu otot diagrama berada di antara rongga dada dan rongga perut.

Ketika sedang melakukan kegiatan berat misalnya olahraga, maka otot diafragma ini akan dibantu oleh otot lainnya seperti otot leher, otot perut dan otot punggung

Membantu Proses Pencernaan

Fungsi otot selanjutnya adalah membantu proses pencernaan. Otot yang berperan untuk membantu proses pencernaan adalah otot halus.

Nah, nantinya ketika ada makanan yang melewati saluran pencernaan, otot halus akan melemas dan menegang. Selain itu otot halus juga dapat membantu mendorong makanan yang berada di tubuh saat sedang buang air besar atau sedang muntah.

Membantu Penglihatan

Membantu Penglihatan

Tanpa kita sadari otot juga berfungsi untuk membantu penglihatan manusia. Mata juga memiliki otot yang berfungsi untuk menggerakan mata ketika kita sedang berkedip dan ketika sedang menyesuaikan jarak pandang. Selain itu, otot juga berfungsi untuk membantu menggerakkan bola mata kita ke segala arah.

Membantu Peredaran Darah

Dalam hal ini otot jantung dan otot polos berfungsi membantu jantung berdetak dan membantu aliran darah mengalir ke seluruh tubuh serta akan menghasilkan impuls listrik.

Otot jantung yang dikendalikan oleh sistem saraf otonom akan bertanggung jawab untuk sebagian besar fungsi tubuh pada manusia.

Membantu Menggerakkan Tubuh

Menggerakan Tubuh

Otot memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan tubuh manusia.Ketika kita sedang menggerakan tubuh maka otot yang bekerja adalah otot lurik atau otot rangka. Otot rangka melekat pada tulang manusia dan sebagian dikendalikan oleh sistem saraf pusat. Otot ranka bisa dikendalikan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Menjaga keseimbangan tubuh

Fungsi otot yang terakhir adalah menjaga keseimbangan tubuh. Selain berfungsi untuk menggerakan tubuh, otot rangka juga dapat membantu melindungi tulang belakang dan dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Dalam hal ini, otot juga memiliki inti otot diantaranya terdiri dari otot perut, otot panggul, dan otot punggung. Nah, semakin otot otot tersebut kuat, maka semakin terjaga keseimbangan tubuh pada manusia.

Olahraga Yang Membentuk Otot

Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat membentuk otot.

Angkat Beban

Angkat Beban

Olahraga ini merupakan olahraga yang berfokus pada latihan kekuatan dengan menggunakan beban seperti dumbbell, dan barbel. Hal ini dapat membantu membangun dan menguatkan otot-otot tubuh secara keseluruhan, terutama otot-otot besar seperti otot punggung, dada, bahu, lengan, dan kaki.

Baca Juga :

Bersepeda

Dengan bersepeda, akan melibatkan otot-otot kaki, paha, dan betis untuk bergerak. Dengan begitu otot otot bagian bawah akan terbentuk. Bersepeda juga membantu memperkuat otot-otot inti dan punggung. Jika kamu malas keluar rumah, maka kamu dapat melakukannya menggunakan sepeda statis.

Push Up

Push Up

Push up adalah salah satu olahraga yang dapat membentuk otot lengan. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menguatkan otot dada, pundak, dan inti. Jika belum terbiasa dengan puss up kamu dapat memulainya dengan 10 kali sehari. Lama kelamaan jumlah tersebut akan bertambah sehingga hasil yang didapatpun meningkat.

Squat

Olahraga squat merupakan jenis olahraga yang dapat mengencangkan serta membentuk otot-otot tubuh bagian bawah, seperti otot bokong, pinggul, paha, dan betis. Dikutip dari Halodoc, berat badan seseorang akan turun signifikan jika melakukan 3 set atau 12 hingga 15 kali pengulangan.

Sit Up

Sit Up

Dengan melakukan sit up secara rutin, dapat membentuk otot otot perut dan pinggul. Selain itu, latihan sit up juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan melonggarkan tulang belakang dan pinggul.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved