Tips Mencegah Dan Mengatasi Cedera Dalam Olahraga Basket

Basket adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 tim yang berisi 5 orang di masing masing timnya. Seperti yang kita ketahui, tujuan dari olahraga basket ini dengan memasukan bola ke ring musuh. Ketika bermain basket hal hal tak terduga bisa saja terjadi salah satunya cedera.

Cedera bisa saja mengganggu permainan, membatasi partisipasi, dan dalam beberapa kasus, bahkan dapat mengakhiri karier seorang pemain basket. Oleh karena itu, penting bagi para pemain basket untuk mengetahui cara mengatasi serta mencegah cedera. Cedera cedera yang biasanya di alami pemain basket diantaranya, cedera kaki, pinggang, lutut, kepala, dan tangan.

Tips Mencegah Cedera

Mencegah Cedera Basket

Mengalami cedera saat bermain basket tentu adalah sebuah resiko yang bisa saja terjadi kapan dan siapa saja bisa saja mengalai cedera. Lebih baik mencegah daripada mengatasi, berikut adalah tips agar mencegah terjadinya cedera.

Pemanasan Dan Perangan

Sebelum bermain basket direkomendasikan untuk pemanasan terlebih dahulu. Jika tidak, otot otot tubuh bisa saja terkejut sehingga mengalami cedera saat bermain basket. Karena setiap anggota tubuh kita memerlukan adaptasi untuk setiap aktivitas fisik salah satunya basket. Paling tidak lakukanlah pemanasan sekitar 10-15 menit agar tubuh lebih siap dalam melakukan aktivitas olahraga.

Pelajari Teknik Dengan Benar

Menguasai teknik dengan benar tentu menjadi salah satu hal yang penting dalam bermain basket. Penting bagi pemain basket untuk menguasai teknik yang benar seperti dribbling, shooting, melompat dan teknik lainnya. Memiliki teknik yang baik dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi dan otot, sehingga mengurangi risiko cedera.

Istirahat Yang Cukup

Ketika kamu merasa tidak bisa melanjutkan permainan atau tidak bisa bermain karena sudah lelah, jangan dipaksakan karena jika dipaksakan bisa saja mengalami cedera karena memaksakan tubuh untuk terus bergerak bahkan bisa saja pada saat pertengahan pertandingan kamu pingsan. 

Baca Juga :

Pastikan untuk mengatur jadwal latihan dan beristirahat dengan bijaksana untuk memberi tubuh waktu yang cukup untuk pulih.

Menggunakan Perlengkapan Pelindung

Menggunakan pelindung tubuh seperti pelindung lutut, elbow pad, dan pelindung kepala jika dibutuhkan dapat membantu mencegah cedera saat bermain basket. Pastikan peralatan pelindung sesuai dan dalam kondisi baik sebelum digunakan.

Penuhi Asupan Air Dalam Tubuh

Tubuh memiliki asupan air yang minim saja bisa saja mempengaruhi peforma bermainmu. Oleh karena itu 2 jam sebelum bermain basket diusahakan untuk meminum air sekitar 700 ml.

Mengatasi Cedera

Mengatasi Cedera Basket

Jika sudah terjadi, harus diberi tindakan pertama terlebih dahulu sebelum tindakan lainnya. Namun sebelum itu, pastikan orang-orang sekitar ada yang mengerti tindakan pertama yang harus dilakukan ketika ada cedera.

Istirahatkan Bagian Yang Cidera

Jika mengalami cedera saat bermain basket, langkah pertama yang harus dilakukan adalah istirahat dan memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih. Jangan memaksakan diri untuk bermain atau berlatih jika masih merasakan nyeri atau ketidaknyamanan.

Jika merasakan nyeri pada saat bergerak itu berarti pertanda untuk tubuh mengurangi gerakan di bagian tubuh yang cedera. Istirahat lah sekitar 2-3 hari agar tubuh cepat pulih. Namun jika tak kunjung pulih harus diperiksa ke dokter.

Kompres Bagian Yang Cedera

Untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada area yang terluka, penting untuk menggunakan kompres dingin dengan es yang ditaro ke handuk atau plastik yang sudah didinginkan dan meninggikan bagian tubuh yang terluka. Ini membantu mengurangi aliran darah ke area tersebut dan mengurangi nyeri.

Terapi

Terapi ini berguna untuk meredakan sakit otot, memperbaiki fleksibilitas, dan mengembalikan fungsi normal tubuh. Pengobatan ini bisa berupa pijat, terapi arus listrik dan gelombang suara.

Namun jika dirasa cedera tidak semakin membaik segeralah untuk mendatangi rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved