Panduan Anda Untuk Bola Basket di Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020

Perhelatan Olympiade untuk cabang olahraga bola basket akan dimulai. Dua perubahan dilakukan untuk membuat cabang olahraga basket yang semakin diminati.

Pertama, alih-alih membagi 12 tim peserta menjadi dua grup berisi enam, seperti yang telah dilakukan di masa lalu, mereka akan dibagi menjadi tiga grup berisi empat dan bersaing dalam format round-robin dengan hanya dua tim teratas dari masing-masing grup. kelompok maju.

Kedua, untuk pertama kalinya, Olimpiade musim panas akan menampilkan kompetisi tiga lawan tiga (atau 3x3 seperti yang disebut Olimpiade), membawa kecepatan dan kegembiraan bola jalanan ke panggung olahraga terbesar di dunia. 

BACA JUGA :  PERBEDAAN PERTANDINGAN BOLA BASKET 5X5 DAN 3X3

Logo Cabang Olahraga Bola basket Untuk Olympiade 2020 di Tokyo. Sumber : FIBA

Setelah melalui pengundian, maka inilah susunan grup penyisihan untuk Olimpiade Tokyo 2021 :
Peserta cabang olahraga bola basket Olimpiade Tokyo 2021
Putra
Grup A: Iran, Prancis, AS, Republik Ceko
Grup B: Australia, Jerman, Italia, Nigeria
Grup C: Argentina, Jepang, Spanyol, Slovenia

Putri
Grup A: Korea Selatan, Spanyol, Serbia, Kanada
Grup B: Jepang, Prancis, Nigeria, AS
Grup C: Australia, Belgia, Puerto Riko, Cina

Selama bertahun-tahun, bola basket tiga lawan tiga telah menjadi format populer di seluruh dunia, tetapi tahun 2020 akan menjadi yang pertama kali muncul di Olimpiade. Aturannya mirip dengan permainan lima lawan lima standar, dengan beberapa perbedaan mencolok.

Pertama, tim terdiri dari empat pemain: tiga atlet di lapangan dan satu pemain pengganti.
Kedua, mereka bermain di setengah lapangan dengan hanya menggunakan satu keranjang. Tembakan yang dilakukan dari belakang garis tiga angka tipikal hanya bernilai dua poin; semua tembakan lainnya bernilai satu. Tim pertama dengan 21 poin atau tim dengan poin terbanyak di akhir 10 menit permainan menang.

Lebih sedikit pemain di lapangan yang lebih kecil yang bermain untuk waktu yang lebih sedikit berarti para pemain harus sangat fleksibel, mampu menjaga dan mencetak gol melawan berbagai jenis dan ukuran pemain yang berbeda. Hasilnya adalah permainan yang intens, cepat, dan mengasyikkan.
Format kompetisi

Untuk turnamen tiga lawan tiga putra dan putri, delapan tim ditempatkan ke dalam satu pool dan memainkan semua tim lainnya selama empat hari. Dua tim teratas langsung melaju ke semifinal. Tim yang finis ketiga hingga keenam maju ke perempat final.

Dua pertandingan sistem gugur dimainkan di perempat final. Dua tim pemenang akan bertemu dua tim teratas dari pool play di semifinal. Setelah dua pertandingan semifinal, tim pemenang akan saling berhadapan untuk memperebutkan medali emas. Tim yang kalah akan berhadapan untuk memperebutkan perunggu.


Negara peserta Olympiade cabang Olahraga Basket 3x3

Pria
1.Polandia
2.Latvia
3. China
4. Serbia
5. Belanda
6. Belgia
7. Jepang
8. Polandia

Wanita
1.Reunifikasi Korea
2. Jepang
3. China
4. Rumania
5. Italia
6. Mongolia
7. Amerika Serikat
8. Prancis


Tidak ada komentar: