Garis dan Lengkungan Pembatas Area 3 Poin

ring-basket.com -- Garis tiga poin dalam bola basket adalah garis pembatasberbentuk busur di dekat setiap keranjang yang menentukan berapa banyak poin yang bernilai dari tembakan yang berhasil dalam bola basket. Jika tembakan dilakukan dari pada atau di dalam garis ini, itu bernilai dua poin. Jika tembakan dilakukan dari luar garis, itu bernilai tiga poin. Garis ini juga dikenal sebagai busur tiga poin.

KeteranganArea 3 point ditunjukkan dengan warna pink pada gambar



Asal Mula Garis 3 Poin

Garis tiga poin dibuat saat liga bola basket pada tahun 1967. ABA (Asosiasi Bola Basket Amerika) pertama kali mengadopsi garis tiga poin untuk menambah unsur tantangan dan hiburan dalam permainan. Komisaris ABA saat itu adalah George Mikan, mantan bintang NBA yang berpikir bahwa garis tiga poin akan menjadi sukses besar dalam bola basket. Awalnya ada beberapa kebingungan tentang bagaimana menggunakan garis tiga angka dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan tembakan tiga angka. Namun seiring berjalannya waktu, para pemain mulai merasa jauh lebih nyaman dengan aturan baru tersebut.


Tiga Poin di Era Bola Basket Saat Ini


Permainan bola basket telah berubah secara dramatis sejak tahun 1960-an, dan mungkin perubahan terbesar adalah evolusi tembakan tiga angka. Ketika garis tiga titik pertama kali diperkenalkan, butuh waktu bertahun-tahun bagi pemain untuk merasa nyaman dengan tembakan dan sebagian besar tembakan masih berada di dalam busur. Tetapi di era bola basket saat ini, tembakan tiga angka adalah bagian yang sangat vital dari permainan. Saat ini, tim terbaik di dunia adalah tim yang unggul dalam menembak dan mempertahankan tembakan tiga angka. Bahkan center dan power forward dalam bola basket sedang belajar menembak tiga kali lebih banyak untuk beradaptasi dengan era baru bola basket ini. Dan dengan begitu banyak keberhasilan yang berasal dari tembakan tiga angka, tim bola basket remaja sekarang lebih menekankan tembakan tiga angka untuk mempersiapkan pemain muda ke level berikutnya.


Penembak Tiga Poin Terbaik dalam Sejarah Bola Basket

Tembakan tiga angka menjadi sangat populer karena pemain yang sangat baik dalam membuat tiga angka berkembang pesat di liga perguruan tinggi dan profesional. Ray Allen memegang rekor untuk karir tiga pointer yang paling dibuat, dan sukses besar di NBA sebagai penembak jitu. Allen memenangkan dua gelar NBA dan dianggap sebagai salah satu penembak terbaik sepanjang masa.

Steph Curry adalah point guard awal untuk Golden State Warriors, dan dia sendiri telah membantu merevolusi permainan dengan kemampuannya untuk menembakkan tiga angka dengan efisiensi yang luar biasa. Kemampuannya untuk membuat angka tiga yang sangat sulit telah membuatnya menjadi salah satu tokoh olahraga paling populer saat ini. Curry telah memenangkan dua MVP NBA dan telah membantu Golden State Warriors memenangkan tiga gelar NBA dalam setidaknya sampai artikel ini ditulis.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved