Pengenalan Olahraga Bola Basket

ring-basket.com -- Olahraga bola basket merupakan olahraga yang menghibur dan intens, dan dimainkan di banyak tempat di seluruh dunia. Jika Anda baru mengenal atau baru hendak ingin tahu tentang basket, ada beberapa hal dasar yang harus diketahui. 




Lapangan basket

Olahraga atau permainan ini dimainkan di area berbentuk kotak yang dinamakan lapangan basket, dan dibatasi oleh garis pembatas. Pada lapangan dipasang tiang dilengkapi dengan papan pantul dan ring, yang merupakan target setiap tim untuk mencetak angka. 

Artikel tentang ukuran basket bisa dilihat di link Lapangan Basket


Ring basket

Tujuan bola basket adalah untuk mencetak poin dengan menembakkan bola ke keranjang tim lawan Anda. Tergantung di mana Anda berdiri di lapangan saat Anda menembak, itu akan bernilai dua atau tiga poin.

Ring basket dan papan pantul basket

Perlengkapan Pemain Basket

Bola basket dimainkan dengan peralatan yang sangat minim. Anda membutuhkan satu ring untuk permainan setengah lapangan dan dua ring untuk permainan full-court. Anda juga membutuhkan bola basket.



Berikut adalah daftar peralatan basket:


Posisi dan Peran

Setiap tim bola basket memainkan lima atlet di lapangan. Ada center, point guard, shooting guard, small forward, dan power forward. Setiap pemain memiliki peran di lapangan seperti center yang mengambil bola lompat. Point guard adalah penggiring bola terbaik di tim dan pemimpin di lapangan. Shooting guard hebat dalam membuat tembakan tiga angka.

Bisa dibaca juga artikel : Posisi Pemain Dalam Tim Olahraga Bola Basket, Dan Fungsinya


Aturan, Kesalahan (Violation), dan Pelanggaran (Foul)

Bola basket adalah permainan sederhana pada intinya. Tapi ada banyak aturan seputar waktu permainan, berapa lama Anda bisa memegang bola, dan bagaimana Anda bisa berinteraksi dengan pemain lain.


Menggiring bola, mengoper, dan menembak adalah cara utama untuk memindahkan bola di lapangan. Ada aturan dan peraturan yang terkait dengan masing-masing. Misalnya, Anda tidak diperbolehkan menggiring bola dengan dua tangan, yang disebut menggiring bola ganda (double dribble)


Tim Anda hanya dapat menguasai bola selama 24 detik di NBA karena shot clock mencatat setiap penguasaan bola.

Jika seorang pemain melakukan pelanggaran atau pelanggaran, tim lain mendapat penguasaan bola untuk pergantian. Selain itu, jika satu endapat tembakan bebas yang disebut lemparan bebas (free throw), maka itu dilakukan area lemparan bebas yangs udah ditentukan letaknya.


Artikel Terkait:

Daftar Tips bermain basket
Sejarah Bola Basket

Istilah Bola Basket 

Foul dan Violation  Dalam Permainan Basket

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved