Misteri di Balik Logo NBA

 ring-basket.com -- Sebagai penggemar olahraga bola basket dan sering menyaksikan pertandingan NBA, pasti sering lihat logo di bawah ini.  


Logo ini sebenarnya merupakan siloute pria yang mendribble bola basket. Pria dibalik siluet itu diambil dari figur di dunia nyata.

Siapakah Seseorang di balik logo NBA?

Jadi  pria yang mendribble bola basket di logo NBA, adalah Jerry Allan West, bekas pemain dan pelatih NBA.


 

Biografi Jerry Allan West

Jerry Alan West terlahir di Chelyan, Virginia Barat pada 28 Mei 1938. Dia sebagai anak ke-5 dari 6 bersaudara turunan Howard Steward West dan Cecil Sue West. Dia tumbuh sebagai bocah yang pemalu dan introvert. Di periode remajanya West benar-benar suka habiskan waktunya untuk memburu dan memancing. Disamping itu dia juga sukai bermain permainan tembakkan bola ke ring yang dipaku oleh tetangganya di gudang penyimpanannya. Dia benar-benar menyukai permainan ini, coba tembakkan bola dari beragam segi dengan pojok yang variasi. West bermain selama seharian tanpa mempedulikan lumpur dan salju, bahkan juga pecutan dari ibunya jika dia telat makan malam. West kecil benar-benar terobsesi dengan NBA.


Pada draft 1960 West diputuskan oleh Minneapolis Lakers pada posisi ke-2 overall. Di NBA dia bermain sebagai guard, walau sebenarnya saat kuliah dia bermain sebagai forward.

Jerry Alan West  menolong Lakers bisa lolos playoff pada 1961 tetapi pada akhirnya disingkirkannya oleh St. Louis Hawk. Musim selanjutnya West mendapatkan semakin banyak jam terbang, dia tampil cemerlang dan announcer Lakers waktu itu Chick Hearm menjulukinnya "Mr. Clutch" karena dia sering cetak angka di pengujung laga. Salah satu titel juara NBA sebagai pemain dicapainya di tahun 1972. Tetapi waktu itu dia mengatakan jika dia bermain cukup jelek hingga babak final dan kesuksesan itu lebih karena peranan dari beberapa rekannya.


West akhiri kariernya dengan catatan 14 kali All-Star, 12 kali masuk All-NBA Tim, dan 5 kali masuk All-Defensive Tim. Keseluruhan dia mencatat 25.192 point, 6.238 assist, dan 5.366 rebound dalam 932 laga. Maknanya dia sanggup cetak rerata 27 ppg, 6,7 apg, dan 5,8 rpg. Pada 1979 West masuk ke Hall of Fame dan 4 tahun selanjutnya Lakers memensiunkan nomor punggung 44 punya West.

Di tahun 2008 ESPN memasukkan West pada daftar shooting guard terbaik sepanjang masa, dia ada di urutan ke-3. Sesudah dia pensiun West rupanya malah sanggup memberi semakin banyak gelar ke Lakers. Dia menyembahkan 7 titel juara sebagai eksekutif club.

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved