Olahraga Sepakbola : Sejarah, Peraturan, Ukuran Lapangan dan Lama Pertandingan

Sepak bola ada olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim yang masing masing berisi 11 pemain. 10 di antaranya hanya bisa mengunakan semua bagian tubuh kecuali lengan dan tangan untuk menahan atau mengontrol bola. Sementara 1 orang pemain yang disebut kiper, boleh menggunakan tangan di area pinalti (dekat gawang saja) namun dengan beberapa ketentuan. 


Kedua tim bermain memperebutkan penguasaan bola di atas lapangan rumput atau rumput sintetis, dan berusaha memasukkan bola ke gawang lawan yang disebut gol.
im yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Sejarah Sepakbola

FIFA sebagai Federasi sepak bola internasional dalam rilis secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “. Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah memainkan bola yang disebut tsu chu. Tsu sendiri artinya “menerjang bola dengan kaki”. sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Permainan bola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.

Sejarah sepak bola Versi Jepang

Sejarah kuno tentang sepak bola yang lain datangnya dari negeri Jepang, sejak abad ke-8, masyarakat disana telah mengenal permainan bola. Masyarakat disana menyebutnya dengan: Kemari. Sedangkan bola yang dipergunakan adalah kulit kijang namun ditengahnya sudah lubang dan berisi udara.

Menurut Bill Murray

Menurut Bill Muray, salah seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.


Sejarah sepakbola menurut Yunani Kuno

Yunani kuno  juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.

Sejarah sepak bola modern

Sejarah sepak bola modern berkembang di Inggris, yang dimainkan pada pertengahan abad ke-19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola. Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.

Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris. Hingga saat ini, IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, syarat dan tugas wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain.

Aturan-aturan dalam Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepakbola

Ukuran lapangan sepak bola

 

Lapangan berbentuk persegi panjang dengan panjang ± 91.8 – 120 m dan Lebar : 46.7 – 91.8m. Sedangkan pertandingan Internasional biasanya menggunakan Panjang : 100 – 110 m dan Lebar : 64 – 73.44 m. menggunakan garis yang tebalnya 12 cm (garis batas merupakan lapangan permaianan ) dengan tinggi tiang bendera 1.5 m. 

Panjang gawang 7.34 m dan Tinggi 2.44 dengan di tancapkan kuat demi keamanan pemain.
 

Lama Pertandingan Sepakbola

Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. 

Aturan  berikut yang berlaku tergantung panitia pelaksanan turnamen atau liga. Secara umum, jika diberlakukan sistem liga, maka kedudukan sama imbang dibeirkan nilai 1. 

Semantara di sistem turnamen diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. 

Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, adanya pemain cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.

Pelanggaran dan Hukuman Pertandingan Sepakbola

Tendangan Bebas

Pelanggaran dalam sepak  bola membuat tim yangmelakukan pelanggaran diganjar hukuman. Salah satunya adalah hukuman tendangan bebas. Tendang bebas dibagi menjadi 2 yaitu, tendang bebas langsung (direct free kick) dan tendangan bebas tak langsung (Indirect free kick).

a.Direct Free  kick

Direct free kick merupakan tendangan atas sebuah pelanggaran dan dilakukan di luar kotak penalti atau di dalam dengan penjagaan pagar hidup.

Pelanggaran jenis ini hanya berlaku bagi selain penjaga gawang saat berada di area gawang. Jika penjaga gawang melakukan salah satu pelanggaran tersebut dan ia berada di luar dari area gawang yang dijaganya, maka hal ini dinilai sebagai pelanggaran yang menyebabkan direct free kick.


Sedangkan bagi pemain lain, jika melakukan pelanggaran tersebut di dalam kotak pinalti, maka hukuman yang diberikan adalah tendangan penalti.


Beberapa pelanggaran yang dapat menyebabkan tim yang dirugikan mendapat direct kick:

  1. Menyepak lawan
  2. Menjatuhkan lawan dengan kaki atau dengan membungkukkan badan di depan atau di belakang lawan
  3. Melompat hingga mengenai badan lawan
  4. Menerjang lawan secara kasar
  5. Menerjang lawan dari belakang, kecuali jika lawan itu menghalanginya dengan sengaja
  6. Memukul lawan dengan sengaja
  7. Memegang lawan selain dari lengannya
  8. Mendorong lawan dengan tangannya
  9. Membawa, memukul dan mendorong bola dengan tangan.



b.Indirect Free Kick. 

Indirect free kick merupakan tendangan yang dilakukan di kotak penalti dengan penjagaan pagar hidup tapi bukan tendangan penalti, karena kiper menangkap bola yang dioper temannya dengan tangan.
Beberapa pelanggaran yang dapat menyebabkan indirect kick:

  1. Jika wasit melihat pemain menendang bola yang dipegang oleh penjaga gawang di area gawangnya
  2. Jika pemain menendang bola dengan cara tidak jujur
  3. Jika sewaktu bola tidak dimainkan, seorang pemain bertahan dengan sengaja menghalangi lawan, yaitu berdiri diantara bola dan lawan
  4. Jika pemain menerjang penjaga gawang yang sedang menangkap bola
  5. Jika penjaga gawang menangkap bola yang diberikan oleh temannya dengan cara ditendang, lalu penjaga gawang menangkapnya


Teknik Dasar Sepak bola

1. Menendang ( kicking )
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing) dan menembak ke arah gawang (shooting at the goal). Macam-macam cara tendangan:


a.Menendang dengan kaki bagian dalam. 

Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
 

cara menendang bola

Analisis geraknya adalah sebagai berikut :

  1. Badan menghadap sasaran di belakang bola.
  2. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.
  3. Kaki tendang ditarik kebelakang dan diayunkan ke depan.
  4. Setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow throw.


b.Menendang dengan kaki bagian luar. 

 Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
 

jenis tendangan dalam sepak bola

Analisis geraknya sebagai berikut :

  1. Posisi badan di belakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadapkedalam.
  3. Kaki tending ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan.
  4. Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah –tengah bola.
  5. Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasaran.


c.Menendang dengan punggung kaki.

jenis tendangan dalam sepak bola

 

Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting.
Analisis gerakanya sebagai berikut :

  1. Badan di belakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadapkedepan / sasaran.
  3. Kaki tendang tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.
  4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepatpada tengah – tengah bola.
  5. Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat ke arah sasaran.

Jenis-jenis tendangan dalam sepak bola

Tendangan bebas (Free Kick)

Tendangan bebas dapat di artikan menjadi 2 macam yaitu :tendingan langsung dan tendangan tak langsung.Bola dapat di mainkan terlebih dahulu bila di luar garis penalty.jarak pemain bertahan dengan bola ± 9.15 m dari bola.dengan bola dalam keadaaan diam dan tidak gelinding.


Tendangan Hukuman (Pinalty)

Tendangan ini di lakukan jika ada suatu pelanggaran di dalam garis penalti. bola harus di letakkan tepat di titik penalty,dan penjaga gawang harus berada di bawah mistar gawang dan tidak boleh memindahkan posisi kakinya kecuali setelah bola di tendang.


Tendangan Gawang (Goal kick)

Tendangan ini di lakukan apabila :bola melampaui garis gawang bola harus di tendang langsung kearah pemain sedangkan gol yang tercipta berkat tendangan ini tidak sah



Tendangan sudut (Corner Kick)

Tendangan ini di lakukan ketika bola melewati garis gawang ,baik melayang maupun menggulir di tanah.yang mana bola terakir di sentuh oleh pemain yang bertahan.Bola di tempatkan di daerah seperempat lingkaran tiang bendera. Saat di tendang bola tidak dalam keadaan bergerak


Menghentikan Bola ( Stopping )

Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing.
 

Menggiring Bola

Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :

  1. Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
  2. Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
  3. Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/didorong bergulir kedepan.
  4. Bola bergulir harus selalu dekat dengan kaki agar bola dapat dikuasai
  5. Pada waktu menggiring bola, kedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
  6. Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

Formasi permainan Sepakbola

1.   Formasi 4-3-3
Formasi ini memang cukup terkenal dan sering digunakan untuk bermain sepak bola bahkan di pertandingan. Yang menjadi keuntungan dari formasi ini sendiri adalah mampu untuk mengintimidasi lawan. Namun jika menggunakan formasi ini tentu saja membutuhkan kemampuan individu dari masing – masing pemain.

2.   Formasi 2-3-5
Formasi ini merupakan formasi yang tertua dari permainan sepak bola, tujuan menggunakan formasi ini sendiri adalah meningkatkan gempuran untuk melawan tim lawan dan merupakan formasi yang agresif.


3.   Formasi 4-2-2
Formasi ini merupakan salah satu formasi yang sering kali digunakan di dalam pertandingan sepak bola. Formasi ini memberikan keunggulan untuk keseimbangannya. Mungkin sekarang ini sudah semakin ditinggalkan namun juga masih beberapa kali digunakan.


4.   Formasi 5-4-1
Biasanya pemain bertahan menggunakan formasi ini di dalam pertandingan hal tersebut karena dapat menjaga pertahanan dengan baik.


5.   Formasi 4-5-1
Formasi ini sangat efektif jika digunakan untuk menyerang pertahanan lawan, hal tersebut karena pemain tengah nantinya akan bertugas untuk memotong pertahanan lawan dengan baik dan juga sangat efektif.


6.   Formasi 4-2-2-2
Formasi ini merupakan perkembangan dari formasi 4-4-2 yang memang menjadi salah satu formasi induk yang dulunya sering kali digunakan di setiap pertandingan sepak bola. Untuk formasi pemainnya sendiri nantinya striker bergerak untuk memancing bek tim lawan agar nantinya bisa membuka peluang untuk mencetak gol.


© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved