Mengenal Stadion Wibawa Mukti Markas Bhayangkara FC

Stadion Wibawa Mukti merupakan stadion sepak bola yang berada di sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Stadion ini menjadi home base untuk klub Bhayangkara FC. Bersumber dari situs pemerintah kabupaten Bekasi, humas.bekasikab.go.id, stadion ini sudah mengalami beberapa kali dilakukan pemerajaan dan perbaikan. Selain meningkatkan kualitas, perbaikan stadion ini dilakukan untuk menunjang tersenggelaranya beberapa event nasional maupun internasional. Mulai dari pertandingan Persija melawan Borneo FC 2019 hingga Asian Games 2018.

Profil Stadion Wibawa Mukti Cikarang

Stadion Wibawa Mukti ini sebelumnya memiliki nama yaitu Stadion Utama Kabupaten Bekasi. Stadion Wibawa Mukti Cikarang merupakan stadion yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai tahun 2012 selesai tahun 2014 untuk menjadi tuan rumah Porda Jabar XII tahun 2014 di Kabupaten Bekasi dan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2016. Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Kabupaten Bekasi, memakan biaya pembangunan Rp530 miliar. Stadion ini berdiri di atas lahan 20 hektare. Lapangan sepak bola stadion ini didesain dengan standar internasional. Lebih tinggi 1,5 meter dari pemukaan tanah. Terdiri dari dua lapis, lapis pertama rumput dan lapis kedua berupa bebatuan untuk filter, koral serta pasir.

Dalam pembangunan Stadion Wibawa Mukti, negara diduga mengalami kerugian hingga Rp 55 miliar karena Lembaga analisis keuangan, Center for Budget Analysis (CBA) menuding terdapat kecurangan dalam proses lelang pembangunan stadion tersebut sehingga negara mengalami kerugian di setiap proses lelang dilakukan. Pada tahun 2018, stadion dengan kapasitas 30.000 penonton ini mengalami pembenahan serta penataan ulang di bagian fasilitasnya diantaranya, pembenahan untuk ruangan lobi, lantai dua tribun barat, lantai tiga tribun barat, lantai 1 tribun timur paket 2 dan 3, tenaga keamanan GOR, penataan lapangan parkir, lapangan parkir area panjat tebing, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Pemerintah Bekasi ingin membuat stadion ini menjadi tampil lebih cantik. Lantai untuk tribun diganti menjadi lantai beralas keramik. Kemudian di tahun 2020 ini fasilitas stadion juga ditambah dan dibenahi kembali. Pemerintah Bekasi mengeluarkan dana sekitar 25 milyar rupiah untuk merenovasi fasilitas yang sesuai standar FIFA.

Stadion Wibawa juga telah menjadi ikon kebanggaan masyarakat Bekasi. Tak hanya sebagai stadion sepak bola, stadion ini juga telah menjadi pusat kegiatan olahraga bagi masyarakat Bekasi, seperti misalnya olahraga ringan, jalan santai, jogging, bersantai, bermain dan sebagainya. Karena di stadion ini juga terdapat sarana bermain bagi anak-anak.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved