Mengenal Stadion Gelora Bandung Lautan Api Sebagai Markas Persib Bandung

Kota Bandung merupakan Ibu kota kota Provinsi Jawa Barat yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dengan luas 167,3 km persegi, Kota Bandung merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Bandung juga merupakan kota terpadat kedua di Indonesia setelah Jakarta. Berdasarkan letak geografis Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, tidak heran kalau iklim Kota Bandung cenderung lembab dan sejuk dengan rata-rata suhu 23.5℃. Bandung terletak di tengan-tengah Provinsi Jawa Barat yang berada di ketinggian ±768 mdpl.

Di Bandung terdapat stadion yang menjadi kebanggaan warga Bandung yaitu, Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Stadion Gelora Bandung Lautan Api merupakan sebuah stadion olahraga yang berlokasi di Jl. Gerbang Biru, Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Stadion Gelora Bandung Lautan Api juga merupakan kandang dari klub liga 1 yaitu Persib Bandung.

>

Profil Stadion Gelora Bandung Lautan Api :

Stadion Gelora Bandung Lautan Api dimulai pada tahun 2009, dan diremikan pada tanggal 10 Mei 2013.Stadion ini diremikan oleh Wali Kota Bandung, Dada Rosada. Selain itu acara peresmian juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Dede Yusuf, Wakil Wali kota Bandung Ayi Vivananda, dan beberapa pihak lainnya. Acara peresmian ini dihadiri sekitar 5000 orang.

Dalam pembangunan stadion ini menelan biaya sekitar 595 miliar rupiah. Awalnya stadion ini diambil dari tempat stadion dibangun yaitu Gedebage tujuannya agar masyarakat mudah mengingat nama stadion ini. Namun nama tersebut tidak bertahan lama. Lalu pemerintah memutuskan untuk melakukan pemberian nama stadion lewat polling dan hasilnya, nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api menjadi suara terbanyak dari masyarakat. Hasil polling tersebut sudah disepakati berbagai kalangan dan sudah ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung.

Baca Juga :

Stadion dengan kapasitas 40 ribu penonton ini menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA. Stadion ini dilengkapi dengan lapangan sepak bola, atletik, kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, e-board, scoring board dan kursinya tahan api dengan kursi merk Ferco.

Di Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini terdapat gedung 4 lantai yang memiliki luas ruangan 70.000 meter persegi. Akan ada banyak mushola dan toilet berjumlah 766 buah, selain itu juga terdapat ruang VVIP untuk kelas kepala negara presiden dengan menggunakan kaca anti peluru dan terdapat juga landasan helikopter.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved