Sejarah Dan Tugas World Athletics atau IAAF, Induk Organisasi Atletik Dunia

Atletik merupakan cabang olahraga tertua yang ada di dunia. Atletik juga dikenal sebagai “ibu” dari berbagai macam cabang olahraga. Hal ini didasari karena nomor nomor yang ada di cabang olahraga atletik merupakan gerakan dasar diberbagai jenis olahraga yang ada di dunia.

Atletik berasal dari bahasa Yunani, yakni Athlon yang artinya berlomba atau bertanding. Atletik terdiri dari berbagai cabang olahraga yaitu lari sprint, lari estafet, lari cepat, maraton, lompat tinggi, lompat galah, lompat jauh, lempar cakram dan lempar lembing.

World Athletics atau sebelumnya dikenal sebagai International Amateur Athletic Federation adalah induk organisasi atletik dunia. Sama seperti induk organisasi lainnya, World Athletics juga mempunyai tugas untuk mengawasi olahraga atletik dunia.

Sejarah World Athletics

World Athletics adalah induk organisasi yang dibentuk tahun 1912 di Stockholm, Swedia dan diremikan di Berlin, Jerman. Awalnya pada kongres yang dilakukan Olimpiade tahun 1909, Swedia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 1912.

Saat itu, Swedish Athletics Associaton (SAA) didorong untuk membentuk federasi atletik internasional. Setahun kemudian, dewan SAA akhirnya mengajukan permohonan dana untuk mengatur Kongres pada 1912. Hingga akhirnya World Athletics pun terbentuk.

Baca Juga :

Awalnya World Athletics bernama International Amateur Athletic Federation. Pada tahun 2019, nama International Amateur Athletic Federation resmi diganti menjadi World Athletics. Salah satu tujuan dibentuknya organisasi ini yaitu agar tidak terulang kejadian yang sama pada Olimpiade tahun 1908 dimana pertandingan tidak berjalan dengan lancar.

Sehingga dibutuhkanlah induk organisasi yang mengatur peraturan tertulis agar pertandingan berjalan dengan lancar. Sesudah menempati Swedia dan Inggris sebagai markas World Athletics. Pada Agustus 1993 markas World Athletics pindah ke Eropa Selatan Monako

Tugas Dan Tujuan World Athletics

Sama seperti induk organisasi lainnya, World Athletics memiliki tugas untuk mengawasi dan mengatur peraturan di setiap kompetisi atletik tingkat internasional. World Athletics juga memiliki tujuan untuk mengenalkan olahraga atletik ke seluruh dunia.

World Athletics aktif mengkampanyekan bahwa atletik bukan hanya soal prestasi tinggi, medali emas, dan rekor. Tetapi juga tentang olahraga yang bisa dilakukan semua orang. Memastikan semua elemen masyarakat bisa mengikuti atletik.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved