8 Macam Seni Beladiri Yang Ada Di Dunia

Bela diri adalah salah satu bentuk pertahanan diri yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Seni bela diri adalah teknik yang digunakan seseorang saat ingin mempertahan diri dari berbagai jenis ancaman. Seni bela diri juga kerap dijadikan sebagai ajang kompetisi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Selain untuk mempertahankan diri dari berbagai jenis ancaman, bela diri juga memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh. Di belahan dunia ini terdapat berbagai macam seni beladiri yang memiliki ciri khasnya tersendiri.

Karate

Karate

Karate adalah salah satu cabang olahraga seni bela diri yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Olahraga ini terinspirasi dari seni bela diri kenpo yang berasal dari Cina. Kata karate sendiri merupakan kombinasi dari dua kanji (karakter Cina) kara yang berarti kosong, dan te yang berarti tangan. Sehingga dengan begitu karate berarti “tangan kosong” ataupun seni dalam makna beladiri Jepang yang aspek fisiknya mencari pengembangan gerakan daya tahan defensif dan serangan balik.

Dalam seni beladiri karate memanfaatkan tendangan, serangan dengan pukulan, serta pertahanan murni menggunakan tangan. Teknik bela diri jenis ini menekankan pada konsentrasi dan kekuatan tubuh pada titik serang dan pertahanan yang dituju. Saat gerakan karate dilakukan, baik itu untuk menyerang maupun bertahan, efeknya akan dirasakan secara instan.

Pencak Silat

Pencak Silat

Pencak silat adalah seni bela diri asal Indonesia yang berfokus dalam hal mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, menyerang, dan membela diri. Pencak Silat menjadi bentuk budaya masyarakat Indonesia untuk mempertahankan diri. Di negara-negara Asia Tenggara, Pencak Silat dikenal dengan nama Silat. Di Indonesia, tiap daerah memiliki ciri khas Pencak Silatnya sendiri. Misalnya, di Jawa Barat, dikenal dengan aliran Pencak Silat cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah terkenal dengan aliran Merpati Putih dan Jawa Timur terkenal dengan aliran perisai diri. Pencak silat ini telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Nusantara.

Taekwondo

Taekwondo

Taekwondo adalah salah satu cabang olahraga seni bela diri asal Korea. Dalam bahasa Korea Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki”; Kwon berarti “tinju”; dan Do berarti “jalan” atau “seni”. Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan sebagai “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”. Di dalam taekwondo sendiri bela diri yang menggunakan kaki dan tangan. Selain itu, taekwondo juga berfokus pada keseimbangan, stamina, kecepatan, dan fleksibilitas. Beladiri ini menjadi populer setelah Perang Dunia II dan mempunyai lebih dari 30 juta anggota yang tersebar di 100 negara.

Kung Fu

Kung Fu

Kung fu adalah seni beladiri asal China yang dapat digunakan dengan tangan kosong, tongkat, pedang, dan berbagai alat lainnya. Sama seperti dengan beladiri lainnya, kung fu pun bertujuan untuk melindungi diri dan menyerang. Selain itu, kung fu juga kerap kali dijadikan sebagai ajang pertunjukan. Dalam industri perfilman juga terdapat film yang bertema kungfu yang terkenal di seluruh dunia seperti Kung Fu Hustle, Ipman, dan lain lain.

Muay Thai

Muay Thai

Muay Thai adalah seni beladiri sejenis boxing yang berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand. Selain sebagai seni beladiri, muay thai juga dapat menjadi alternatif untuk kamu yang ingin membuat badan menjadi kuat dan sehat serta dapat juga membuat bentuk tubuh ideal. Gerakan beladiri muay thai sendiri terdiri dari tendangan, dan sikutan.

Wing Chun

Wing Chun

Sama seperti kung fu, wing chun juga adalah seni beladiri yang berasal dari China. Seni beladiri ini lebih fokus pada gerakan jarak dekat dengan tubuh lawan dimana menggunakan pukulan yang sangat cepat dan langsung terhadap tubuh lawannya. 

Baca Juga :

Bukan hanya pukulan saja, wing chun juga dapat menggunakan tendangan sebagai pertahanan langsung yang cepat dengan serangan lawan yang menuju kearahmu. Wing chung sendiri adalah beladiri yang dapat melakukan pertahanan dan penyerangan sekaligus disaat yang bersamaan.

Judo

Judo

Judo adalah seni bela diri yang dikembangkan oleh pria asal Jepang yang bernama Jigoro Kano. Judo sendiri merupakan pengembangan dari seni beladiri kuno asal Jepang yaitu jujutsu. Judo merupakan seni bela diri yang sangat membutuhkan kekuatan serta keseimbangan agar tidak mudah dijatuhkan. Tujuan dari seni bela diri ini yaitu untuk menjatuhkan lawan ke tanah. Seorang pemain dianggap sebagai pemenang jika berhasil memegang dan melempar lawannya dengan teknik yang bagus.

Jujutsu

Jujutsu

Jujutsu dikenal sebagai seni beladiri tertua di dunia. Beladiri ini bersifat defensif dan memanfaatkan teknik yang bersifat fleksibel, di mana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara menipu lawan agar daya serangan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan dirinya sendiri.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved