Mengenal PASI Sebagai Induk Organisasi Atletik Indonesia

PASI merupakan singkatan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia. PASI berada di bawah Induk organisasi atletik dunia yaitu World Athletics yang berdiri pada 1912. Cabang olahraga atletik merupakan cabang olahraga tertua yang ada di dunia. Atletik terdiri dari berbagai cabang olahraga yaitu lari sprint, lari estafet, lari cepat, maraton, lompat tinggi, lompat galah, lompat jauh, lempar cakram dan lempar lembing.

Atletik sendiri pertama kali diperlombakan pada sekitar tahun 776 SM (Sebelum Masehi). Pada tahun 394 M olahraga atletik sempat dilarang pada masa kekuasaan Theodosius. Hal ini karena menurut Theodosius olahraga atletik adalah kegiatan menyembah berhala.

Sejarah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia

Sebenarnya Persatuan Atletik Seluruh Indonesia sudah ada sebelum Indonesia merdeka sejak masa pemerintahan Hindia Belanda bernama Nederlands Indische Athletiek Unie yang disingkat menjadi NIAU.

Cabang olahraga atletik mulai terkenal di sekitar 1930 saat pemerintah Hindia Belanda. Kemudian, mereka menjadikan atletik sebagai salah satu mata pelajaran di beberapa sekolah. Sehingga terjadi pembentukan pembentukan klub atletik yang banyak seperti ISV, Hellas dan IAC di Jakarta dan ABA di Solo.

Atletik pertama kali dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional atau PON tepatnya pada tahun 1948 yang diadakan di Solo, Jawa Tengah. Pada saat itu NIAU lah yang menjadi badan yang menyelenggarakan ajang kompetisi tersebut.

Baca Juga :

Seiring berjalannya waktu, lebih tepatnya tanggal 3 September 1950 setelah Indonesia merdeka. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia yang dikenal hingga sekarang telah resmi dibentuk. Menurut situs resmi PASI, organisasi ini terbentuk di Kota Semarang pada 3 September 1950. Di tahun yang sama, PASI mengadakan kejuaraan atletik tingkat nasional. Dan kejuaraan tersebut masih berlanjut hingga sekarang.

Tugas Dan Tujuan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia

PASI memiliki tugas untuk menerapkan aturan perlombaan atletik dan mengadakan pembinaan atlet nasional. Bukan hanya menaungi atlet yang sudah profesional saja, PASI juga berperan aktif dalam mencari atlet atlet baru di Indonesia yang memiliki potensi bakat dalam olahraga atletik. Selain itu, PASI juga bertugas untuk mengatur jalannya kompetisi tingkat nasional.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved