7 Gerakan Olahraga Yang Efektif Melenturkan Badan

 Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, dan saat kita berbicara tentang olahraga, seringkali yang terbayang adalah latihan kardio, angkat beban, atau berlari. Namun, ada aspek lain dari kebugaran yang tidak boleh diabaikan, yaitu fleksibilitas atau kelenturan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang olahraga yang dapat melenturkan badan. Berikut pembahasanya.

Yoga

olahraga-melenturkan-badan-yoga

Yoga adalah olahraga melenturkan badan yang sangat terkenal dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain melatih fleksibilitas, yoga juga berfokus pada pernapasan dan keseimbangan tubuh. Dengan melakukan serangkaian gerakan dan posisi yang disebut asana, Anda dapat merasakan perubahan signifikan dalam kekuatan dan kelenturan otot Anda. Selain itu, yoga juga membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Pilates

Pilates adalah latihan yang fokus pada pernapasan dan gerakan yang melenturkan tubuh. Tujuan utama Pilates adalah memperkuat otot inti (otot perut, pinggul, dan punggung bawah) sambil meningkatkan fleksibilitas. Pilates menggabungkan gerakan yang halus dengan pernapasan dalam untuk membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan postur. Latihan ini sangat cocok untuk mereka yang ingin memperbaiki postur tubuh dan mengurangi risiko cedera.

Side Lying Quadriceps Stretch

olahraga-melenturkan-badan-side-lying-quadriceps-stretch

Gerakan peregangan otot paha ini melibatkan posisi berbaring miring. Dengan salah satu sisi tubuh yang bersandar di lantai, tarik tumit kaki yang atas ke arah pantat untuk meregangkan otot paha. Gerakan ini membantu mengurangi ketegangan pada otot paha dan melenturkannya.

Glute Bridge Single Leg Progression

Latihan ini dilakukan dengan berbaring telentang dan mengangkat satu kaki ke atas sambil menjaga kaki yang lain di lantai. Ini akan mengaktifkan otot gluteus (otot bokong) dan paha. Gerakan ini membantu meningkatkan kekuatan otot inti dan keseimbangan tubuh.

Baca Juga :

Butterfly Stretch

olahraga-melenturkan-badan-butterfly-stretch

Posisi duduk dengan menekuk kedua kaki ke kedepan sehingga kedua kaki saling bertemu. Kemudian secara perlahan dorong badan ke bawah untuk meregangkan otot panggul. Gerakan ini membantu meningkatkan fleksibilitas panggul dan meredakan ketegangan.

Seated Trunk Twist

Duduk dengan kaki lurus di depan Anda, putar tubuh ke samping dengan satu lengan menekuk di belakang Anda dan yang lain melingkar di sekitar lutut yang ditekuk. Gerakan ini membantu merenggangkan otot punggung dan perut, serta meningkatkan kelenturan tubuh.

Reclining Pigeon

olahraga-melenturkan-badan-reclining-pigeon

Latihan ini melibatkan posisi berbaring dengan satu kaki ditekuk ke atas dan lutut membentuk sudut 90 derajat. Ini akan meregangkan otot-otot di sekitar punggung bawah, pinggul, bokong, dan paha belakang. Gerakan ini sangat efektif untuk meredakan ketegangan pada area tersebut.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved