Mengenal Netball, Permainan Yang Mirip Dengan Basket

 Netball atau bola jaring mungkin adalah salah satu permainan olahraga yang masih asing ditelinga masyarakat Indonesia. Permainan ini memiliki banyak kesamaan dengan bola basket. Selain itu, permainan ini cukup dikenal di negara Persemakmuran Inggris dan permainannya didominasi wanita. Dalam artikel kali ini, kita akan mengenal tentang olahraga netball. Berikut pembahasannya.

Perbedaan Netball Dengan Basket

Netball atau bola jaring berbeda dalam banyak hal dengan bola basket, terutama karena tidak adanya papan belakang ring atau ring gawang dan larangan menggiring bola, memantul, dan berlari saat menguasai bola. Kontak fisik pemain lebih terkontrol dibandingkan dalam bola basket. Selain itu, netball tidak hanya mengidentifikasi berbagai posisi pemainnya, tetapi juga menentukan di mana dan di area lapangan mana pemain tertentu diperbolehkan berada saat mereka bertanding. Akibatnya, netball lebih menekankan passing dan positioning yang akurat dibandingkan bola basket.

Sejarah Singkat Netball

Netball pertama kali dimainkan pada abad ke-19 di Inggris. Olahraga ini awalnya dikenal dengan nama "women's basketball" atau "net ball." Kemudian, netball menjadi sangat populer di sekolah-sekolah perempuan di Inggris. Netball menjadi olahraga resmi pada Olimpiade Wanita pada tahun 1928 dan terus berkembang hingga saat ini.

Ukuran Lapangan Dan Bola Netball

Lapangan netball memiliki panjang 30,5 meter (100 kaki), lebar 15,25 meter (50,0 kaki), dan dibagi memanjang menjadi tiga bagian. Bola biasanya terbuat dari kulit atau karet, berukuran lingkar 680 hingga 710 milimeter (27 hingga 28 inci) (diameter ~22 sentimeter (8,7 inci), dan berat 397 hingga 454 gram (14,0 hingga 16,0 oz).

Peraturan Netball

Tujuan permainan adalah untuk mencetak lebih banyak gol daripada lawan. Gol dicetak ketika seorang anggota tim yang ditempatkan di lingkaran tembak menyerang menembakkan bola melewati ring gawang. Permainan normal terdiri dari empat kuarter berdurasi 15 menit dan dapat dimainkan di luar ruangan atau di stadion tertutup.

Setiap tim diperbolehkan tujuh pemain di lapangan. Setiap pemain diberi posisi tertentu, yang membatasi pergerakan mereka pada area tertentu di lapangan. Sebuah "bib" yang dikenakan oleh setiap pemain berisi singkatan satu atau dua huruf yang menunjukkan posisi ini. Hanya dua posisi yang diizinkan dalam lingkaran menembak menyerang, dan oleh karena itu dapat menembak untuk mencetak gol.

Demikian pula, hanya dua posisi yang diperbolehkan dalam lingkaran tembak defensif mereka berusaha mencegah lawan mencetak gol. Pemain lain dibatasi dua pertiga lapangan, kecuali pemain tengah, yang boleh bergerak ke mana pun di lapangan kecuali di lingkaran tembak.

Pada awal setiap kuarter dan setelah gol tercipta, permainan dimulai dengan seorang pemain di posisi tengah mengoper bola dari tengah lapangan. "Umpan tengah" ini bergantian antar tim, terlepas dari tim mana yang mencetak gol terakhir. Saat wasit meniup peluit untuk memulai kembali permainan, empat pemain dari masing-masing tim dapat bergerak ke sepertiga tengah untuk menerima operan.

Umpan tengah harus ditangkap atau disentuh di sepertiga tengah. Bola kemudian digerakkan ke atas dan ke bawah lapangan melalui passing dan harus disentuh oleh pemain di setiap sepertiga lapangan yang berdekatan. Pemain hanya dapat menahan bola selama tiga detik setiap saat.

Benda tersebut harus dilepaskan sebelum kaki tempat mereka berdiri ketika mereka menangkapnya menyentuh tanah kembali. Kontak antar pemain hanya diperbolehkan jika tidak menghalangi lawan atau permainan secara umum.

Saat mempertahankan umpan atau tembakan, pemain harus berada setidaknya 90 sentimeter dari pemain yang memegang bola. Jika terjadi kontak ilegal, pemain yang dihubungi tidak dapat berpartisipasi dalam permainan sampai pemain yang mengambil penalti telah mengoper atau menembak bola. Jika bola dipegang dengan dua tangan dan terjatuh atau tembakan ke gawang meleset, pemain yang sama tidak dapat menjadi orang pertama yang menyentuhnya kecuali bola tersebut memantul terlebih dahulu dari gawang.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved