Papan Pantul Basket Sesuai Standar FIBA dan PERBASI

Banyak papan pantul basket yang dijual, namun hanya sedikit yang mau menjelaskan spesifikasi yang seharusnya dipakai untuk papan pantul bola basket sesuai standar FIBA dan PERBASI  Berikut di bawah  ini adalah beberapa aturan papan pantul / backboard bola basket sesuai aturan FIBA dalam Appendix Equipment. Meski demikian ada beberapa perkecualian seperti disebutkan dalam penggunaan di liga bola basket NCAA yang diperbolehkan menggunakan ukuran papan pantul basket 1200x1800 mm.  



Backboard basketball
Papan Pantul Basket
a. Papan Pantul teruat dari bahan transparan/bening (disarankan kaca tempered), dibuat dalam 1 lembar (tidak sambungan), dan tidak memantulkan sinar.
b. Kaca papan pantul mempunnyai frame pelindung di sisi papan pantul
c. Untuk kompteisi FIBA level 1 dan 2, bahan harus menggunakan bahan kaca temper.
d. Untuk kompetisi lainnya, alternatif penggunaan bisa menggunakan material transparan mau pun non-transparan, namun harus memenuhi indikasi yang disebutkan sebelumnya.
e. Untuk Papan pantul basket yang non transparan, harus berwarna putih
f. Dimensi Papan pantul :
1800 mm - horizontal (Toleransi 30 mm)
1050 mm - vertikal (Toleransi 20 mm)
g. Semua garis penanda di papan pantul harus dibuat sesuai aturan berikut :
- Garis berwarna putih - jika papan pantul transparan
- Garis berwarna hitam, jika papan pantul basket teruat dari bahan non tranparant
- Lebar garis : 50 mm
h. Permukaan papan pantul harus rata.
i. Garis pembatas dibuat sesuai garis pada contoh gambar
h. Bentuk segi empat / rectangle harus digambar sesuai kenetuan sebagai berikut :
- Dimensi Bagian luar :
  (i) Horizontal 590 mm (toleransi 20 mm)
  (ii) Vertikal 450 mm (Toleransi 8 mm)
- Sisi atas garis segi-empat harus sejajar dengan bagian atas ring basket dan kira kira 150 mm (toleransi  2 mm) dari sisi bawah papan pantul basket

Papan Pantul Bola Basket
Diagram Ukura Papan Pantul Basket Sesuai FIBA

Catatan:
National Collegiate Athletic Association (NCAA, seringkali dilafalkan dalam bahasa Inggris "N-C-Double-A" atau "N-C-Two-A") adalah sebuah asosiasi sukarela dari sekitar 1.200 institusi, kelompok, organisasi dan badan-badan individual yang mengurus program-program olahraga di perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat (AS). Kantor pusatnya berada di Indianapolis, di negara bagian Indiana.

Selain itu, NCAA dikenal sebagai organisasi olahraga tingkat mahasiswa terbesar di dunia dan, karena populernya pertandingan olahraga antar-universitas di AS, organisasi ini jauh lebih menonjol keberadaannya dibandingkan organisasi olahraga yang setara di negara lain.