Durasi Pertandingan Bola Basket , Timeout, Overtime, dan Shotclock

ring-basket.com --  Olahraga Bola basket adalah cabang olahraga yang dibatasi waktu atau mempunyai durasi pertandingan. Selainnya bola basket, contoh olahraga yang memakai waktu yang lain ialah sepak bola, tinju, renang, dan lari.


Di dalam permainan bola basket, team yang dapat cetak point terbanyak pada saat yang telah ditetapkan bisa menjadi juara. Untuk mencetak point atau angka dalam bola basket, maka pemain menyarangkan bola ke keranjang lawan.




Durasi Pertandingan Basket

Permainan bola basket atau pertandingan bola dipisah jadi empat kuarter.  Kuarter atau disebutkan quarter dengan bahasa Inggris ialah istilah set dalam laga bola basket, yang artinya seperempat atau dibagi empat.

Bila berdasar pada ketentuan sah Liga Bola Basket Internasional (FIBA), lama permainan bola basket ialah 4x10 menit. Maknanya, permainan bola basket dimainkan  dalam 4 babak dengan durasi masing-masing adalah 10 menit.

Sementara durasi pertandingan liga bola basket di  (NBA) berbeda. Di NBA, lama laga ialah 4x12 menit, di mana tiap kuarter dimainkan sepanjang 12 menit.  Selain itu ada pula liga bola basket mahasiswa di Amerika serikat yang menggunakan aturan 4x20 menit.

Meski demikian perlu dicatat pula, bahwa waktu pertandingan yang berjalan bisa berhenti baik karena pelanggaran, timeout dan bola keluar lapangan. Saat terjadi hal - hal tersebut, waktu pertandingan dihentikan.Dilanjutkan kembali saat bola sudah dalam permainan (bola hidup).


Waktu Istirahat dan Interval Set

Adapun, waktu istirahat dalam permainan bola basket di antara kuarter satu dan kuarter dua dan kuarter tiga dan kuarter empat ialah dua menit (FIBA) dan 130 detik (NBA).

Untuk interval set yang sudah dilakukan antara kuarter dua dan kuarter tiga waktunya ialah 15 menit.


Overtime / Perpanjangan Waktu

Overtime atau waktu perpanjangan dilaksanakan bila terjadi kedua tim berbagi angka sama atau seri sampai akhir laga.  Untuk lama overtime, baik FIBA atau NBA mempunyai ketentuan sama yakni sepanjang 5 menit (1x5 menit bersih).


Shotclock

Durasi shotclock, yaitu  durasi yang diberikan pada tiap tim untuk melakukan melempar bola ke ring lawan dihitung sejak bola dikuasai tim. Dalam 24 detik, meski bola masih dikuasai, namun jika tidak juga dilempar ke ring, maka bola berpindah ke penguasaan lawan.

Jika bola dilempar ke ring, dan terjadi rebound dan direbut rekan sendiri (offensive rebound), diberikan waktu 14 detik untuk melakukan tembakan ke arah ring lawan.

Time Out

Dalam olahraga, time-out atau batas waktu adalah penghentian dalam permainan. Hal ini memungkinkan pelatih dari salah satu tim untuk berkomunikasi dengan tim, misalnya, untuk menentukan strategi atau menginspirasi moral, serta untuk menghentikan jam pertandingan. Tim biasanya memanggil timeout pada titik-titik penting yang strategis dalam pertandingan, atau untuk menghindari tim dipanggil karena penundaan pelanggaran jenis permainan, seperti aturan lima detik dalam bola basket.


Menurut Standar FIBA, time out diberikan 2 kali di kuarter 1, 3 kali di kuarter 2, maksimal 2 kali di 2 menit terakhir kuarter 4.
Selain itu boleh 1 kali di masa perpanjangan waktu (Overtime). Masing -masing diberikan waktu 60 detik.

Sementara menurut NBA : tim diperbolehkan meminta tujuh kali timeout, masing-masing 1 menit, 15 detik.

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved