Pengertian Loncat Indah, Teknik Loncat Indah dan Peralatan Untuk Loncat Indah

ring-basket.com -- Ada banyak olahraga akuatik, atau olahraga yang berada di air, mulai dari renang,polo air, dan loncat indah. Kali ini akan membahas tentang olahraga akuatik Loncat Indah.



Pengertian Renang Loncat Indah

Loncat indah adalah jenis olahraga akuatik dimana sang atlet meloncat ke kolam renang dengan menggunakan gaya khusus. Pada dasarnya loncat indah terdiri atas sebuah loncatan yang dimulai dari langkah take off dan selanjutnya masuk kedalam kolam renang.

Dengan menggunakan papan loncat, para atlet dapat mengkombinasikan beberapa gerakan pada waktu masih diudara atau meloncat. Selanjutnya para atlet tersebut akan masuk kedalam kolam renang dan mendapatkan penilaian.


Aspek yang menjadi penilaian dari renang loncat indah adalah keindahan gaya dan ketepatan gaya yang ditampilkannya. Biasanya sang atlet akan mendapatkan penilaian yang bagus jika berhasil mengkombinasikan beberapa gerakan yang indah saat diudara.

Gerakan yang dipersembahkan atlet juga harus tepat sesuai jenisnya. Biasanya para atlet mempersiapkan diri untuk berlatih mencari kombinasi dan mengembangkan gaya loncatannya.

Gerakan pada renang loncat indah biasanya menyerupai gerakan senam, seperti :

  1. Salto kedepan
  2. Salto kebelakang
  3. Salto kedalam
  4. Salto kontra
  5. Skrup
  6. Gabungan antara salto dan skrup


Sejarah Olahraga Loncat Indah

Renang loncat indah pertama kali ditemukan di negara inggris. Jenis olahraga ini merupakan perpaduan dari gerakan akrobatik dan loncatan.

Pada tahun 1893, tantangan untuk melakukan renang loncat indah didirikan pada Kawasan yang bernama Highgate Ponds. Pada tantangan Highgate Ponds memiliki ketinggian yang ekstrem yaitu sampai 15 kaki.

Kejuaran renang dunia loncat indah pun diadakan pertama kali disana. Perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Royal Life Saving Siecty ser tahun 1895. Dari acara tersebut, negara Swedia mulai mengenal renang loncat indah.

Saat itu atlet dari Swedia Otto Hagborg dan C F Mauritzi yang memperkenalkan olahraga tersebut. Mereka berhasil menunjukkan kemampuan akrobatiknya lewat papan setinggi 10meter.

Dari pertunjukkan tersebut, banyak pihak mulai memberikan perhatiannya sampai melahirkan Asosiasi Diving Amatir pada tahun 1901.

Asosiasi tersebut merupakan sebuah organisasi pertama yang ditujukan khusus untuk renang loncat indah didunia.


Sebelumnya pada perlombaan ini hanya dikhususkan oleh laki-laki saja. namun pada tahun 1912 di olimpiade yang berada di Stockholm wanita diizinkan turut serta. Saat itu akhirnya atlet wanita pun bisa mengikuti dan berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.

Olahraga renang loncat indah di Indonesia berada dibawah panitia Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PBRSI). Namun olahraga ini lambat perkembangnya di Indonesia, meskipun banyak penonton yang menyukainya.


Teknik Loncat Indah

1. Teknik Loncat duduk


Ini adalah salah satu gaya yang ada pada perlombaan Loncat indah. Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan jika ingin menggunakan gaya Loncat duduk :

Pertama kali yang harus dilakukan ialah dengan menyikapi duduk diujung papan loncat.
Posisikan badan menghadap ke kolam renang.
Untuk lutunya harus dengan tepat diposisikan ke ujung papan.
Sampai tungkai pada bagian bawahnya menggantung
Kemudian mulailah meloncat dengan tangan diluruskan keatas kepala.
Lalu ayunkan tangan kea rah depan bersamaan dengan badan.
Gaya ini berhasil jika tangan yang lebih tiba dulu ke kolam renang

2. Teknik Loncat berbaring

Ini adalah salah satu gaya yang sering dijumpai pada perlombaan Loncat indah. Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan jika ingin menggunakan gaya Loncat berbaring :

Pertama kali posisikan kepala menjadi telentang.
Sesuaikan kepala sampai melewati ujung pada papan loncat tersebut.
Ibu jari harus memegang ujung papan atau ibu jari berada diatas ujung papan dan disamping telinga .
Kedua kaki  kemudian diayunkan secara lurus.
Kemudian mulailah meloncat dengan gerakan memutar.
Dan nantinya kaki akan masuk pertama kali ke kolam renang

3. Teknik Loncat Lurus

Ini adalah salah satu gaya yang ada pada perlombaan Loncat indah. Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan jika ingin menggunakan gaya Loncat lurus :

Pertama kali posisikan badan berdiri dan menghadap ke kolam renang tersebut.
Mulai gerakan dengan mengayunkan lengan ke bagian belakang dan secara bersamaan kaki meloncat kearah kolam renang.

Pada saat diudara, maka tubuh  tidak diperbolehkan untuk tertekuk baik pada lutut maupun paha.

Untuk mendapat nilai sempurna lengan pun harus ikut lurus, jika tidak poin akan dikurangi oleh juri.
Dalam olah raga loncat indah diperlukan sarana dan prasarana sebai penunjang baik itu untuk latihan ataupun perlombaan. Fasilitas yang disediakan umumnya berupa kolam renang, menara loncat dan papan loncat. sedangkan. Peralatanterdiri alat yang dipakai atau diperlukan atlet.


Ukuran papan loncat indah

Ukuran papan loncat indah baik putra ataupun puteri memiliki kesamaan, beberapa ukuran papan yang pernah dipakai pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX adalah sebagai berikut:

    • Papan 1 meter

    • Papan 3 meter

    • Sinkronisasi papan 3 meter

    • Sinkronisasi menara 10 meter


      Ukuran menara

      Ukuran menara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX adalah 10 meter


      Peralatan dan perlengkapan khusus untuk latihan:

        • Pelampung (dapat berbentuk ban atau papan), berfungsi untuk membantu penyelamatan di kolam. Selain itu, dapat membantu proses pembelajaran siswa saat berada di dalam kolam.  

        • Masker atau goggles (kacamata), berfungsi untuk melindungi mata agar tidak terkena air.

        • Pelampung kaki bertali (deep-float), berfungsi untuk menjaga posisi kaki agar tetap berada di atas permukaan air.

        • Trampolin, sejenis matras membal untuk meloncat-loncat yang diperlukan dalam latihan kering atau tidak di kolam renang.

          © Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved