Olahraga Senam : Sejarah Senam, Jenis Senam, dan Teknik Dasar Senam

ring-basket.com -- Senam atau disebut dengan gymnastic dalam bahasa Inggris merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat senam di antaranya adalah menjaga kebugaran, menambah kekuatan dan kelenturan, meningkatkan daya tahan, serta membantu membentuk tubuh menjadi ideal. Adapun, senam juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada ajang Olimpiade. 

 Pada Olimpiade musim panas atau disebut juga dengan Olympic Games, jenis senam yang dilombakan adalah gymnastics artistic (senam artistik) dan gymnastics rhytmic (senam irama). Induk olahraga senam di dunia adalah International Gymnastics Federation atau dalam bahasa Perancis bernama Federation Internationale de Gymnastique (FIG). Sementara di Indonesia, induk olahraga senam adalah Persatuan Senam Indonesia (Persani). 

Sejarah Senam di Dunia dan Indonesia

Mengutip laman Gymnastics Ontario, senam sebagai bentuk gerakan tubuh yang dilakukan oleh manusia sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Senam sudah muncul dari zaman Yunani kuno hingga Mesir Kuno. Adapun, kata gymnastic (senam) berasal dari kata sifat bahasa Yunani kuno "gymnos" yang berarti "telanjang". 

Sementara itu, kata kerja dari "gymnos" adalah "gymnazo" yang secara umum bisa diartikan "berlatih dalam keadaan telanjang" yang kemudian berkembang menjadi "untuk berlatih, untuk berolahraga". 

 Penggunaan istilah tersebut diterapkan pada jenis latihan yang dipraktikkan di tempat bernama gymnasium, tempat para atlet Yunani zaman kuno melakukan latihan tanpa pakaian. Gymnastic berarti gerak badan atau olahraga baik untuk kesegaran jasmani maupun untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. 

Sejarah senam di Indonesia Dr Sutopo Adi, M.Kes dalam bukunya yang berjudul Bentuk-bentuk Dasar Gerakan Senam (2018), menjelaskan bahwa senam pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1912, pada masa kolonialisme Belanda.

Bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah-sekolah, senam juga menjadi bagian dari materi pendidikan jasmani tersebut. 

Pengertian Senam

Pengertian senam Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam adalah gerak badan dengan gerakan tertentu seperti menggeliat, menggerakkan dan meregangkan anggota badan. 

Dikutip dari Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2010), senam adalah setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. 

 

Jenis-jenis senam 

Pada dasarnya, ada empat jenis senam yaitu senam lantai, senam irama, senam aerobik, dan senam ritmik. Berikut penjelasannya masing-masing. 

1. Senam lantai 

Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai sesuai dengan namanya. Biasanya senam lantai dilakukan menggunakan alas berupa matras. Macam-macam senam lantai adalah sikap lilin, headstand dan handstand, berguling ke depan (forward roll), berguling ke belakang (back roll), guling lenting (neck spring), kayang, serta loncat harimau. 

2. Senam irama (senam ritmik) 

Senam ritmik atau senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat. 

3. Senam aerobik

Senam aerobik adalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya. Olahraga ini untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi. Merupakan olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal. 

4. Senam artistik 

Senam artistik adalah senam yang berisi gerakan-gerakan dengan menggunakan alat. Senam artistik menggabungkan aspek berguling dan akrobatik untuk mencapai keindahan dari gerakan-gerakan yang dilakukan menggunakan alat. 

Teknik dasar senam

Berikut adalah teknik dasar dari masing-masing jenis senam. 

Teknik dasar senam lantai 

1. Sikap lilin


 

Gerakan sikap lilin diawali dengan posisi tidur terlentang .

Dilanjutkan dengan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat). Pada gerakan ini, pinggang ditopang oleh kedua tangan, lalu posisi pundak tetap menempel di lantai. 

Pada gerakan sikap lilin ini, kekuatan otot perut fungsinya sebagai pengangkat kaki. Kemudian kelentukan otot pinggang, punggung dan leher berfungsi memudahkan kedua tangan menopang pinggang. 

2. Handstand dan headstand 

Gerakan handstand adalah berdiri dengan kedua tangan. 

Gerakan dimulai dengan sikap berdiri, lalu meletakkan kedua telapak tangan di atas matras. 

Gerakan selanjutnya adalah menarik kaki ke belakang ke bagian atas dengan gerakan mengayun, mulai dengan kaki kanan kemudian diikuti dengan kaki kiri atau sebaliknya, kemudian gerakan tersebut dipertahankan selama beberapa detik. 


 

Adapun, teknik dasar headstand tidak jauh berbeda dengan handstand. Hanya saja, dalam gerakan headstand, kepala menjadi tumpuan dengan bantuan ditopang oleh kedua tangan.
Ketika melakukan headstand, kedua tangan diletakkan di samping kepala guna membantu menopang beban tubuh. 

 3.Berguling ke depan (forward roll) 


 

Gerakan senam ini adalah berguling ke depan dengan urutan gerak dimulai dan tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. 

Cara melakukannya diawali dengan sikap jongkok lalu rapatkan kaki. Kemudian letakkan lutut ke dada dan kedua tangan menumpu di depan. 

Lalu dilanjutkan dengan berguling ke depan dan ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering untuk menuju posisi jongkok.

4. Berguling ke belakang (back roll) 


 

Guling ke belakang merupakan kelompok dari senam lantai yang bergerak ke belakang (dinamis). 

Gerakan guling belakang adalah gerakan menggulingkan atau menggelindingkan badan ke belakang dengan bentuk membulat seperti roda. Secara garis besar, tidak ada perbedaan teknik yang cukup signifikan antara guling depan dengan guling belakang. 

Perbedaannya adalah posisi tubuh. Guling depan mengharuskan pesenam menghadap ke arah matras. Sedangkan guling belakang, posisi tubuhnya membelakangi matras. 

5. Guling lenting (neck spring) 


 
Gerakan guling lenting merupakan gerakan tubuh ke atas dan depan yang dilakukan dengan melempar kedua kaki dan tolakan kedua tangan. 

Ketika melakukan gerakan guling lenting, tumpuan tubuh berada di bagian tengkuk serta kepala. 

6. Kayang (Backstand)



Kayang merupakan gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara posisi kedua tangan dan kaki bertumpu ke matras dengan posisi terbalik, lalu meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas. 

7.Loncat harimau 


 
Secara teoritis teknik senam lantai loncat harimau ini tidak terlalu jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan. Loncat harimau dimulai dengan sikap jongkok dengan telapak tangan menumpu kuat ke matras. Selanjutnya, pandangan ke atas bersamaan dengan gerakan loncatan. Saat kedua telapak tangan menyentuh matras, secara cepat kedua siku ditekuk dan kepala dimasukkan di antara kedua tangan. Gerakan ini diteruskan dengan gerak menggelinding, yang diawali dari pundak, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. 

 

Teknik dasar senam irama (senam ritmik)

Senam irama adalah senam gerakan senam yang diiringi oleh suara musik dan nyanyian. Gerakan dasar senam ini berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik dan lain sebagainya. Senam irama bisa dilakukan secara perorangan (individu) atau kelompok. 

 

Senam aerobik 

Gerakan dalam senam aerobik bisa terpola atau tidak terpola. Sama sengan senam irama, jenis senam ini juga diiringi dengan musik yang memiliki ketentuan ritmis, kesinambungan, dan durasi tertentu. Salah satu hal penting dalam gerakan senam aerobik adalah pengaturan napas yaitu penggunaan oksigen yang tepat dan dilakukan secara cepat. 

Teknik dasar dalam senam aerobik adalah melakukan gerakan berulang.

Durasi senam aerobik adalah 20 sampai 30 menit. 

 

Senam artistik

Senam artistik adalah jenis senam yang menggabungkan teknik gerakan tumbling dengan keterampilan senam akrobatik. Tumbling adalah salah satu disiplin dalam senam di mana seorang pesenam melakukan rangkaian gerak yang cepat dan eksplosif di satu garis lurus. 

Adapun, senam akrobatik merupakan disiplin senam yang dilakukan secara beregu yang saling bekerja sama dalam melakukan berbagai gerakan meliputi gerak akrobatik, dansa atau tari, hingga melenting dan mendarat sesuai iringan musik.

.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved