18 Pemain Basket Tertinggi Di Dunia

Tinggi badan dianggap salah satu faktor yang paling diperhatikan dalam olahraga bola basket. Meski tidak selamanya faktor ini menjadi "hadiah" yang membuat tim basket pasti meraih kemenangan. Ada faktor faktor lain mulai dari skill pemain, kelincahan, pengendalian bola, mental hingga kerjasama tim. Meski demikian, punya 1-2 pemain dengan tinggi di atas rata-rata, tetap bisa jadi pembeda di saat saat tertentu. 

Daftar Pemain Basket Tertinggi Sepanjang Sejarah

  1. Suleiman Ali Nashnush
  2. Alexander Sizonenko
  3. Sun Mingming
  4. Ri Myung Hun
  5. Yasutaka Okayama
  6. Neil Fingleton
  7. Paul Sturgess
  8. Kenny George
  9. Gheorghe Mureșan
  10. Manute Bol
  11. Shawn Bradley
  12. Mamadou Ndiaye
  13. Samuel Deguara
  14. Yao Ming
  15. Chuck Nevitt
  16. Pavel Podkolzin
  17. Slavko Vraneš
  18. Margo Dydek


Kali ini adalah  18 pemain basket dengan tinggi di atas rata rata sepanjang sejarah. Kenapa disebut di atas rata rata? Karena pada umumnya, ketinggian normal manusia ialah 150–170 cm, namun berbeda dengan manusia manusia tinggi ini, mereka memiliki ketinggian yang tidak biasa, bahkan mampu mencapai 245 cm. Daftar di bawah ini tentu bisa berubah.

1. Suleiman Ali Nashnush

Urutan pertama pemain basket tertinggi sepanjang sejarah yaitu Suleiman Ali Nashnush (1943 – 25 Februari 1991) yang berasal dari Libyra. Suleiman Ali adalah satu dari tujuh belas orang dalam sejarah medis yang mencapai atau melampaui ketinggian delapan kaki.

Pemain basket tertinggi di dunia

 

Pada tahun 1960, ia berhasil menjalani operasi untuk memperbaiki pertumbuhannya yang abnormal. Dia adalah pemain basket tertinggi di dunia sepanjang sejarah yang ketinggiannya mencapai 256, 4 cm 

2. Alexander Sizonenko

Alexander Alekseyevich Sizonenko (27 Juli 1959 – 5 Januari 2012) adalah pemain bola basket Soviet. Sizonenko lahir di kota Zaporizhia, SSR Ukraina. Dia diukur oleh Guinness World Records dengan ketinggian mencapai 238, 76 cm dan dinobatkan sebagai orang tertinggi di dunia pada tahun 1991.



Sizonenko bermain secara profesional untuk klub Spartak Leningrad (1976–1978) dan untuk Stroitel Kuybyshev (1979–1986). Sizonenko juga merupakan anggota tim nasional Soviet dan pernah mengikuti 12 kali pertandingan beserta Negaranya tersebut.

3. Sun Mingming 


 Mingming Sun (lahir 23 Agustus 1983) ia adalah pemain bola basket Tiongkok. Mingming Sun adalah salah satu pemain basket tertinggi di dunia yang pernah bermain di tingkat profesional.

Mingming memiliki ketinggian mencapai 236, 22 cm.  Sun sesekali tampil sebagai aktor.

4. Ri Myung Hun

 

Ri Myung-Hun, (lahir 14 September 1967 di Korea Utara) juga dikenal sebagai Michael Ri , terinpirasi dari pemain bola basket favoritnya Michael Jordan, adalah mantan pemain bola basket Korea Utara. Dia memainkan posisi sentral untuk tim bola basket nasional Republik Rakyat Demokratik Korea.

Ia dinyatakan sebagai salah satu manusia tertinggi di dunia. Tinggi badan Michael Ri mencapai 234, 95 cm  dan pernah berencana bermain di National Basketball Association (NBA) pada 1990-an.


5. Yasutaka Okayama


 Yasutaka Okayama (lahir 29 November 1954 di Prefektur Kumamoto, Jepang) adalah pemain basket tertinggi yang tercatat dalam sejarah Asosiasi Bola Basket Nasional Jepang.

Tinggi Yasutaka mencapai233, 68 cm. Okayama hobi berlatih Judo di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, dan mampu memperoleh sabuk hitam tingkat kedua. Dia mulai bermain bola basket ketika dia berusia delapan belas tahun di Osaka University of Commerce.

Dia menghadiri University of Portland tetapi tidak pernah bermain untuk program bola basket mereka. Setelah lulus, ia bergabung dengan klub bola basket Sumitomo Metal Industries. Dia mewakili Jepang antara 1979 dan 1986 sebelum pensiun pada 1996.


6. Neil Fingleton

Neil Fingleton (lahir 18 Desember 1980 - 25 February 2017 ) adalah aktor Inggris dan mantan pemain bola basket. Ia juga merupakan pria kelahiran Inggris tertinggi dengan ketinggiannya yang mencapai 232,56 cm.

pemain basket tertinggi di dunia
Sumber  Neil Fingleton tribute page

 
Fingleton memenangkan beasiswa bola basket ke Amerika Serikat dan ia pertama kali bermain di University of North Carolina di Chapel Hill dan kemudian di College of the Holy Cross di Worcester, Massachusetts.

Pada bulan Agustus 2000, Fingleton menjalani operasi punggung dan kemudian mendapat redshirt medis dari North Carolina. Fingleton hanya bermain satu pertandingan dengan North Carolina kemudian dipindahkan ke Holy Cross pada tahun 2002.

Fingleton memulai debutnya secara profesional pada musim 2004-2005 bersama Boston Frenzy dari ABA. Frenzy melepaskan Fingleton pada Desember 2004. Dalam NBA Development League Draft 2005, Austin Toros memilih Fingleton sebagai pilihan kedelapan di putaran kelima.

Pada 6 Desember 2005, Fingleton mulai bermain dengan tim Liga Bola Basket Inggris Tees Valley Mohawks. Pada November 2006, Fingleton menandatangani kontrak dengan tim Spanyol CB Illescas dan kemudian dengan Ciudad Real.

Setelah cedera yang memaksanya untuk pensiun pada 2007, ia kembali ke kota asalnya Durham untuk mengejar karir di dunia pertunjukan.

7. Paul Sturgess

<
 Paul Sturgess (lahir 25 November 1987) adalah pemain bola basket profesional Inggris. Dia secara resmi diukur oleh Guinness World Records pada November 2011 dan memiliki tinggi 231,8 cm dan berat badan 147 kg saat itu.

Sturgess tercatat sebagai pemain bola basket perguruan tinggi paling tinggi  di Amerika Serikat.


8. Kenny George

 

Kenneth George Jr. adalah pemain bola basket Amerika. Ketinggiannya berkisar antara 231,4 cm s/d 236, 22  cm.
 Kenny  adalah pemain basket tertinggi di Amerika Serikat selama dua tahun ia bermain untuk tim kampusnya, University of North Carolina di Asheville Bulldogs.

9. Gheorghe Mureșan

Gheorghe Dumitru Mureșan (lahir 14 Februari 1971), juga dikenal sebagai Ghiţă, Big Ghiţă atau George, adalah pensiunan pemain bola basket profesional Rumania. Ketinggiannya diukur mencapai 231,4 cm. George merupakan salah satu pemain basket tertinggi sepanjang sejarah NBA.



Mureșan lahir di pedesaan Rumania, di Tritenii de Jos, Kabupaten Cluj, dan bermain bola basket kompetitif di Universitas Cluj. Dia bermain secara profesional di liga Prancis bersama Pau-Orthez selama musim 1992-93 dan menjadi hit instan dengan para penggemar klub tersebut.

NBA tertarik padanya dan dia dipilih oleh Washington Bullets dalam NBA Draft 1993. Dia bermain di NBA dari 1993 hingga 2000. Musim terbaiknya datang pada tahun 1994-1995, ketika ia rata-rata mampu membuat 14,5 poin per pertandingan.
 


10. Manute Bol

Manute Bol (16 Oktober 1962 – 19 Juni 2010) adalah pemain bola basket dan aktivis politik kelahiran Sudan. Manute Bol memiliki tinggi 230, 505 cm, dan merupakan salah satu pemain basket tertinggi yang pernah bermain sepanjang sejarah National Basketball Association, bersama dengan Gheorghe Mureşan.

Bol bermain basket untuk banyak tim selama kariernya. Dia bermain untuk dua perguruan tinggi dan empat tim NBA. Sebagai pusat, ia dikenal sebagai pemain spesialis; ia dianggap sebagai salah satu pemblokir tembakan terbaik dalam sejarah olahraga, tetapi aspek lain dari permainannya dianggap cukup lemah.

Selama karirnya, ia memblok lebih banyak tembakan daripada mencetak poin. Dia berada di urutan kedua sepanjang masa dalam sejarah NBA dalam hal rata-rata tembakan yang diblokir per pertandingan.
 

11. Shawn Bradley

Shawn Paul Bradley (lahir 22 Maret 1972) adalah seorang pensiunan pemain basket  yang memiliki kewarganegaraan ganda, Amerika dan Jerman.  Meskipun lahir di Landstuhl, Jerman Barat, Bradley tumbuh di Castle Dale, Utah. Selain itu, Bradley pernah bermain bersama New Jersey Nets dan Dallas Mavericks di National Basketball Association.



Bradley memiliki tinggi 228,6 cm, dan merupakjan  salah satu pemain basket tertinggi dalam sejarah NBA.

12. Mamadou Ndiaye

Mamadou Ndiaye saat ini adalah pemain bola basket perguruan tinggi tertinggi di Amerika dengan tinggi 228, 6 cm.  Hanya dua pemain yang bermain di NBA pada ketinggian yang lebih tinggi – Manute Bol dan Gheorghe Mureșan, masing-masing dengan tinggi 231,4 cm dan tidak ada pemain dengan daftar aktif yang lebih tinggi.


NCAA tidak melacak raksasa yang menjulang, tetapi banyak yang percaya hanya Kenny George yang memiliki badan setinggi 236, 22 cm yang bermain di UNC Asheville sejak 2006-08.

Mamadou Ndiaye  adalah pemain terbaik CIF-5AA 2013 untuk Brethren Christian di Huntington Beach, California, menerima penghargaan pemain terbaik SMA John R. Wooden 2013 untuk CIF Divisi V dan merupakan anggota tim utama  kompteisi negara bagian.

13. Samuel Deguara

Samuel Deguara adalah pemain basket dengan dwi kewarganengaran yaitu Malta – Italia. Deguara memilik tinggi badan 228,6 cm, dan memiliki kontrak dengan Benetton Treviso hingga 2016.

Dia adalah pencetak skor terbanyak tim nasional Malta dari kejuaraan negara-negara kecil Eropa pada musim panas 2012 di Malta, di mana mereka mampu berada pada urutan ketiga.



Pada 2011-12 ia bermain dengan status pinjaman di CUS Bari Basketball di Divisi Nasional A, musim berikutnya ia bermain untuk Basketball Reggiana di Serie A, memainkan satu pertandingan.

Samuel Deguara masih aktif bermain hingga saat ini, dna malang melintang di liga bola basket Asia, mulai dari Thailand, Hongkong, hingga Filipina.

BACA J
UGA :

12 Pemain Basket "Pendek" dalam Sejarah Liga Bola Basket Amerika - Di Bawah 180 cm, Ada Juara Kontes Slam Dunk NBA 

Daftar Fakta Unik Bola Basket dan NBA

14. Yao Ming

Yao Ming (lahir 12 September 1980) adalah mantan pemain basket profesional Tiongkok yang bermain untuk Houston Rockets of National Basketball Association (NBA). Pada saat musim terakhirnya, ia adalah pemain aktif tertinggi di NBA, dengan 228, 60 cm. 



Yao, yang lahir di Shanghai, Cina, mulai bermain untuk Shanghai Shark saat remaja, dan bermain di tim senior mereka selama lima tahun di Asosiasi Bola Basket Cina (CBA), ia mampu memenangkan kejuaraan di tahun terakhirnya.

Pada Juli 2011, Yao Ming mengumumkan pengunduran dirinya dari bola basket profesional karena serangkaian cedera kaki. Dalam delapan musim bersama Rockets, Yao berada di peringkat keenam di antara para pemain lainnya dalam total poin dan total rebound.
 

15. Chuck Nevitt

Charles Goodrich “Chuck” Nevitt (lahir 13 Juni 1959) adalah mantan pemain basket profesional Amerika, yang dikenal terutama karena tinggi badannya yang berada pada 226,06 cm.



Chuck bermain di posisi Centre sepanjang karir sembilan tahunnya (1983, 1985-1990, 1992, 1993) di NBA, dan  menjadi salah satu pemain tertinggi yang pernah ada dalam sejarah NBA.

Selama karirnya, Nevitt bermain dengan Houston Rockets, Los Angeles Lakers, Detroit Pistons, Chicago Bulls, Fulgor Libertas Forlì (Italia), dan San Antonio Spurs. Dia biasanya memakai jersey dengan nomor 52.

16. Pavel Podkolzin

Pavel Nikolaevitch Podkolzin (lahir 15 Januari 1985) adalah pemain bola basket profesional Rusia untuk klub Sibirtelecom Lokomotiv Novosibirsk. Sebelumnya, ia bermain di NBA dan Liga Pengembangan NBA.



Pavel Nikolaevitch Podkolzin memilikitinggi yang mencapai 226,06 cm dan berat badan 138 kg. Podkolzin melakukan debutnya dengan Lokomotiv Novosibirsk, di divisi kedua Rusia, selama musim 2001-02.

Pada bulan Desember 2001, ia menandatangani kontrak dengan Metis Varese Italia. Dia awalnya tersedia untuk seleksi dalam draft tahun sebelumnya, tetapi menarik diri karena akromegali, gangguan pituitari. Podkolzin dianggap sebagai draft pick tinggi dalam draft 2004 karena ukurannya. 


Podkolzin memiliki rekor rata-rata 6,0 rebound dalam 14,0 menit dalam dua pertandingan pertamanya di Las Vegas Summer League Revue. Pada 5 Agustus 2006, ia dikesampingkan oleh Mavericks setelah tampil sebentar hanya dalam enam pertandingan dalam dua musim.
 

17. Slavko Vraneš

Slavko Vraneš (lahir 30 Januari 1983) adalah pemain bola basket profesional Montenegro yang ketinggiannya berada Pada 226,06 cm. Slavko  adalah salah satu pemain basket tertinggi di dunia., dan  mulai bermain basket di klub Serbia FMP Železnik.

Ketika masih berada di tim junior, ia dikontrak oleh klub Turki Tofaş untuk musim 2000-01. Kemudian dia pindah ke Efes Pilsen. Namun ia Tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik dan akhirnya ia kembali ke Montenegro.

Pada Oktober 2011 ia menandatangani kontrak dengan Sanaye Petroshimi BC di Liga Super Iran. Selama tahun 2013 ia bermain dengan Metalac Valjevo. Pada Oktober 2013 ia menandatangani kontrak dengan Zob Ahan Isfahan. Dia kini menjadi salah satu pemain basket tertinggi di dunia sepanjang sejarah liga Serbia

18. Margo Dydek  

Margo Dydek menjadi pemain basket  yang paling tinggi di tim bola basket perempuan. Memiliki tinggi218, 44 cm, lahir dengan nama lengap Małgorzata Dydek (28 April 1974–27 Mei 2011adalah pemain bola basket profesional yang berasal dari tim internasional Polandia.

Dia terkenal sebagai pemain basket wanita profesional tertinggi di dunia. Dia memainkan posisi tengah untuk Connecticut Sun di WNBA dan merupakan pelatih untuk Northside Wizards di Queensland Basketball League.


© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved