Daftar Istilah Dalam Olahraga Sepakbola

Sepakbola ada olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim yang masing masing berisi 11 pemain. 10 di antaranya hanya bisa mengunakan semua bagian tubuh kecuali lengan dan tangan untuk menahan atau mengontrol bola. Selain memiliki aturan pertandingan, ada pula istilah istilah yang dipakai untuk menerangkan kondisi pelanggaran yang terjadi atau hal yang dilakukan oleh pemain. 

Namun ada juga yang mungkin baru pertama kali mengenal olahraga ini, dan ada beberapa istilah yang tidak diketahui. 

Berikut ini adalah istilah istilah pada sepakbola


1. Offside

Dalam olah raga sepak bola, offside terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya offside digunakan para pemain belakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.

Arti offside dalam sepakbola

 

2. Penalty

Tendangan penalti diberika oleh wasit apabila pemain dari tim yang sedang diserang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti kepada pemain dari tim yang sedang menyerang. Dan tentunya pelanggaran tersebut dilakukan secara sengaja

3. Free kick / tendangan Bebas

Free Kick atau Tendangan bebas biasa dilakukan oleh suatu tim jika terdapat pelanggaran yang dilakukan lawan bertandingnya. Tendangan bebas merupakan tendangan yang dilakukan tanpa mendapatkan gangguan dari pemain lawan. Pemain lawan boleh menghalangi di depannya, tapi pada jarak beberapa meter dari titik tendangan bebas dilakukan.
Tendangan bebas yang biasa diberikan oleh wasit terdapat 2 jenis, yaitu tendangan bebas tidak langsung dan tendangan bebas langsung.


  1. Tendangan bebas tidak langsung biasanya diberikan wasit apabila terjadi pelanggaran yang  tidak terlalu keras. Tendangan bebas ini harus diawali dengan sentuhan pemain lain, sebelum sang eksekutor sebenarnya menendang ke arah gawang. Tidak boleh langsung mengarah ke gawang. Untuk tendangan bebas ini biasanya tandanya adalah wasit mengangkat tangannya lurus ke atas sambil meniup peluitnya.
  2. Tendangan bebas langsung dilakukan jika terjadi pelanggaran yang cukup keras / berbahaya di dekat area kotak penalti lawan. Tendangan ini dapat langsung diarahkan ke gawang oleh sang eksekutor, tanpa menyentuh pemain lainnya terlebih dahulu. Untuk jenis tendangan bebas ini, wasit memberi tanda dengan mengangkat tangannya dan lurus menunjuk ke arah gawang sambil meniup peluitnya.


4. Corner kick / Tendangan sudut

Tendangan sudut atau corner kick biasa nya diberikan kepada tim, dimana tim lawan mengeluarkan bola ke area belakang garis gawangnya sendiri. Tendangan sudut dilakukan di area sudut lapangan yang terdapat bendera dan garis 1/4 lingkaran. Pemain diperbolehkan menendang dari dmana saja asal masih terdapat di dalam area garis 1/4 lingkaran tersebut yang biasa nya jug terdapat bendera.


5. Diving

Diving (dialihkan dari bahasa Inggris: menyelam), adalah istilah dalam dunia sepak bola yang mengacu pada tindakan pemain yang sengaja beraksi seperti terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan baik sengaja maupun tidak sengaja dari lawan. Diving biasa dilakukan agar timnya mendapatkan keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan penalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan yang dianggap mengasari pemain yang melakukan diving.

Namun, jika pemain yang diketahui melakukan diving saat pertandingan oleh wasit akan dikenai sanksi berupa kartu kuning.

6. Gol bunuh diri / Suicide goal

Suicide Goal atau Gol bunuh diri adalah istilah dalam olahraga sepak bola ketika seorang pemain memasukkan bola ke gawangnya sendiri sehingga dianggap sebagai gol bagi tim lawan. Pemain tersebut juga dianggap sebagai pencetak golnya. Apabila gol tersebut diakibatkan oleh pantulan, maka pencetak gol dilihat jika tendangan yang menghasilkan gol tersebut adalah tendangan langsung ke arah gawang atau tidak. Jika ternyata merupakan tendangan langsung ke gawang, maka pemain yang menendang tersebut dinyatakan sebagai pencetak gol. Gol bunuh diri tidak bisa diterima jika dihasilkan dari lemparan ke dalam atau dari tendangan bebas.


7. Golden Goal

Gol emas (bahasa Inggris: golden goal) adalah peraturan dalam sepak bola dengan memberi tambahan waktu dua kali 15 menit untuk mendapatkan pemenang yang dilakukan apabila dalam dua kali 45 menit tidak didapatkan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Peraturan ini biasa dilakukan di dalam kompetisi dengan sistem gugur.
Dalam peraturan golden goal, apabila terjadi gol dalam perpanjangan waktu yang dilakukan, maka pertandingan akan dihentikan pada saat gol. Tim yang mencetak gol dalam kesempatan pertama akan ditetapkan sebagai pemenang pertandingan. Dan apabila dalam dua kali 15 menit tetap tidak ada tercipta gol oleh salah satu tim, maka pertandingan diakhiri dengan adu penalti untuk mendapatkan pemenang dari pertandingan.

8. Silver Goal

Gol perak (Inggris: silver goal) adalah peraturan sepak bola yang dilakukan untuk mendapatkan pemenang dengan memainkan babak tambahan dua kali 15 menit, apabila dalam waktu normal tidak didapatkan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Peraturan ini biasa diadakan dalam pertandingan sepak bola yang menggunakan format kompetisi dengan sistem gugur.
Dalam peraturan di dalam silver goal, apabila pertandingan sepak bola dalam babak perpanjangan waktu terjadi gol oleh salah satu tim, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu dimana terjadi gol habis. Setelah babak perpanjangan waktu habis, maka tim yang dapat mencetak gol akan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Apabila dalam dua babak perpanjangan waktu tidak terjadi gol, maka pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

9. Hat-trick

Hattrick, hat-trick atau hat trick adalah istilah dalam olahraga yang mengacu kepada tiga kali keberhasilan dalam suatu hal dalam tiga kali percobaan secara berurutan. Dalam sepak bola, hat-trick berarti keberhasilan seorang pemain sepak bola dalam mencetak gol sebanyak tiga kali dalam satu pertandingan.

10. Kartu merah / Kartu kuning

Dalam sepak bola, kartu merah menandakan pelanggaran berat dan akibatnya adalah pengusiran terhadap seorang pemain keluar lapangan.
Kartu kuning menandakan pelanggaran yang masih bisa ditolelir ( Profesional Foul ) dan apabila mendapatkan kartu kuning kedua maka akan mendapat kartu merah.

11. Adu penalti

Adu penalti, atau lebih tepat disebut “adu tendangan penalti”, merupakan cara yang sekarang sering dipakai untuk menentukan pemenang dalam pertandingan sepak bola yang harus diakhiri dengan kemenangan/kekalahan (tidak bisa seri). Adu penalti dilakukan setelah pertandingan berlangsung 90 menit dan dilanjutkan dengan 2 kali 15 menit perpanjangan waktu namun keadaan masih seri. Walaupun pelaksanaannya mirip, adu penalti dilakukan mengikuti peraturan yang berbeda dari tendangan penalti. Hasil dari adu penalti tidak dimasukkan dalam perhitungan skor (jadi keadaan tetap seri), ia hanya digunakan untuk menentukan pemenang.

12. Wasit

Pemimpin jalannya pertandingan sepak bola biasa disebut wasit. Mereka adalah orang yang memiliki kuasa untuk mengatur jalannya pertandingan. Mereka juga sekaligus sebagai pengadil di lapangan bagi kedua tim yang bertanding. Biasanya dalam satu pertandingan ada 4 wasit yang bertugas. Wasit utama, wasit cadangan, dan 2 asisten wasit (hakim garis).

Wasit utama adalah wasit yang sudah ditentukan untuk memimpim jalannya pertandingan.
Wasit cadangan merupakan wasit yang bertugas mengontrol jalannya pertandingan dari sisi lapangan dan juga sebagai cadangan apabila wasit utama tidak mampu bekerja.
Asisten wasit ada 2 orang, atau biasa disebut hakim garis adalah wasit yang bekerja di sisi kanan-kiri lapangan dan memegang bendera. Mereka bertugas untuk memantau apakah bola keluar lapangan, menunjukkan posisi offside, atau memebritahukan wasit utama apabila terjadi pelanggaran di sekat posisinya berada.

12. Asisten Wasit

Asisten Wasit (sebelumnya dikenal dengan nama hakim garis) pada sepak bola merupakan asisten dari kinerja wasit di lapangan. Ia membawa sebuah bendera untuk memberi tanda kepada wasit jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di lapangan. Seluruh keputusan wasit harus didiskusikan terlebih dahulu dengannya. Asisten wasit berjumlah 2 orang di setiap pertandingan. Bendera untuk asisten wasit internasional bergambar wajik merah dengan latar belakang kuning. Untuk masing – masing negara, tidak ditentukan bendera yang sama selama dibenarkan oleh asosiasi sepak bola masing-masing negara.

13. Coach

Pelatih atau kalo di Inggris biasa disebut Manager, merupakan sosok yang tidak bisa dilupakan dari kesuksesan suatu tim. Taktik dan strategi yang biasa dipertontonkan oleh para pemain di atas lapangan merupakan andil besar sang pelatih. Mereka adalah peracik dan pengatur permainan suatu tim dari sisi lapangan. Baik buruknya permainan tim salah satunya ditentukan oleh kejelian sang pelatih dalam menerapkan strategi permainannya ketika menghadapi lawan.
Pelatih tidak hanya menjadi pendamping tim ketika bermain dalam suatu pertandingan, tapi juga sekaligus sebagai pengayom di luar lapangan bagi para pemainnya. Karena kedekatan hubungan antar pelatih dan pemain mutlak diperlukan untuk menghasilkan tim yang solid dan bermental juara. Motivasi dan kadang-kadang sedikit kritik dari sang pelatih seharusnya dapat diambil pelajaran bagi para pemain untuk menunjukkan permainan terbaik mereka. Ketika berlatih, para pemain harus mampu memikat hati pelatih agar dimasukkan pada tim yang akan bertandingan pada pertandingan selanjutnya. Usaha keras dan kerja sama apik antar pemain adalah beberapa hal yang dilihat oleh pelatih dari para pemainnya.

14. Striker / Penyerang

Barisan terdepan dari sutau tim sepak bola adalah Penyerang. Para penyerang adalah ujung tombak permainan suatu tim. Mereka memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan dan memenangkan pertandingan.

Posisi lainnya yang juga mirip dengan penyerang adalah posisi “penyerang bayangan”, atau sering disebut “penyerang lubang/ “Gelandang serang”/ “playmaker“.

Posisi penyerang bayangan berada tepat di belakang penyerang murni. Tugas penyerang bayangan sedikit lebih rumit, karena selain menerima umpan dari pemain di belakang, juga terkadang harus memberi umpan terhadap pemain di depannya (penyerang murni). Penyerang bayangan lebih mengutamakan teknik.

14. Pemain tengah / gelandang / midfielder

Pemain tengah dalam sepak bola sering disebut sebagai Gelandang. Posisi pemain ini berada di antara Bek dan Penyerang..

Gelandang Sayap merupakan para pemain yang beroperasi di sisi kanan-kiri bagian tengah suatu tim. Gelandang jenis ini bertugas untuk menusuk jantung pertahanan lawan melalui sayap dan biasanya melakukan umpan-umpan silang ke daerah kotak penalti. Oleh karena itu, gelandang sayap harus memiliki kecepatan lari dan kemampuan untuk memberikan umpan-umpan silang yang terukur.

Gelandang Bertahan (Jangkar) biasa beroperasi di sisi tengah dan lebih memiliki naluri untuk bertahan. Kemampuan yang harus dimiliki gelandang jenis ini adalah sebagai penyeimbang tim. Mampu bertahan dan membantu penyerangan. Gelandang jenis ini biasa memiliki kemampuan seperti bek, tidak mengenal kompromi terhadap lawan dan kokoh. Namun, gelandang bertahan juga mampu untuk sesekali membantu serangan atau bahkan mencetak gol.

Gelandang Serang Mereka lebih punya naluri seperti Penyerang. Selain mengalirkan pergerakan bola dari belakang ke depan, mereka juga memiliki kreatifitas untuk menyusun strategi hingga tim mampu mampu mencetak gol. Biasanya gelandang jenis ini juga memiliki tendangan jarak jauh yang sangat keras dan akurat. Sehingga tidak jarang kita lihat mereka juga mampu mencetak gol layaknya seorang penyerang. Posisi gelandang yang berada di tengah memang lebih memiliki tugas yang lumayan berat. Sebagai penyeimbang tim mereka seringkali juga menjadi penentu kesuksesan suatu tim dalam meraih kemenangan.

15. Pemain Bertahan / Bek/ Defender

Bek (Defender) merupakan pemain-pemain dalam suatu tim sepak bola yang berposisi di area belakang dan di depan kiper. Banyaknya bek tergantung dari strategi pelatih.
Posisi bek ada 2, yaitu Bek Tengah (Central Defender) dan Bek Sayap (Wing Defender).

Bek tengah merupakan bek yang posisinya berada tepat di depan area gawang tim nya. Bisa 2 atau 3 pemain yang biasa nya beroperasi sebagai bek tengah. Bek tengah biasanya merupakan bek yang tangguh dan jago dalam mengantisipasi bola-bola lambung dari lawannya. Walaupun tidak selamanya bek tengah harus berpostur tinggi besar.

Bek sayap adalah bek yang beroperasi di bagian sayap lapangan, kanan dan kiri, pertahanan tim nya. 2 orang pemain yang biasanya menempati posisi ini, kanan dan kiri. Bek sayap harus mempunyai kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Karena seringkali bek sayap harus membantu pergerakan pemain tengah sayap dalam membongkar pertahanan lawan dan sesekali melepaskan umpan silang ke kotak penalti lawan. Selain mampu menyerang, naluri bek yang bertahan juga harus dimiliki oleh bek sayap. Setelah membantu menyerang, bek sayap harus mampu kembali ke jantung pertahanannya secepat mungkin untuk mengantisipasi serangan balik lawan yang seringkali dimulai dari pergerakan sayap. Apabila stamina bek sayap mulai kedodoran, seringkali bek sayap tidak banyak membantu serangan dan hanya bergerak sampai ke tengah.

16. Kiper  (Penjaga Gawang)

Penjaga gawang, atau orang biasa sebut Kiper, merupakan benteng pertahanan terakhir dari suatu tim sepak bola. Kiper merupakan satu-satunya pemain di lapangan pertandingan yang diperkenankan untuk menyentuh bola dengan tangan secara aktif. Kiper bertanggung jawab agar tim nya tidak sampai kemasukan bola atau kebobolan. Gawang ukuran 7,32 m x 2,44 m harus dijaganya dari serbuan para pemain lawan yang ingin mencetak gol.


17. Perpanjangan Waktu

Perpanjangan waktu adalah aturan permainan dalam sepak bola yang merupakan penambahan babak atau waktu dalam pertandingan yang berakhir seri setelah 90 menit pertandingan. Lamanya waktu dalam babak perpanjangan waktu adalah 15 menit untuk setiap babaknya. Babak perpanjangan waktu dalam sepak bola adalah sebanyak dua babak.


Babak perpanjangan waktu acap kali dilakukan ketika pertandingan sepak bola memainkan kompetisi dengan sistem gugur gagal mendapatkan pemenang dalam waktu normal 90 menit. Apabila dalam babak perpanjangan waktu yang diadakan masih tidak didapatkan pemenang, maka pertandingan sepak bola akan dilanjutkan ke babak adu adu penalti.

Sistem perpanjangan waktu yang umum adalah golden goal dan silver goal. Dalam sistem golden goal (gol emas) pertandingan langsung berakhir apabila sebuah tim mencetak gol saat perpanjangan waktu. Dalam perpanjangan waktu sistem silver goal (gol perak) apabila terjadi gol oleh salah satu tim dalam sebuah pertandingan, maka pertandingan akan tetap diteruskan dalam dua babak perpanjangan waktu. Tim yang dapat mencetak gol dan dapat mempertahankan gol dalam dua babak, maka tim yang dapat mencetak gol akan dinyatakan sebagai pemenang pertadingan. Kedua tim yang bertanding akan terus mencari gol dalam dua babak perpanjangan waktu, apabila kedua tim yang bertanding tetap tidak dapat menghasilkan gol untuk membawa kemenangan, maka pertandingan akan dilanjutkan ke babak adu penalti antara kedua tim untuk mendapatkan pemenang.

18. Pertandingan Derby

Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim olahraga (umumnya lokal) yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki rivalitas tersendiri. Pertandingan derby yang ada dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim dalam dunia olah raga, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi, ataupun suatu sebab lain (misal klas sosial, ekonomi, bahkan politik)  yang menyebabkan kedua tim memiliki rivalitas.

BACA JUGA :

Olahraga Sepakbola : Sejarah, Peraturan, Ukuran Lapangan dan Lama Pertandingan


19. Treble

Istilah treble (tiga) digunakan di dalam sepakbola untuk menunjukkan sebuah tim yang berhasil mendapatkan tiga piala kejuaraan utama pada satu periode, biasanya satu musim (satu tahun pertandingan).

20. Injury Time

Injury time adalah waktu yang ditambahkan di akhir setiap babak. Waktu yang ditambahkan ini merupakan waktu yang hilang di setiap babak ketika bola tak dimainkan. Waktu ini dihitung oleh pihak peyelenggara pertandingan. 

21. Kick Off / Sepak Mula

Sepak mula adalah tanda dimulai pertandingan sepakbola. Tendangan pertama untuk memulai pertandingan dan tendangan pertama, mengawali babak kedua atau waktu tambahan di sebuah pertandingan.pertandingan sepak bola yang akan dilakoni, dengan salah seorang pemain menendang bola dari titik tengah lapangan.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved