Gerak Kaki / Footwork Dalam Olahraga Bola Basket

Gerak kaki dalam bola basket yang biasa disebut dengan istilah dalam bahasa Inggris yaitu, footwork. Gerak kaki atau footwork adalah gerakan yang dilakukan pemain dengan kakinya. Gerak kaki mempengaruhi cara pemain bergerak di sekitar lapangan, cara mereka menembak, cara mereka membuka, dan yang terpenting jika gerakan itu berhasil. Pada dasarnya, gerak kaki adalah salah satu dasar terpenting dalam bola basket, karena mempengaruhi semua gerakan yang dilakukan di lapangan bola basket, dan karenanya harus dilakukan oleh pemain dari semua level. Pemain bagus tahu gerak kaki mereka dan bisa melakukannya dengan cepat; gerak kaki penting di setiap momen permainan, dan ini membantu pemain untuk menembak, rebound, dan mengoper dengan lebih baik.
gerak kaki bola basket

footwork dalam bola basket


Bagaimana Footwork Mempengaruhi Permainan Basket?

Mari kita ambil contoh bagaimana gerak kaki memengaruhi permainan. Bayangkan situasi di mana seorang pemain menerima umpan. Untuk memulainya, pemain yang mengoper bola harus menggunakan gerak kaki untuk meningkatkan kualitas umpannya. Dengan menggunakan kakinya dengan benar, pelintas dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan umpannya. Sekarang bayangkan pemain yang menerima umpan akan menangkapnya dan langsung menembak. Dia harus tahu bagaimana melangkah ke dalam tembakannya dengan cara yang akan menghasilkan sikap menembak yang baik, yang secara langsung berdampak pada kualitas tembakan. Jika pemain tidak tahu bagaimana melangkah dengan benar ke dalam tembakan, mungkin perlu waktu lebih lama baginya untuk bisa menembak, atau dia mungkin menembakkan tembakan buruk yang kemungkinan besar tidak akan masuk.

Footwork memengaruhi dasar-dasar seperti passing, shooting, dan rebound, tetapi juga penting saat melakukan gerakan yang lebih sulit seperti fadeaways dan crossover. Dalam gerakan ini, tujuan pemain adalah untuk mendapatkan kebebasan, dan bagaimana kaki mereka bergerak akan sepenuhnya memengaruhi jika gerakan itu berhasil atau tidak. Saat melakukan crossing, seorang pemain harus membuat bek percaya bahwa dia melakukan sesuatu, ketika melakukan yang sebaliknya. Gerakan kaki mutlak diperlukan untuk mewujudkannya. Hal yang sama dapat dikatakan untuk gerakan euro step. 


BACA JUGA :


Cara Meningkatkan Kemampuan footwork/ Gerak Kaki

Seperti yang dikatakan sebelumnya, gerak kaki harus dilakukan secara menyeluruh oleh pemain bola basket. Ada banyak latihan gerak kaki yang bekerja baik teknik gerak kaki dan kecepatan yang diperlukan untuk menjalankannya. Latihan bisa seperti permainan, dan melibatkan bola basket dan pengulangan gerakan tertentu. Latihan lain mungkin tidak terlihat berhubungan dengan bola basket sama sekali, namun latihan ini akan membantu pemain untuk mendapatkan kecepatan dan kelincahan di kaki mereka.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved