Olahraga Hoki : Sejarah, Pengertian, Peraturan, Jenis, Ukuran Lapangan, Teknik, dan Perlengkapan

Olahraga Hoki merupakan salah satu jenis olahraga bola kecil diantaranya tenis, golf, atau pingpong. Olahraga Hoki terbagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah hoki lapangan dan hoki es. Olahraga Hoki lapangan juga dapat dikatakan sebagai salah satu olahraga yang mirip dengan sepak bola yang dilakukan di lapangan hijau. Olahraga ini menuntut beberapa aspek seperti kekuatan fisik, teknik, taktik permainan, dan mental pemain.

Daftar Isi Artikel Olahraga Hoki :

  1. Sejarah Olahraga Hoki
  2. Sejarah Olahraga Hoki Di Indonesia
  3. Pengertian Olahraga Hoki
  4. Peraturan Olahraga Hoki
  5. Jenis Olahraga Hoki
  6. Ukuran Lapangan Olahraga Hoki
  7. Teknik Dalam Olahraga Hoki
  8. Perlengkapan Olahraga Hoki

Sejarah Olahraga Hoki

Olahraga hoki dipercaya pertama kali dimainkan sejak ribuan tahun yang lalu, di peradaban kuno seperti Yunani, Romawi, dan Persia. Masing-masing daerah tersebut memiliki hoki versinya sendiri-sendiri. Namun permainan hoki lapangan yang paling dekat dengan permainan modern sendiri dinilai berasal dari Inggris, pada tahun 1861. Sejak saat itu, olahraga hoki terus berkembang dan pada tahun 1886 terbentuklah Hockey Association di London.

Awalnya, olahraga hoki sulit untuk masuk pada cabang Olimpiade, dan hanya dipertandingkan antar negara di Britania Raya saja. Pada akhirnya di tahun 1920, bertepatan dengan usainya Perang Dunia 1, olahraga ini mulai diterima dan diakui oleh beberapa negara. Puluhan tahun berlalu setelah usainya Perang Dunia 1, hoki masih populer di negara-negara belahan bumi utara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Rusia. Bukan hal yang mustahil bagi negara tropis seperti Indonesia dan negara tropis lainnya untuk mempopulerkannya juga.

Sejarah Olahraga Hoki di Indonesia

Pada masa kolonial, para kolonis gemar memainkan olahraga hoki, mereka mendirikan klub dan selanjutnya hoki berkembang secara luas dan khusus di kalangan bangsa Belanda dan Eropa, serta segelintir pribumi yang beruntung diperkenankan untuk ikut dalam organisasi hoki. Sehingga, olahraga hoki mulai diajarkan di tingkatan SMA yang memiliki banyak murid Belandanya.

Pada tahun 1939, kebangkitan olahraga hoki diprakarsai oleh Prakarsa Iskandar Simanjuntak yang mendirikan Perkumpulan Hoki Andalas di Kota Medan. Perkumpulan ini memiliki anggota yang terdiri dari guru-guru dan siswa MULO Joshua Institut Medan. Seiring kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1945 organisasi olahraga hoki diperkenalkan dan diresmikan atas prakarsa tokoh olahraga yang bernama Yusuf Ismail, Padmo, Sumasto, dan S. Asikin yang mendirikan induk organisasi hoki di Indonesia dengan nama Persatuan Hoki Seluruh indonesia atau disingkat dengan nama PHSI.

Pada sekitar tahun 1950 sampai 1955, olahraga hoki telah mengalami puncak kopopulerannya di Indonesia. Pada saat itu olahraga hoki mulai diperkenalkan dan diajarkan di SMA yang banyak ditempati siswa Indonesia. Selain itu harga peralatan olahraga hoki terbilang terjangkau dikalangan pelajar pada saat itu sehingga membuat olahraga hoki semakin terkenal oleh masyarakat Indonesia.

Pengertian Olahraga Hoki

Hoki atau hockey cukup terkenal di negara-negara Eropa dan Amerika. Sama seperti olahraga sepak bola, hoki juga dimainkan oleh 11 pemain dalam setiap tim. Olahraga hoki merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang bertanding satu sama lain, dengan cara mengadu teknik manuver ke gawang lawan menggunakan sebuah tongkat bengkok (stik). Untuk memenangkan permainan ini adalah memperoleh gol terbanyak yang dicetak oleh tim dalam satu pertandingan.


Peraturan Olahraga Hoki

Seperti halnya dengan olahraga lain, olahraga hoki juga memiliki aturan-aturan permainan yang harus diperhatikan sesuai standar permainan hoki dunia. Berikut adalah peraturan-peraturan penting dalam olahraga hoki :

  1. Permainannya menggunakan tongkat hoki atau stik yang ujungnya bengkok untuk menggerakkan bola.
  2. Sikap siap di awal permainan adalah posisi kedua kaki terbuka selebar bahu.
  3. Ada beberapa teknik dalam hoki yaitu, memukul, menahan menggiring, mengoper, dan merebut bola dengan menggunakan stik.
  4. Ada 4 posisi di dalamnya, yaitu attacker, midfielder, defender, dan goalkeeper.
  5. Dilakukan dalam dua babak, masing-masing babak terdiri dari dua kuarter. setiap kuarter dilakukan dalam waktu 15 menit.
  6. Mencetak gol tidak boleh di sembarangan tempat, ada ketentuan wilayah circle khusus untuk wilayah yang sah dalam mencetak gol.
  7. Dilarang dengan sengaja mendorong dan menjatuhkan lawan menggunakan stik atau badan.
  8. Setiap tim bisa memiliki pemain cadangan sebanyak 6 orang.
  9. Seorang pemain dikatakan melakukan foul apabila dengan sengaja melakukan pukulan bola ke arah lawan dengan tujuan mencederai, sengaja menggunakan anggota tubuh untuk memegang bola, mengangkat stik hoki hingga ke atas pinggang, dan memukul lawan menggunakan stik.

Jenis-Jenis Olahraga Hoki

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, olahraga hoki dibagi menjadi dua jenis yaitu hoki lapangan (field hockey) dan hoki es (ice hockey). Di negara-negara tropis seperti Indonesia, hoki lapangan lebih banyak dimainkan karena bisa dimainkan di atas rumput biasa dibandingkan dengan hoki es karena kurangnya fasilitas ice ring untuk bermain hoki es di iklim tropis. Berikut adalah penjelasan mengenai 2 jenis olahraga hoki berdasarkan tempat bermainnya.


Hoki Lapangan (Field Hockey)

Olahraga Hoki Lapangan

Olahraga hoki jenis ini dapat dimainkan dengan menggunakan bola di atas lapangan atau rumput. Permainan ini sangat terkenal yang dapat dimainkan baik oleh pria maupun wanita di sejumlah negara-negara di dunia, terutama pada negara-negara di kawasan Eropa, Asia Selatan, India, Pakistan, Australia, dan New Zealand.

Hoki lapangan dapat dimainkan oleh 11 orang untuk masing-masing tim, termasuk satu orang penjaga gawang.

Hoki Es (Ice Hockey)

Olahraga Hoki Es

Hoki jenis ini dimainkan di atas permukaan es. Olahraga ini dapat dikatakan hampir sama seperti hoki lapangan, hanya berbeda di permukaan lapangannya saja. Hockey es dimainkan oleh 11 pemain dalam setiap tim dengan menggunakan es sebagai permukaan lapangan. Hoki jenis ini lebih banyak dimainkan di benua Amerika dan Eropa.


Gambar Lapangan Hoki Beserta Ukurannya

Lapangan Hoki
Dikutip dari laman resmi Federasi Hoki Internasional (FIH), lapangan hoki memiliki panjang 91,4 m dan lebar 55 m. Untuk standar ukuran gawang adalah tinggi 2,14 m dan lebar 3,66 m.

Teknik-Teknik Dalam Olahraga Hoki

Cara Memegang Stik

Ketika memegang stik, posisi tangan kiri memegang bagian bawah ujung stik dengan bentuk lurus, dimana segaris dengan bagian kepala stik atau dengan jarak sekitar 10cm dari ujung stik disesuaikan dengan tinggi badan pemain. Sedangkan posisi tangan kanan harus berada sedikit dibawah atau rapat dengan tangan kiri dan stik dipegang dengan erat oleh kedua tangan.

Sikap Siap

Sikap siap dalam olahraga hoki dapat dilakukan dengan posisi kedua kaki terbuka selebar bahu. Lalu, lutut sedikit ditekuk dengan posisi badan sedikit membungkuk ke depan dan pandangan mata harus selalu mengikuti jalannya bola. Selalu menjaga posisi tangan tetap memegang stik (push) dan selalu siap dalam menghentikan atau merebut bola dari tim lawan.

Penguasaan Bola

Penguasaan bola dapat dilakukan dengan cara latihan mendorong bola ke depan berjarak 20-30 cm. Dilakukan dengan cara menarik bola ke belakang, kemudian mendorong bola ke kiri dengan cara forehand dan ke kanan dengan cara backhand, kemudian membuat angka delapan dengan menggunakan bola dengan cara mendorong bola ke depan kaki (dengan gerakan angka delapan).

Tapping

Ketika ingin melakukan tapping, bola harus berada dalam jangkauan stik dengan posisi di depan antara dua kaki atau di depan kaki kiri. Setelah itu, lakukan tarikan terhadap stik ke arah belakang sekitar 20-30cm dari bola dan hempaskan stik ke arah bola. Selanjutnya, hadapkan bagian stik yang datar ke arah sasaran dengan batas ayunan kepada stik mencapai lutut.

Stopping

Pada saat ingin menghentikan bola, pemain dapat melakukannya dengan stik yang dipegang oleh kedua tangan. Namun, apabila mengalami kesulitan, lakukan dengan satu tangan saja. Teknik dalam menghentikan bola dibagi menjadi dua, yaitu forehand stop dan backhand stop (reverse stop).

Backhand Pass

Ketika pemain akan mengoper atau menembak bola dari arah kiri ke kanan dengan pukulan keras, maka pemain harus melakukan putaran badan terlebih dahulu kemudian lakukan dengan teknik pukulan biasa. Hal ini dapat dilakukan apabila diperlukan dan memungkinkan terjadinya pukulan.

Menggiring Bola

Ketika melakukan dribbling, posisi bola harus selalu dalam jangkauan stik sekitar satu meter di depan kaki atau sedikit kesamping kanan agar mudah untuk melakukan operan atau tembakan ke gawang lawan. Perlu diketahui pemain harus selalu waspada karena bola dapat terlepas dari kontrol pemain dan dicuri oleh tim lawan.

Memukul Bola

Pada saat ingin melakukan tembakan, pemain harus dalam posisi siap dengan bola yang berada di depan kaki kiri agar berat badan dapat dibantu oleh kaki kiri. Kemudian pada saat melakukan ayunan stik ketika memukul bola, dianjurkan untuk melakukan ayunan pendek sehingga pukulan yang dihasilkan akan lebih keras.

Perlengkapan Yang Digunakan Di Olahraga Hoki

Setiap tim hoki lapangan atau hoki es terdiri dari 11 pemain. Satu orang bertugas sebagai kiper yang menjaga gawang dan 10 orang lainnya bertugas untuk menjaga pergerakan lawan dan berusaha mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Tongkat Pemukul (Stik)

tongkat pemukul hoki lapangan

Berat sebuah stik hoki memiliki batasan tertentu. Adapun ketentuan stik hoki yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: 

  1. Memiliki berat tidak boleh kurang dari 12 ons dan tidak boleh melebihi 23 ons untuk wanita dan 28 ons untuk pria.
  2. Memiliki panjang 97 cm untuk pria, dan 91 cm untuk wanita
  3. Stik harus memiliki bagian permukaan yang rata di sebelah kirinya sampai pegangan (handle).
  4. Kepala stik harus terbuat dari kayu pada bagian sebelah bawah dari sambungan atau kurang lebih di tengah batang stik.
  5. Stik  tidak boleh dilekatkan, disambung, atau dimasukkan logam dan sejenisnya. Hal tersebut tidak dilarang karena dapat membahayakan pemain hoki.
  6. Ujung stik harus berbentuk melengkung, sehingga tidak runcing.

Bola

Bola Yang Digunakan Di Olahraga Hoki
Bola yang digunakan dalam olahraga hoki harus terbuat dari kulit dan dijahit dengan cara seperti membungkus bola cricket yang diwajibkan sesuai dengan standar internasional yaitu: 

  1. Memiliki ukuran minimum 8,8 inch dan maksimumm 9,75 inch 
  2. Berat minimum 5,50 ons dan maksimum 5,75 ons.

Kicker

Kicker merupakan suatu pelindung sepatu yang diikat dengan kuat pada penjaga gawang untuk meminimalisir cedera pada pemain.

Baca Juga :

Protector

Protector merupakan alat tambahan yang dibuat untuk melindungi bagian tubuh dan wajah untuk meminimalisir risiko cedera. Protector juga menjadi alat vital untuk keselamatan para pemain agar pertandingan berjalan dengan baik.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved