5 Teknik Dasar Bulu Tangkis Yang Wajib Dipelajari

Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga favorit yang dapat dilakukan oleh semua usia, mulai dari usia muda hingga tua. Bulu tangkis atau badminton dapat dimainkan secara tunggal (2 orang) atau ganda (pasangan), lalu dimainkan menggunakan raket dan kok (shuttlecock). Untuk dapat memenangkan pertandingan, kamu membutuhkan teknik dasar bermain badminton yang tepat. Teknik dasar bulu tangkis merupakan hal penting yang perlu dikuasai oleh siapapun yang akan memulai mempelajari olahraga ini. Tujuannya, agar kamu dapat bermain dengan baik dan terhindar dari cedera.

Teknik Dasar Memegang Raket

Teknik Memegang Raket Bulutangkis

Sebelum bermain bulu tangkis, kamu harus mengetahui cara memegang raket dengan benar. Jika salah dalam cara memegang raket, tidak hanya pukulan saja yang menjadi tidak tepat sasaran, bahkan juga berisiko membuat tangan cedera. Dalam teknik memegang raket, terdapat 3 jenis teknik memegang raket diantaranya american grip, backhand grip, dan forehand grip. Berikut penjelasannya.

American Grip

Teknik american grip merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menggenggam tangkai raket seperti biasa, lalu memposisikan ibu jari dan telunjuk agar saling bersentuhan sehingga membentuk huruf O

Backhand Grip

Teknik backhand grip merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menggenggam raket yang sama seperti teknik american grip, lalu memposisikan ibu jadi berada di belakang tangkai sehingga ibu jari menjadi tumpuan saat memukul.

Forehand Grip

Jika teknik sebelumnya menggunakan ibu jari sebagai tumpuan utama, teknik yang satu ini menggunakan seluruh jari kecuali ibu jari sebagai tumpuan saat memukul. Teknik ini umumnya digunakan saat melakukan netting atau memukul kok ke arah atas.

Teknik Servis

Teknik Servis Bulutangkis

Dalam badminton, terdapat dua jenis servis, yaitu servis atas dan servis bawah. Berikut penjelasannya:

Servis Atas (High Serve)

Servis atas merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memukul kok menggunakan raket yang posisinya di atas bahu atau kepala. Untuk melakukan servis atas yang baik posisikanlah raket di bawah kok, dan pukullah kok ke arah atas. Saat raket mengenai kok, sebisa mungkin posisinya setara dengan bahu atau lebih tinggi.

Servis Bawah (Low Serve)

Servis bawah merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memukul kok menggunakan raket yang posisinya di bawah bahu atau dada. Untuk melakukan servis atas yang baik, pertama posisikanlah raket secara vertikal di depan dada atau perut. Kemudian saat memukul kok tak perlu terlalu kencang memukulnya, yang penting tepat sasaran. Usahakanlah posisi jaring raket tidak diagonal, karena kemungkinan akan membuat bola melambung dengan ketinggian yang tanggung dan mudah dibalas lawan.

Teknik Smash

Teknik Smash Bulutangkis

Teknik ini merupakan teknik yang terbilang cukup menakutkan di bulutangkis. Tujuan dari pukulan ini adalah untuk mematikan pertahanan lawan. Sekaligus untuk meraih point. Pukulan smash dalam permainan bulu tangkis merupakan pukulan keras dan tajam ke bawah yang mengarahkan ke bidang lapangan lawan. Cara melakukanya teknik ini simple, yaitu pukulah kok yang datang sekuat tenaga.

Baca Juga :

Teknik Drop Shot

Pukulan dropshot bulu tangkis merupakan jenis pukulan yang dilakukan cara dengan mengarahkan kok ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net. Biasanya pukulan drop shot bertujuan untuk mengecoh pemain lawan yang sudah bersiap menerima pukulan smash di wilayah permainannya. Hasil dari pukulan drop shot adalah letak kok di wilayah permainan lawan di dekat net dengan arah menukik sehingga sulit dijangkau pemain lawan.

Teknik Netting

Teknik ini merupakan teknik yang dapat membuat kamu mendapat poin tanpa mengeluarkan tenaga yang besar seperti saat melakukan drop shot atau smash. Dalam melakukannya, kamu membutuhkan intuisi, kecermatan, dan kecepatan. Untuk melakukan teknik ini, kamu harus berada di dekat net dan memantulkan kok di atas net secara tepat. Nantinya, kok tersebut akan jatuh di dekat net area lawan sehingga kamu akan mendapatkan poin tanpa mengeluarkan tenaga yang besar.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved