Permainan Bola Kasti : Sejarah, Pengertian, Peraturan, Peralatan, Dan Ukuran Lapangan

Bola kasti merupakan permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu masing-masing regu terdiri dari 12 orang dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola kasti dengan tongkat. Biasanya permainan kasti dilakukan dilapangan terbuka. Selain merupakan permainan yang menyenangkan, bola kasti pun merupakan olahraga yang menuntut kompetisi antar regunya.

Daftar Isi Artikel Permainan Bola Kasti :

Sejarah Permainan Bola Kasti

Untuk bola kasti sendiri belum diketahui pasti kapan pertama kali bola kasti dimainkan, banyak pihak meyakini bahwa permainan bola kasti sudah lebih dulu ada sebelum baseball. Menurut catatan, bola kasti pertama kali dimainkan di Inggris pada sekitar tahun 1485-1603. Pengetahuan dan penyebarluasan tentang permainan bola kasti didukung dengan adanya buku The Boy yang ditulis William Clarke pada tahun 1828. Buku tersebut berisikan tentang peraturan permainan bola kasti.

Pada tahun berikutnya, diterbitkan juga aturan permainan bola kasti untuk pertama kalinya. Saat itu, Massachusetts membuat aturan Nasional di Boston. Akhirnya, aturan tersebut disusun kembali dan diformalkan oleh Gaelic Athietic Association (GAA) di Irlandia pada tahun 1884.

Sejak saat itu, permainan kasti kemudian berkembang dan mulai banyak dimainkan oleh orang. Sampai akhirnya pada 1943 terbentuklah National Rounders Association di Britania Raya. Asosiasi ini berdiri untuk menaungi olahraga permainan bola kasti dan menjadikannya lebih populer.

Di Indonesia, permainan bola kasti sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Istilah kasti sendiri berasal dari Bahasa Belanda. Di Indonesia, permainan bola kasti sudah ada sejak masa penjajahan Belanda maupun Jepang. Ada yang mengatakan bahwa permainan kasti sudah dimainkan oleh masyarakat pada zaman kerajaan-kerajaan di nusantara, yang turun-temurun dimainkan hingga sekarang. Ada juga yang mengatakan bola kasti di Indonesia dimainkan sejak zaman penjajahan Belanda atau Jepang.

Pengertian Permainan Kasti

Permainan bola kasti merupakan olahraga yang menggunakan media bola kecil dan pemukul yang terbuat dari kayu yang dimainkan secara beregu. Permainan bola kasti juga merupakan permainan tradisional yang mengutamakan kerjasama antar pemain, kekompakan, ketangkasan serta kesenangan. Dalam kasti, pemain dibagi menjadi dua regu salah satu regu mendapat giliran jaga dan satu regu lagi mendapat giliran untuk memukul. Disediakan beberapa pos yang ditandai dengan tiang di mana pemain serang (yang mendapat giliran pukul) tidak dilempar dengan bola. 

Pemain serang bergiliran memukul bola yang diumpan oleh salah seorang pemain jaga. Pemain jaga berjaga di lapangan untuk mencoba menangkap pukulan pemain serang. Ketika bola terpukul pemain serang berlari ke pos berikut atau "pulang" ke "rumah" yang dibatasi dengan sebuah garis. Kalau pemain yang sedang lari menuju pos atau pulang dapat di-"gebok" dia dinyatakan mati dan kedua regu berganti - regu serang jadi regu jaga dan sebaliknya. Pemain serang yang berhasil pulang mendapat satu angka. Regu yang mendapat angka terbanyak ketika pertandingan berakhir dinyatakan menang.

Peraturan Permainan Kasti

  1. Jumlah pemain yang dilibatkan adalah 12 pemain dalam satu tim
  2. Durasi setiap babak permainan berjalan selama 20 hingga 30 menit dengan istirahat 15 menit. Permainan dibagi menjadi dua babak.
  3. Regu penjaga bertugas menangkap bola dan melemparkan bola ke bagian tubuh lawan. Regu ini bisa menempati ruang bebas jika semua pemain regu lawan masih ada di pos yang tersebut. Saat ruang bebas kosong, regu penjaga bisa menguasai ruang bebas dan bertukar posisi jadi tim pemukul.
  4. Tim pemukul, setelah selesai memukul seorang pemukul akan segera berlari dari satu pos ke pos berikutnya sehingga bisa kembali ke ruang bebas. Tongkat pemukul harus berada di area yang diijinkan.
  5. Pelambung, diharuskan melempar bola dengan cara melambung sesuai dengan permintaan pemukul.
  6. Sistem penilaian, pencatatan skor permainan bola kasti adalah nilai 0, 1, dan 2. nilai 0 untuk pemukul yang gagal memukul bola, nilai 1 untuk regu pemukul jika seorang pemukul dapat memukul dengan benar dan rekannya kembali ke ruang bebas, dan nilai 2 untuk regu pemukul jika dapat memukul bola dengan baik dan pemukul bisa kembali ke ruang bebas.
  7. Pergantian posisi bisa terjadi jika salah satu anggota dari regu pemukul terkena lemparan bola oleh regu penjaga, regu penjaga dapat menangkap bola dari pelambung hingga tiga kali berturut-turut, salah satu anggota regu pemukul masuk ke ruang bebas lewat garis belakang, alat pemukul bola lepas saat memukul, dan jika ruang bebas kosong oleh regu pemukul dan dibakar oleh regu penjaga.

Peralatan Permainan Kasti

Tongkat Pemukul Kasti

Tongkat Kasti

Tongkat ini memiliki ukuran panjang kayu 50-60 cm. Penampang bagian tongkat yang berbentuk oval dianjurkan tidak lebih dari 5 cm dan memiliki lebar 3,5 cm. Panjang bagian pegangan tongkat 15-20 cm, ketebalan 3 cm.

Bola Tenis

Bola Tenis Untuk Kasti

Ukuran bola yang diperlukan sebesar 19-20 cm. Massa yang direkomendasikan adalah 70-80 gram.

Baca Juga :

Bendera

Bendera pada permainan bola kasti berfungsi untuk penanda lokasi

Tiang

Terdapat dua jenis tiang yang diperlukan dalam permainan ini, yaitu tiang pada setiap pos dan tiang di ruang bebas. Bahannya dapat terbuat dari, kayu, bambu, atau besi. Tiang ini ditancapkan ke tanah dan memiliki ketinggian setidaknya 1,5 m dari permukaan tanah.

Ukuran Lapangan Bola Kasti

Ukuran Lapangan Kasti

Lapangan bola kasti berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60 meter dan memiliki lebar 30 meter. Di dalam lapangan tersebut terdapat area pelempar (pelambung), pemukul, tempat hinggap 1, 2 dan 3 (pos) serta ruang bebas. Tiap bagian ditandai oleh bendera kecil.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved