Mengenal Sejarah Dan Tugas PBVSI Selaku Induk Organisasi Bola Voli Nasional

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing masing terdiri dari 6 pemain. Permainan bola voli dibagi menjadi 2 jenis yaitu bola voli indoor dan voli pantai. Cara memainkannya sama yaitu dengan memukul bola dan mengharuskan untuk melewati bagian atas net yang berada di tengah lapangan. Hanya tempat memainkannya saja yang berbeda.

Bola voli adalah salah satu permainan yang cukup populer di Indonesia. JIka di dunia ada FIVB, maka di Indonesia ada PBVSI selaku organisasi yang mengatur segala urusan voli tanah air.

Sejarah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau disingkat PBVSI adalah induk organisasi untuk olahraga voli tanah air. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 22 Januari 1955. Ditahun yang sama setelah organisasi ini dibentuk Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia resmi bergabung menjadi anggota FIVB atau Federasi Bola Voli Internasional. Awalnya pada tahun 1955 PBVSI menjadi anggota FIVB hanya sementara saja, namun pada tahun 1958 PBVSI resmi menjadi anggota tetap FIVB.

Awal mula organisasi ini dibentuk adalah ketika bola voli pertama kali dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta tahun 1951. Pada tahun 1954, Ikatan Perhimpunan Volleyball Soerabaia (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID) mengadakan pertemuan untuk membentuk induk organisasi bola voli di Indonesia.

Baca Juga :

Dari pertemuan itulah menghasilkan terbentuknya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau disingkat PBVSI. Wim J. Latumeten adalah orang yang ditunjuk sebagai ketua umum pertama PBVSI.

diketahui saat ini, PBVSI juga tercatat menjadi bagian dari Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) dan ikut serta dalam Kejuaraan Bola Voli Asia sejak 1975. PBVSI selaku organisasi yang mewadahi bola voli Indonesia membentuk kompetisi profesional bola voli di tingkat nasional bernama Proliga pada tahun 2002. Melalui penyelenggaraan kompetisi secara reguler, bola voli nasional memiliki wadah pembinaan serta mengukur pengembangan prestasi secara rutin. Hal tersebut juga membantu tugas lain PBVSI, yakni menyiapkan tim nasional cabang bola voli untuk bertanding di berbagai ajang tingkat regional maupun internasional.

Tugas Dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Tugas organisasi in adalah menyiapkan tim nasional cabang bola voli untuk bertanding dalam tingkat daerah maupun internasional. Selain itu ada juga tugas lain dair PBVSI diantaranya.

  1. Menaungi semua klub voli yang ada di tanah air
  2. Menemukan atlet voli terbaik
  3. Meningkatkan kualitas atlet voli tanah air
  4. Mengadakan kompetisi voli tingkat daerah dan nasional
  5. Mengatur dan mengawasi setiap pertandingan bola voli tanah air
  6. Membawa para atlet terbaik ke kompetisi tingkat internasional

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved