Mengenal Sejarah ITTF Sebagai Induk Organisasi Tenis Meja Internasional

Tenis meja merupakan salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia dan biasaya dimainkan oleh dua orang atau dua tim secara berlawanan di meja khusus. Sama seperti cabang olahraga lainnya, tenis meja juga memiliki induk organisasi. International Table Tennis Federation atau disingkat ITTF merupakan Induk Organisasi Tenis Meja International yang bertugas untuk mengatur segala urusan tentang tenis meja didunia.

Sejarah International Table Tennis Federation

Awal berdirinya induk organisasi tenis meja dunia dimulai dari seseorang asal Jerman bernama Dr. George Lehmen. Ia mendirikan induk organisasi tenis meja atau International Table Tenis Federation (ITTF) pada 15 Januari 1926. Menurut catatan Britannica, ITTF dibentuk oleh sepuluh negara yang terdiri dari Inggris, Selandia Baru, Australia, Austria, Jerman, Hungaria, India, Republik Ceko, Danmark, dan Swedia.

Orang pertama yang menjabat sebagai presiden ITTF yaitu pria asal Inggris bernama Hown Ivor Montagu. Kompetisi tenis meja pertama kali dilaksanakan di London pada 6-11 Desember 1926. Kompetisi ini mulai menyebar ke negara bagian di Eropa pada tahun 1939.

Baca Juga :

Mulai pertengahan 1950, para atlet pingpong dari negara Asia mulai bermunculan. Jepang dan Cina mendominasi gelar juara dalam kompetisi tenis meja tersebut. Seiring berjalannya waktu, tenis meja diperkenalkan sebagai cabang olahraga di Olimpiade sejak 1988, dengan kompetisi tunggal dan ganda putra serta putri.

Pada tahun 1996, ITTF memperkenalkan turnamen tahunan yang disebut ITTF Pro Tour. Pada 2011, ITTF Pro Tour berganti nama menjadi World Tour dan masih berlangsung hingga saat ini.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved