Selain Argentina, Ada 5 Negara Kelas Dunia Lainnya Yang Pernah Dihadapi Timnas Indonesia

Belakangan ini telah ramai dibicarakan tentang Indonesia yang akan bertanding melawan Argentina. Negara yang baru saja menjuarai piala dunia itu kabarnya akan bertanding melawan timnas Garuda di Stadion Gelora Bung Karno. Lewat akun Twitter resmi federasi sepak bola Argentina (AFA) telah mengkonfirmasi bahwa Lionel Messi dan kawan kawan akan melawan Timnas Indonesia pada periode FIFA matchday Juni 2023 pada tanggal 19 Juni mendatang.

Sebelum itu, Timnas Argentina terlebih dahulu akan ke China untuk melawan Timnas Australia pada 15 Juni 2023. Meski begitu, tercatat tanggal 23 Mei 2023 belum ada pengumuman resmi dari PSSI tentang hal ini. Dikutip dari laman resmi FIFA, Argentina menduduki posisi pertama top rangking sepak bola. Sedangkan untuk Indonesia sendiri menduduki posisi 149 top rangking sepak bola. Selain Argentina, Indonesia juga pernah menghadapi tim sepak bola kelas dunia lainnya yaitu.

Belanda

Timnas Belanda

Pada tanggal 7 Juni 2013 pertandingan persahabatan antara timnas Belanda dan timnas garuda dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno. Pertandingan tersebut berhasil dimenangkan oleh Belanda dengan skor 3-0. Pertandingan itu cukup seru bagi pecinta sepak bola tanah air. Apalagi Belanda tidak menyimpan pemain terbaiknya seperti Robin Van Persie, Arjen Robben, Rafael van der Vaar hingga Welsey Sneijder. Mereka turun kelapangan untuk berhadapan langsung dengan timnas garuda.

Uruguay

Timnas Uruguay

Uruguay adalah salah satu negara yang pernah menjuarai piala dunia sebanyak 2 kali yaitu pada tahun 1930 dan 1950. Timnas Indonesia pernah 2 kali melawan Uruguay. Pertama pada tahun 1974 dan yang kedua pada tahun 2010. Pada pertandingan pertama timnas Indonesia melawan Uruguay, hebatnya Indonesia berhasil mengalahkan Uruguay dengan skor 3-2. Namun pada pertandingan kedua di tahun 2010 dengan membawa pemain seperti Luis Suarez, Diego Lugano, Edinson Cavani, dan Walter Gargano. Indonesia mengalami kekalahan telak dengan skor 1-7.

Denmark

Timnas Denmark

Pertandingan antara Indonesia dengan Denmark ini dilakukan di Idraetsparken, Kopenhagen, Denmark pada tanggal 9 September 1974. Dalam pertandingan tersebut Indonesia mengalami kekalahan telak dengan skor 0-9. Kekalahan tersebut sempat tercatat sebagai kekalahan terbesar Timnas Indonesia dalam laga internasional. Rekor itu akhirnya pecah saat Garuda kalah 0-10 dari Timnas Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2014.

Kroasia

Timnas Kroasia

Negara yang sempat menjadi runner up di Piala Dunia 2018 tersebut. Ternyata sebelumnya pernah bertanding melawan Tinmas Indonesia. Timnas Indonesia pernah melawan Kroasia sebanyak 2 kali yang pertama pada tahun 1956 dan yang kedua pada tahun 2022.

Baca Juga :

Pada tahun 1956 Indonesia dikalahkan oleh Kroasia dengan skor 2-4 dan pada tahun 2022 Indonesia kembali dikalahkan dengan skor 2-5.

Yugoslavia

Timnas Yugoslavia

Sebelum terpecah menjadi beberapa negara pada tahun 90an, timnas Yugoslavia adalah tim sepak bola terkuat pada masanya. Tercatat sebanyak 6 kali timnas Indonesia bertemu dengan tim yang satu ini. Hasilnya nya pun tetap sama, selama 6 kali pertemuan tersebut timnas Indonesia selalu mengalami kekalahan melawan Yugoslavia.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved