5 Rekomendasi Olahraga Bagi Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau bisa disebut juga gastroesophageal reflux disease (GERD), adalah penyakit yang ada di dalam tubuh yang sering dialami oleh orang dewasa bahkan ada juga anak anak. Gejala asam lambung sendiri diantaranya kerap dada terasa sakit seperti terbakar, mual atau rasa pahit dimulut.

Gejala gejala asam lambung biasanya terjadi 2 kali seminggu. Selain minum obat, olahraga juga dapat membantu meredakan penyakit asam lambung yang diderita seseorang. Namun sebelum itu, pilihlah jenis olahraga yang tidak memicu terjadinya tekanan berlebih pada perut, seperti olahraga dengan posisi tubuh tegak atau dengan posisi tubuh terlentang. Olahraga dengan posisi terlentang, seperti yoga atau pilates, dapat membantu mengurangi tekanan pada perut dan mencegah asam lambung.

Jalan Kaki

Jalan Kaki

Jalan kaki adalah kegiatan sehari hari manusia yang tanpa kita ketahui memiliki manfaat untuk penderita asam lambung. Walaupun tidak menguras keringat seperti jogging, dengan berjalan kaki mengelilingi lingkungan sekitar dapat mengendalikan penyakit asam lambung. Selain itu, dengan berjalan mengelilingi lingkungan sekitar juga dapat menurunkan stress.

Berenang

Berenang

Berenang adalah kegiatan olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh dalam melakukannya. Gerakan gerakan yang ada pada saat berenang memang dapat mengendalikan penyakit asam lambung. Namun, tidak disarankan untuk perut yang baru saja terisi penuh langsung berenang. Karena pada saat perut penuh dan berenang, justru akan meningkatkan resiko penyakit asam lambung.

Angkat Beban

Angkat Beban

Angkat beban adalah salah satu olahraga yang mengandalkan otot tangan untuk melakukannya. Untuk di olahraga ini disarankan untuk menghindari gerakan yang terlalu membungkuk karena dapat memiliki resiko memperparah penyakit.

Baca Juga :

Yoga

Yoga

Yoga adalah olahraga asal umat hindu yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuhmu. Dengan meregangkan otot di sekitar perut, tekanan di dalam lambung pun akan berkurang.

Bersepeda

Bersepeda

Selain dapat melatih otot perut, paha, betis, dan kaki. Bersepeda yang teratur juga dapat membantu menurunkan dan menstabilkan berat badan dalam mengatasi GERD. Disarankan untuk bersepeda dengan intensitas ringan hingga sedang. Karena jika bersepeda dengan intensitas tinggi atau bersepeda dengan kecepatan tinggi justru dapat memicu gejala penyakit asam lambung.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved