5 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik 2024

Menghabiskan waktu di alam bebas dan menginap dalam tenda camping adalah cara yang sempurna untuk mendapatkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan. Tenda camping adalah salah satu perlengkapan penting bagi para pecinta alam dan petualang yang ingin menjelajahi keindahan alam bebas. Memilih tenda yang tepat adalah langkah awal yang penting untuk menjamin kenyamanan dan perlindungan saat berada di alam bebas.

Namun, dengan begitu banyak jenis dan merek tenda yang tersedia di pasaran, bisa saja menjadi bingung dalam memilih tenda camping sesuai kebutuhanmu. Untuk membantumu membuat keputusan yang tepat, artikel ini akan membuat rekomendasi tenda camping terbaik. Namun sebelum itu ada hal hal yang harus diperhatian ketika memilih tenda camping.

Hal Hal yang harus Diperhatikan Ketika Memilih Tenda Camping

Kapasitas dan Ukuran

Pertimbangkan jumlah orang yang sekiranya akan ada di dalam tenda tersebut. Tenda tenda memiliki kapasitas yang berbeda, seperti tenda untuk satu orang, dua orang, dan seterusnya. Pastikan tenda memiliki ruang yang sesuai dengan kapasitas untuk tidur dengan nyaman dan menyimpan perlengkapan.

Cuaca

Pertimbangkan kondisi cuaca yang sekiranya akan dihadapi selama camping. Jika kamu berencana camping di daerah dengan tingkat turunnya hujan tinggi, pilih tenda dengan bahan tahan air yang baik dan penutup yang kuat untuk melindungimu dari hujan dan angin kencang yang terjadi.

Berat Tenda

Jika kamu berencana melakukan pendakian atau trekking jarak jauh, pertimbangkan berat tenda dan kemudahan dalam membawanya. Tenda ringan akan memudahkanmu dalam perjalanan dan juga tidak mudah merasa lelah saat membawanya, sedangkan tenda yang lebih berat mungkin lebih cocok untuk camping di area yang lebih mudah dijangkau.

Kualitas Tenda

Pastikan tenda memiliki kerangka yang kokoh, tali pengikat yang kuat, dan kualitas jahitan yang baik. Bahan tahan air dan tahan lama akan meningkatkan daya tahan tenda dalam berbagai kondisi alam.

Ventilasi

Penting untuk memilih tenda dengan sistem ventilasi yang baik. Ventilasi yang cukup membantu mengurangi kelembapan dan menghindari kondensasi di dalam tenda, menjaga udara tetap segar dan nyaman.

Quechua Arpenaz 4

Tenda yang dapat menampung sekitar 4 orang ini, memiliki ruang santai seluas 3,9 m2 dengan tinggi tenda sisi dalam 1,40 m. Masing-masing kamar tidur pada tenda ini didesain untuk menampung hingga empat matras dengan lebar 60 cm. Lapisan bagian luar tenda diketahui sudah menggunakan bahan anti-UV dengan UPF 30.

Selain itu, tenda ini juga sudah teruji dapat berdiri kukuh saat diterpa angin berkecepatan 50 km/jam. Bagian luar tenda memiliki water pressure resistant sebesar 2.000 mm.

Untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam tenda, dan mencegah tenda berembun, kami menambahkan lubang palka berventilasi di bagian depan dan belakang tenda, serta jaring kelambu anti nyamuk di sisi belakang. Tenda ini memiliki harga berkisar Rp 1.300.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Quechua Tenda kemah mh100

Quechua Tenda kemah mh100

Masih dimerk yang sama, tenda ini mampu menampung sekitar 2 orang di dalamnya. Tenda ini juga memiliki 1 ventilasi udara tinggi di belakang sehingga akan mengurangi pengembunan. Tenda ini tebukti kokoh karena sudah di uji oleh angin berkecepatan 40 km/jam. 

Struktur kubah yang dapat berdiri sendiri memungkinkan Anda untuk memindahkannya setelah dirangkai untuk menemukan lokasi terbaik.Tenda ini memiliki harga berkisar Rp 539.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Naturehike Wormhole Airpole Tent

Naturehike Wormhole Airpole Tent

Jika tenda yang disebutkan sebelumnya memiliki kapasitas maksimal sekitar 4 orang, tenda yang satu ini mampu menampung sekitar 8 hingga 10 orang di dalamnya. Tenda ini memiliki dimensi 730x315x210/165cm, sehingga sangat wajar mampu menampung banyak orang. Meskipun dapat menampung sekutar 8 hingga 10 orang, tenda ini sangatlah ringan untuk dibawa.

Baca Juga :

Hal tersebut terjadi karena bahan untuk membuat frame nya dari tabung plastik, bukan dari logam seperti produk lainnya. Dengan memiliki kapasitas yang besar tentu untuk harga dari tenda ini tidak murah, tenda ini memilik harga berkisar Rp 15.738.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Tenda Naturehike Tent 2018 3P-Series NH18Z033-P

Tenda Naturehike Tent 2018 3P-Series NH18Z033-P

Tenda yang dapat menampung sekitar 2 hingga 3 orang ini memiliki keunggulan yaitu mudah dipasang dan juga dibekali denga sejumlah fitur yang diperlukan seperti 2 pintu yang lebar, mempermudah akses keluar masuk tenda flysheet bagian depan yang dapat dijadikan kanopi untuk bersantai. Tenda ini memiliki harga berkisar Rp 945.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

Bigadventure Raung Tarp Tent 1 Person

Bigadventure Raung Tarp Tent 1 Person

Tenda yang satu ini merupakan tenda yang cocok untuk kamu yang hobi solo camping. Tenda ini memiliki bobot yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana mana, tenda ini juga menyediakan double layer dan tahan terhadap air.

Namun tenda ini tidak disarankan untuk pemula karena tenda tidak disertai frame sehingga lebih sulit untuk didirikan. Tenda ini memiliki harga berkisar Rp 975.000 (harga bisa saja berubah sewaktu waktu).

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved