7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga Serta Manfaatnya

Olahraga merupakan salah satu aktivitas untuk menunjang kesehatan tubuh seseorang. Namun sebelum olahraga ada hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, yaitu adalah melakukan gerakan pemanasan. Gerakan pemanasan adalah aktivitas yang penting dilakukan sebelum melakukan olahraga.

Karena setiap anggota tubuh kita memerlukan adaptasi untuk setiap aktivitas fisik. Dalam hal pemanasan, berarti kamu sedang mempersiapkan otot kamu untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Jika tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu maka dapat menyebabkan otot otot tubuh menjadi terkejut sehingga dapat menerima risiko seperti cedera otot ketika olahraga. Lalu, apa saja gerakan pemanasan sebelum berolahraga. Berikut merupakan gerakan pemanasan olahraga.

Memutar Kepala

Pemanasan dengan memutar kepala merupakan gerakan pemanasan yang pertama sebelum melakukan aktivitas olahraga. Untuk bisa melakukan gerakan memutar kepala dengan baik dan benar adalah pertama tama posisikan tubuh berdiri tegak, kemudian hadapkan kepala ke depan, setelah itu putar kepala anda searah jarum jam selama hitungan delapan detik. Begitu juga ke arah sebaliknya dengan waktu yang sama.

Memutar Bahu

Memutar Bahu

Setelah gerakan memutar kepala, gerakan pemanasan selanjutnya adalah gerakan memutar bahu. Ketika melakukan kegiatan memutar bahu posisikan tubuh anda seperti kegiatan memutar kepala sebelumnya. Lalu lakukan peregangan dengan memutar bahu ke arah dalam dan ke luar sebanyak delapan putaran.

Memutar Lengan

Gerakan selanjutnya adalah memutar lengan. Caranya adalah pertama - tama rentangkan kedua lengan dan putar kedua lenganmu ke arah dalam, lalu putar juga lenganmu ke arah sebaliknya ke arah dalam dengan masih masing delapan hitungan

Memutar Pinggang

Hal pertama yang harus dilakukan ketika memutar pinggang yaitu. Letakkan kedua tangan di pinggang menyerupai gerakan bertolak pinggang. Kemudian putar pinggang dengan mengikuti arah jarum jam sebanyak delapan kali. Begitu juga dengan arah sebaliknya dengan jumlah hitungan yang sama.

Angkat Kaki

Angkat Kaki

Setelah melakukan pemanasan dari bagian kepala hingga pinggang, selanjutnya pemanasan pada daerah kaki. Hal ini berguna untuk mencegah cedera lutut. Pertama - tama awali dengan mengangkat kaki kanan lalu lutut ditekuk ke depan dengan delapan hitungan. Setelah itu lakukan hal yang sama pada kaki kiri dengan hitungan yang sama.

Memutar Kaki

Pertama - tama lebarkan kaki anda, lalu posisikan kaki kanan anda jinjit, setelah itu kaki yang dalam posisi jinjit putarlah sesuai arah jarum jam selama delapan hitungan. Lakukan hal yang serupa pada kaki kiri dengan hitungan yang sama.

Lompat

Gerakan pemanasan yang terakhir adalah lompat. Pertama - tama posisikan badan lurus ke depan, lalu lebarkan kaki selebar bahu. Setelah itu lompatlah sebanyak sepuluh hitungan.

Manfaat Gerakan Pemanasan

Selain untuk terhindar dari risiko cedera otot, ada juga manfaat lainnya dari gerakan pemanasan. Berikut adalah manfaat dari gerakan pemanasan.

Mengurangi Risiko Nyeri Setelah Olahraga

Mengurangi Resiko Nyeri Setelah Olahraga

Rasa nyeri yang ditimbulkan setelah olahraga akibat tidak melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu akan mengganggu aktivitas sehari - harimu. Risiko tersebut dapat diminimalisir saat anda melalkukan gerakan pemanasan karena gerakan pemanasan akan meningkatkan sirkulasi darah secara optimal ke otot dan sendi.

Baca Juga :

Meningkatkan Fleksibilitas

Pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga dapat meningkatkan fleksibilitas otot. Ketika otot atau tubuh yang fleksibel akan memudahkan tubuh melakukan gerakan olahraga yang lebih berat.

Meningkatkan Aliran Darah

Dengan rutin melakukan pemanasan sebelum olahraga akan membuat peredaran darah di tubuh menjadi lancar. Sehingga, nutrisi yang dikonsumsi dapat menyebar ke seluruh tubuh. Nah, dengan begitu nutrisi yang ada di darah yang mengalir ke otot dapat mencegah rasa nyeri pada saat olahraga dan membuat proses penyembuhan pasca cedera menjadi lebih cepat.

Menjaga Kestabilan Jantung

Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat menjaga detak jantung agar menjadi lebih stabil sehingga sistem jantung maupun pembuluh darah dapat meningkat secara perlahan dan tidak kaget dengan gerakan intens yang dilakukan secara mendadak.

Memelihara Kesehatan Sendi Dan Tulang

Kesehatan Sendi

Ketika melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat meningkatkan kerja serta performa olahraga dan meningkatkan rentang gerak sendi. Tak hanya itu, pemanasan juga dapat memberikan tubuh cairan atau pelumas agar sendi menjadi lebih fleksibel ketika sedang berolahraga.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved