7 Penyebab Cepat Lelah Saat Berolahraga

 Olahraga adalah kegiatan penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, banyak orang sering mengalami kelelahan saat berolahraga terutama jika mereka tidak memiliki kebiasaan berolahraga. Jika seseorang tidak memiliki kebiasaan berolahraga secara teratur, tubuhnya mungkin tidak terbiasa dengan aktivitas fisik yang intens.

Dalam hal ini, otot-otot dan sistem kardiovaskular tidak efisien dalam memproduksi energi yang diperlukan untuk berolahraga, sehingga cepat merasa lelah. Jika merasa cepat lelah saat olahraga maka tidak mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga yang dilakukan.

Pola Makan Tidak Seimbang

Pola Makan Tidak Seimbang

Pola makan yang tidak seimbang dan kurangnya asupan nutrisi yang tepat dapat menyebabkan cepat lelah saat berolahraga. Tubuh membutuhkan bahan bakar yang cukup, seperti karbohidrat dan protein, untuk memberikan energi yang diperlukan selama aktivitas fisik.

Jika seseorang tidak mengonsumsi makanan yang seimbang sebelum berolahraga atau jika asupan nutrisinya tidak memadai, maka mereka mungkin akan merasa lelah lebih cepat.

Tidak Cukup Istirahat

Kurangnya istirahat juga dapat menjadi penyebab cepat merasa lelah saat berolahraga. Kementerian Kesehatan Indonesia menyarankan waktu tidur yang cukup setidaknya 6-8 jam. Jika kurang dari itu, maka kamu memiliki kemungkinan untuk merasa cepat lelah saat olahraga.

Kurangnya istirahat atau pemulihan yang cukup setelah berolahraga dapat memiliki efek negatif pada tubuh dan kinerja olahraga. Jika tubuh tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, maka tubuh akan lebih cepat lelah. Selain itu, kurangnya istirahat juga dapat menurunkan kekuatan dan daya tahan, serta penurunan performa seluruh tubuh.

Dehidrasi

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab cepat lelah saat berolahraga. Ketika tubuh kehilangan banyak cairan melalui keringat, fungsi fisiologis terganggu, termasuk transportasi nutrisi dan oksigen ke otot-otot. Hal ini dapat menyebabkan penurunan energi dan peningkatan kelelahan selama aktivitas fisik.

Kekurangan Zat Besi

Saat tubuh kekurangan zat besi, jumlah hemoglobin dan jumlah sel darah merah dapat menurun sehingga menyebabkan tubuh merasa cepat lelah. Jumlah zat besi yang rendah dapat menurunkan kadar oksigen yang beredar dalam tubuh. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen yang dibutuhkan saat berolahraga, dapat merasa cepat lelah saat berolahraga.

Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan penurunan kapasitas aerobik, yang merupakan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen secara teratur selama aktivitas fisik. Pada akhirnya, tubuh menjadi lebih cepat lelah.

Kurangnya Karbohidrat

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber utama energi yang digunakan oleh tubuh selama aktivitas fisik. Saat kita berolahraga, tubuh menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar untuk memproduksi energi yang diperlukan dalam bentuk glukosa.

Baca Juga :

Jika asupan karbohidrat tidak mencukupi sebelum berolahraga atau selama aktivitas fisik yang intens, maka sumber energi yang tersedia akan terbatas. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi asupan karbohidrat seperti roti gandum, nasi merah, atau pasta.

Kurangnya Pemanasan

Pemanasan sebelum berolahraga sangat penting untuk mempersiapkan tubuh secara fisik dan mental. Kurangnya pemanasan dapat membuat otot dan sendi kaku, sehingga mengurangi efisiensi gerakan dan menyebabkan cepat lelah. Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan pemanasan yang melibatkan gerakan-gerakan ringan seperti stretching dan peregangan otot untuk mempersiapkan tubuh Anda sebelum memulai olahraga.

Belum Terbiasa Olahraga

Belum Terbiasa Olahraga

Jika kamu baru pertama kali memulai olahraga, merasa lelah lebih cepat dapat terjadi. Penyebabnya karena tubuh masih beradaptasi dengan perubahaan. Kondisi ini tak perlu dikhawatirkan, kamu hanya perlu membiasakan diri dengan perlahan dan meningkatkan durasi atau intensitas yang lebih berat. Meski demikian, pastikan kondisi atau kapasitas tubuh sesuai dengan olahraga yang dilakukan. Jangan dipaksakan, jika tubuh merasa lelah maka istirahatlah sejenak.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved