Cara Melakukan Senam Kegel Serta Manfaat Yang Didapat Dari Senam Kegel

 Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat senam di antaranya adalah menjaga kebugaran, menambah kekuatan dan kelenturan, meningkatkan daya tahan, serta membantu membentuk tubuh menjadi ideal. Selain itu, ada juga yang namanya senam kegel.

Senam kegel adalah gerakan yang bertujuan untuk menguatkan serta mengencangkan otot otot daerah intim. Senam ini diciptakan oleh seorang dokter yang berasal dari Amerika bernama dr Arnold Henry Kegel pada tahun 1940. Bagi kamu yang ingin melakukan senam kegel tapi tidak tahu caranya bagaimana, berikut merupakan cara melakukan senam kegel.

Cara Melakukan Senam Kegel

Cara melakukan senam kegel tergolong mudah dan tidak ribet memerlukan peralatan apapun. Kamu dapat melakukan gerakan ini sambil berdiri ataupun duduk. Berikut caranya.

  1. Kencangkanlah otot panggul seperti sedang menahan keinginan untuk buang air kecil dan tahan selama 5 detik.
  2. Pada tersebut, usahakan untuk tetap bernapas dan tidak mengencangkan otot perut, paha, dan bokong. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 4 hingga 5 kali berturut-turut.
  3. Jika sudah terbiasa, tingkatkan durasinya yang awalnya 5 detik menjadi 10 detik atau lebih.
  4. Setelah itu, lemaskan kembali otot panggul selama tiga detik.
  5. Lakukan senam kegel setidaknya 4 hingga 6 kali sehari.

Manfaat Senam Kegel

Meskipun gerakannya sederhana dan praktis, senam ini memiliki manfaat bagi tubuh jika dilakukan secara rutin.

Mempermudah Proses Persalinan

Mempermudah Proses Persalinan

Senam kegel dapat membuat otot panggul menjadi lebih elastis dan kuat sehingga dapat mempermudah proses pembukaan jalan lahir. Sehingga biasanya sebelum proses persalinan ibu hamil dianjurkan untuk melakukan senam ringan atau senam kegel agar mempermudah proses persalinan.

Mengencangkan Otot Vagina

Persalinan normal dan bertambahnya usia seorang dapat menyebabkan elastisitas dan kekuatan otot vagina akan melemah. Meski begitu, melemahnya elastisitas vagina setelah persalinan hanya bersifat sementara dan dapat pulih kembali. Namun pemulihan tersebut dapat dipercepat dengan cara melakukan senam kegel.

Meningkatkan Performa Seksual

Senam kegel dapat membantu pria untuk orgasme dengan lebih baik. Dengan begitu, performa dan kepuasan yang dialami seorang pria ketika berhubungan seksual akan meningkat.

Baca Juga :

Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

Dengan melakukan senam kegel akan membuat otot panggul kuat sehingga dapat mengatasi ejakulasi dini pada seorang pria.

Meredakan Masalah Kesehatan Selama Hamil

Meredakan Masalah Kesehatan Selama Hamil

Dengan melakukan senam kegel, dapat meredakan berbagai macam penyakit yang kerap dialami ibu hamil seperti nyeri punggung, nyeri buang air kecil atau saat berhubungan seksual, susah buang air besar, hingga inkontinensia tinja.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved