Esports : Pengertian, Jenis, Perkembangan, Dan Tujuan

Dalam beberapa dekade terakhir, dunia game telah berkembang pesat menjadi sebuah fenomena global yang dikenal sebagai esports. Esports, singkatan dari Electronic Sports, merujuk pada kompetisi profesional dalam berbagai permainan video yang melibatkan pemain-pemain terbaik di dunia. Bukan lagi sebagai hobi semata, orang yang bermain game dapat membangun karirnya di bidang esports.

Terdapat berbagai macam kompetisi esports di dunia seperti, League of Legends World Championship, Fornite World Cup dan lain lain. Di Indonesia, terdapat kompetisi esports yang populer yaitu dari game Mobile Legends bernama Mobile Legends Bang Bang Professional League (MPL). Selain itu, ada juga kompetisi kompetisi esports lainnya yang tak kalah populer dengan Mobile Legends. Esports ini juga merupakan cabor yang tak kalah populer dengan olahraga pada umumnya.

Bedasarkan laporan dari Newzoo (sebuah perusahaan analisis pasar) terdapat 380 juta penonton esport diseluruh dunia pada tahun 2018 lalu. Angka tersebut bisa saja terus meningkat mengingat develover game semakin banyak sehingga tidak menutup kemungkinan jika penggemarnya pun ikut meningkat.

Dalam komunitas esports, pemain diakui layaknya seorang atlet seperti atlet olahraga pada umumnya. Atlet esports juga menjalani beberapa latihan intensif layaknya seorang atlet olahraga pada umumnya. Lalu apa sih esport itu

Pengertian Esports

Pengertian Esports

Esport atau olahraga elektronik adalah cabang olahraga yang melibatkan video game sebagai medianya. Biasanya di esport terdiri dari beberapa kelompok untuk memainkannya. Terdapat berbagai macam game yang dijadikan sebagai kompetisi esports seperti pada game Mobile Legends, League Of Legend, Point Blank, PUBG Mobile dan lainnya.

Jenis Jenis Esports

Jenis Jenis Esports

Esports sendiri terdiri dari beberapa gendre. Dikutip dari thegamehaus.com, game berbasis olahraga yang populer saat ini adalah:

Baca Juga :

  • MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) : Dota 2, League of Legends, dan Mobile Legends
  • RTS (Real-Time Strategy) : Starcraft
  • FPS (First Person Shooter) : CS:GO, Valorant, dan Call of Duty
  • Fighting Games : Tekken dan Mortal Kombat
  • MMORPG (Mass Multiplayer Online Role Playing Games) : Final Fantasy dan World of Warcraft
  • Sports : FIFA, eFootball (PES), NBA 2K, hingga NFL Madden

Sedangkan menurut developer game, ada dua jenis esports yaitu:

  • Developer yang tidak aktif menyelenggarakan turnamen untuk game yang mereka buat menyerahkan sepenuhnya kepada komunitas selama mereka meminta izin, seperti Microsoft dan Nintendo.
  • Developer yang aktif mengatur dan membuat turnamen untuk game yang mereka buat dan mengizinkan komunitas untuk menyelenggarakan turnamen mereka sendiri seperti B. Riot Games, Valve Corporation, dan Activision Blizzard.

Perkembangan Esports Di Indonesia

Perkembangan Esports Di Indonesia

Di Indonesia, popularitas e-sports pertama kali muncul pada tahun 2014 ketika Indonesia mengirimkan tim Dota 2 ke Kejuaraan Dunia Dota 2 di Seattle. Meskipun tim tersebut tidak sampai memenangkan kompetisi, namun sejak saat itu nama esports Indonesia mulai diangkat oleh dunia.

Sejak saat itu, industri e-sports di Indonesia semakin berkembang dan banyak perusahaan mulai terlibat dalam industri ini. Pada tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, di mana e-sports pertama kali diadakan di ajang kompetisi resmi, game yang dijadikan sebagai kompetisi di Asean Games 2018 salah satunya adalah Arena Of Valor. E-sports dipertandingkan sebagai ajang uji coba, dan acara ini memperlihatkan potensi besar dari e-sports sebagai bentuk olahraga kompetitif.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga semakin terlibat dalam industri e-sports dan mengakui e-sports sebagai bentuk olahraga yang sah. Pada tahun 2020, Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia secara resmi mengakui e-sports sebagai cabang olahraga yang tergabung dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Dalam beberapa tahun terakhir, turnamen e-sports di Indonesia juga semakin sering digelar dan menarik banyak penggemar. Beberapa turnamen e-sports terbesar di Indonesia termasuk Indonesia Games Championship (IGC), Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL), dan PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC).

Tujuan Diadakannya Esports

Tujuan Esports

Tujuan diadakannya esports yaitu agar mempromosikan game kepada masyarakat luas dan juga mempertahankan eksistensi game tersebut. Selain itu kamu juga dapat berkarir di dunia esports seperti menjadi streamer, atlet esports, manager bahkan coach sekalipun.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved