Kebugaran Jasmani : Pengertian, Unsur, Dan Manfaat

Kebugaran jasmani adalah kebutuhan yang harus terpenuhi agar dapat menjalankan segala aktivitas kehidupan sehari-hari dengan baik. Dengan memiliki kebugaran jasmani, maka tubuh bisa beraktivitas dengan lancar dan penuh stamina. Tujuan utama kebugaran jasmani adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

Jasmani atau tubuh yang terjaga kebugarannya memungkinkan kamu beraktivitas tanpa mudah merasa lelah. Semakin bugar tubuhmu, maka kesehatan tubuhmu semakin terjaga. Ada juga manfaat lain dari menjaga kebugaran jasmanimu yaitu, bisa terhindar dari segala penyakit, mencegah depresi, dan bisa memiliki respons tubuh yang sigap. Berikut pengertian kebugaran jasmani beserta unsur, dan manfaatnya.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

Secara umum, kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menjalankan segala aktivitas di kehidupan sehari - hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan juga masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lainnya. Kebugaran jasmani merupakan kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya.

Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka semakin bagus juga kemampuan kerja fisiknya. Selain kondisi kesehatan yang stabil, latihan kebugaran jasmani akan membuat tubuh terasa lebih segar. Dengan latihan, maka daya tahan tubuhmu bisa semakin meningkat. Jadi, semakin sering kamu berolahraga semakin membuat tubuhmu menjadi tidak mudah lelah.

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Terdapat 7 unsur kebugaran jasmani, berikut penjelasannya :

Kekuatan (Strength)

Kekuatan (Strength) merupakan kemampuan otot tubuh untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Bentuk latihan yang cocok untuk mengembangkan kekuatan (balance) diantara lain adalah mengangkat beban, mendorong atau menarik beban.

Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan (Endurance) merupakan kemampuan seseorang yang mampu beraktivitas dalam jangka waktu yang relatif lama tanpa merasa lelah yang berlebih. Beberapa latihan yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan detak jantung, diantaranya yaitu jogging, bersepeda, dan berenang.

Kecepatan (Speed)

Kecepatan (Speed) merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya secara cepat. Latihan yang cocok untuk meningkatkan kecepatan yaitu lari cepat mulai dari jarak 50m, 100m, hingga 200m.

Daya Lentur (Flexibility)

Daya lentur merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari hari tanpa rasa nyeri. Jika tubuh memiliki kelenturan tubuh yang baik, maka semakin kecil juga resiko untuk cedera. Latihan yang cocok untuk meningkatkan daya lentur tubuh salah satunya adalah senam yoga.

Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan (Balance) merupakan kemampuan tubuh yang mampu bertahan dari suatu tekanan atau beban dari badan saat sedangmelakukan gerakan fisik. Latihan yang cocok untuk meningkatkan keseimbangan tubuh yaitu melakukan gerakan sikap lilin atau berdiri dengan satu kaki.

Baca Juga :

Kelincahan (Agility)

Kelincahan (Agility) merupakan kemampuan tubuh untuk bergerak secara cepat dan tepat tanpa kehilangan keseimbangan. Latihan yang cocok untuk melatih kelincahan tubuh yaitu lari naik turun tangga atau squat jump.

Reaksi (Reaction)

Reaksi (Reaction) adalah kemampuan seseorang untuk bertindak atau menangkap rangsangan dengan cepat. Contohnya, seperti seorang kiper yang harus sesegera mungkin menangkap bola yang ditendang oleh lawan. Jika terlambat 1 detik saja, bisa saja bola masuk ke gawang. Untuk melatih kemampuan ini kamu dapat melakukan lempar tangkap bola.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat dari kebugaran jasmani :

  1. Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Meningkatkan kekuatan otot serta kecepatan
  4. Meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, dan fungsi jantung
  5. Mengurangi resiko kelebihan berat badan/obesitas
  6. Mencegah penyakit jantung
  7. Menjaga kesehatan tulang
  8. Mengatasi depresi

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved