Lari Gawang : Pengertian, Teknik Dasar, Ukuran Gawang, Dan Peraturan

Lari merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari orang. Lari termasuk kedalam cabang olahraga atletik. Atletik sendiri diartikan sebagai kegiatan jasmani yang terdiri dari gerakan gerakan dasar seperti, jalan, lari, lompat, dan lempar. Atletik juga bisa dikatakan sebagai ibu dari segala cabang olahraga karena mengandung berbagai unsur gerakan sehari-hari. Olahraga lari terdiri dari beberapa cabang salah satunya lari gawang.

Lari gawang merupakan olahraga lari sambil melompati rintangan berupa gawang dari start hingga finish. Cabang olahraga ini dipertandingkan di berbagai kejuaraan di tingkat nasional dan internasional.

Pengertian Lari Gawang

Pengertian Lari Gawang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lari gawang adalah cabang olahraga lari yang mengharuskanmu untuk berlari sambil melompati rintangan berupa gawang. Jarak lintasan lari gawang untuk putri 100 meter dan 110 meter untuk putra. Ada juga jarak lintasan lari 400 meter untuk putra dan putri.

Teknik Dasar Lari Gawang

Teknik Start

Teknik start di lari gawang diawali dengan start jongkok. Setelah itu terdapat aba aba yaitu bersedia, siap, ya. Kata ya itu menandakan bahwa pertandingan sudah dimulai dan mengharuskan untuk berlari. Di pertandingan tingkat nasional maupun internasional, biasanya kata ya tersebut di ganti dengan suara tembakan.

Saat mendekati gawang, posisi pinggang harus diangkat tinggi. Sementara itu, posisi lutut kaki depan ditekuk kurang lebih 90-95 derajat dan lutut kaki belakang lurus. Selain itu, posisi tumit diangkat tinggi.

Teknik Saat Di Atas Gawang

Ketika melompat dan badan sedang di atas gawang, badan harus dicondongkan ke depan serendah mungkin dan lutut mulai sedikit ditekuk. Sementara itu, lutut dan telapak kaki belakang diputar ke arah luar. Setelah kaki depan melewati gawang, maka pelari harus mendarat dengan posisi lurus.

Teknik Mendarat

Saat kaki sudah menginjak tanah, kaki depan harus dalam keadaan lurus sementara lutut kaki belakang tetap ditekuk dan terangkat tinggi agar langkahnya bisa tetap leluasa. Posisi badan bungkuk ke depan agar meringankan langkah kaki.

Baca Juga :

Ukuran Gawang Lari Gawang

Ukuran Gawang

Dalam olahraga lari, gawang merupakan hal yang penting ada karena pelari akan melewati gawang tersebut. Jika gawang tersebut tidak ada berarti hanya lari biasa. Ukuran gawangnya pun tidak semua sama, setiap jarak lari terdapat ukurannya masing masing.

  1. Jumlah gawang dalam sebuah ajang perlombaan lari gawang setidaknya memiliki 80 buah.
  2. Tinggi gawang terdiri dari 4 macam yaitu :
    • Nomor 110 meter putra: 1,067 meter
    • Nomor 100 meter putri: 0,840 meter
    • Nomor 400 meter putra: 0,914 meter
    • Nomor 400 meter putri: 0,762 meter
  3. Berat gawang maksimal 10 kilogram.
  4. Panjang gawang bagian dasar maksimal 0,7 meter dan lebar 1,2 meter.
  5. Lebar palang kayu 7 cm, tebal 1-2 cm, dan dibentuk bulat agar tidak tajam.

Peraturan Lari Gawang

Peraturan ini dibuat oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) selaku organisasi resmi yang menaungi seluruh olahraga atletik di Indonesia diantaranya.

  1. Pelari akan didiskualifikasi jika menjatuhkan gawang menggunakan kaki maupun tangan dengan sengaja
  2. Pelari akan didiskualifikasi jika menarik kaki di luar bidang horizontal bagian atas gawang saat melompatinya.
  3. Perlari harus berlari dimasing-masing lintasannya dan dilarang untuk masuk lintasan lain atau melalui gawang pelari yang lainnya.
  4. Setiap peserta harus melewati 10 gawang, baik dengan jarak 400 meter, 100 meter ataupun 110 meter.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved