Mengenal Pound Fit, Olahraga Penurun Berat Badan

Pound fit mungkin merupakan salah satu olahraga yang tidak semua orang tau di Indonesia. Pound fit adalah gerakan yang dilakukan seperti sedang bermain drum menggunakan stik khusus bernama Ripstix selama kurang lebih 45 menit. Kabarnya olahraga ini tengah populer di beberapa kalangan masyarakat karena dapat membakar hingga 900 kalori. Gerakan gerakan yang ada dalam olahraga ini terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates.

Cara Melakukan Pound Fit

Cara Melakukan Pound Fit

Dikutip dari bola.com, terdapat empat gerakan dasar yang perlu dikuasai jika kamu ingin melakukan latihan ini, di antaranya:

  1. Set : gerakan menyerupai deep squat dengan gerakan jongkok dan pinggul yang sejajar dengan lutut. Kedua tangan memegang ripstix.
  2. Lunges : kaki kiri yang ditekuk ke depan dan kaki kanan ditekuk ke belakang, kemudian punggung tetap tegak dan kedua tangan di angkat ke atas.
  3. Kit : duduk dengan punggung yang tegak dengan kedua kaki yang ditekuk ke atas hingga menekan otot perut.
  4. Thigh and Asset : tidur telentang dengan mengangkat punggung bawah dan kaki yang ditekuk.

Untuk pemula, sebaiknya mengikuti kelas pound fit dengan pelatih profesional agar dapat melakukan berbagai gerakan dengan benar.

Manfaat Olahraga Pound Fit

Meskipun gerakan yang ada dalam olahraga pound fit ini terbilang cukup sederhana, namun terdapat manfaat yang baik untuk tubuh yaitu.

Baca Juga :

Menurunkan Berat Badan

Olahraga pound fit termasuk kedalam olahraga kardio. Oleh karena itu olahraga ini mampu membakar hingga 900 kalori untuk per jamnya. Hal ini dikarenakan pound fit juga menggerakkan otot-otot yang jarang digunakan sehingga pembakaran kalori cukup maksimal.

Menguatkan Otot Bagian Tengah Tubuh

Banyaknya gerakan memutar dan gerakan membungkuk, akan bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan sekitarnya serta memperkuat jaringan ikat. Selain itu, olahraga ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan pinggang dan paha yang lebih ramping.

Meningkatkan Suasana Hati

Olahraga pound fit memiliki manfaat untuk memperbaiki moodmu. Gerakan yang dilakukan serta iringan lagu pada olahraga ini, dapat membantu menghasilkan hormon endorfin yang membuat perasaan kamu merasa senang dan bahagia.

Meningkatkan Fokus dan Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Segala bentuk olahraga dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat. Olahraga pound fit melibatkan pergerakan setiap bagian tubuh pada saat yang sama. Selain itu, fokus kepada gerakan layaknya memukul drum dapat membuat konsentrasi menjadi lebih baik.

Membantu Pemulihan Pasien Selama Menjalani Terapi Fisik

Pound fit ini dapat digunakan sebagai terapi bagi pasien yang sedang menjalani terapi fisik untuk mempercepat pemulihan mereka. Meski begitu, kondisi dan kemampuan sang pasien harus diperhatikan. Jangan memaksa jika tidak mampu melakukan olahraga pound fit.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved