Senam Ritmik : Pengertian, Unsur Senam, Gerakan, Dan Manfaat

Senam adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat baik dari muda hingga tua dapat melakukannya. Pada dasarnya, terdapat empat jenis senam yaitu senam lantai, senam irama, senam aerobik, dan senam ritmik. Senam ritmik atau bisa disebut juga dengan senam irama termasuk ke dalam cabang olahraga senam artistik.

Jenis olahraga senam ini termasuk dalam kategori olahraga senam, yang merupakan cabang olahraga dengan melibatkan gerakan yang membutuhkan kecepatan, kekuatan, serta keserasian gerakan fisik yang teratur.

Pengertian Senam Ritmik

Senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan cara mengikuti irama musik. Gerakan senam ritmik termasuk ke dalam kategori senam artistik, yang artinya gerakan yang memperhatikan keindahan saat melakukannya.

Tak hanya digunakan untuk menjaga kesehatan, senam ritmik juga kerap di pertandingan pada tingkat nasional maupun internasional, seperti Sea Games, dan Olimpiade. Senam ritmik dapat dilakukan secara perorangan, pasangan atau kelompok.

Unsur Senam Ritmik

Dalam senam ritmik, terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Keindahan
  2. Keseimbangan
  3. Keluwesan
  4. Keserasian gerakan
  5. Ketepatan irama

Gerakan Senam Dengan Alat Yang Digunakan

Gerakan Senam Menggunakan Alat

Senam ritmik ini dapat dikombinasikan dengan menggunakan alat-alat, seperti bola, pita, dan tali.

Bola

Bola merupakan salah satu alat yang banyak digunakan dalam senam ritmik. Bola yang digunakan juga dapat dipilih mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar. Biasanya bola digunakan dengan cara melempar bola lalu menangkapnya di sela sela saat melakukan gerakan senam ritmik.

Pita

Pita yang biasanya digunakan dalam senam ritmik ini biasanya memiliki panjang 6 meter dan pita tersebut dipasang di sebuah tongkat. Biasanya pita digunakan dengan cara menganyunkan hingga memutar dengan indah.

Baca Juga :

Tali

Tali yang digunakan dalam senam ritmik ini biasanya disesuaikan dengan tinggi badan pesenam. Penggunaan tali dalam senam ritmik ini kurang lebih seperti pita.

Manfaat Senam Ritmik

Meningkatkan Konsentrasi

Senam ritmik merupakan senam yang gerakannya mengikuti irama musik. Oleh karena itu, senam ritmik dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Karena ketika sedang melakukan gerakan senam, maka pesenam akan memperhatikan musik dengan gerakannya agar seirama.

Melenturkan dan Menguatkan Otot Tubuh

Ketika senam ritmik dilakukan secara rutin, maka tubuh akan terbiasa dengan melakukan gerakan. Dengan begitu akan membuat otot tubuh lebih kuat dan lebih lentur. Ketika otot tubuh lebih kuat, maka akan meminimalisir risiko cedera otot dan kekakuan tubuh.

Menghilangkan Stress

Munculnya perasaan riang gembira pada saat melakukan senam ritmik menjadi alasan untuk menghilangkan stress yang ada dalam pikiran.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved