Mengenal Capoeira, Seni Bela Diri Tarung Asal Brasil

 Seni bela diri adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari bahaya yang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Terdapat berbagai macam jenis seni bela diri yang ada di dunia mulai dari karate, pencak silat, teakwondo. Tidak semua seni bela diri memiliki latar belakang dan teknik yang sama. Terdapat salah satu seni bela diri yang unik yaitu Capoeira. Dalam artikel kali ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang seni bela diri capoeira. Berikut pembahasannya.

Pengenalan Capoeira

capoeira

Capoeira merupakan sebuah olahraga bela diri yang berasal dari Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan. Pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik atau disebut Jogo. Capoeira sering dikritik karena banyak orang meragukan keampuhannya dalam pertarungan sungguhan, dibanding seni bela diri lainnya seperti Karate atau Taekwondo.

Sejarah Capoeira

Capoeira adalah sebuah sistem bela diri tradisional yang didirikan di Brasil oleh budak-budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brasil untuk bekerja di perkebunan-perkebunan besar. Pada zaman dahulu mereka melalukan latihan dengan diiringi oleh alat-alat musik tradisional, seperti berimbau (sebuah lengkungan kayu dengan tali senar yang dipukul dengan sebuah kayu kecil untuk menggetarkannya) dan atabaque (gendang besar), dan ini juga lebih mudah bagi mereka untuk menyembunyikan latihan mereka dalam berbagai macam aktivitas seperti kesenangan dalam pesta yang dilakukan oleh para budak di tempat tinggal mereka yang bernama senzala.

Ketika seorang budak melarikan diri ia akan dikejar oleh "pemburu" profesional bersenjata yang bernama capitães-do-mato (kapten hutan). Biasanya capoeira adalah satu-satunya bela diri yang dipakai oleh budak tersebut untuk mempertahankan diri. Pertarungan mereka biasanya terjadi di tempat lapang dalam hutan yang dalam bahasa tupi-guarani (salah satu bahasa pribumi di Brasil) disebut caá-puêra – beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa inilah asal dari nama seni bela diri tersebut.

Teknik Capoeira

capoeira adalah

Capoeira adalah seni bela diri yang berasal dari Brasil yang menggabungkan unsur tarian di dalamnya dengan iringan musik. Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam capoeira.

Ginga

Gerakan dasar dalam capoeira dimulai dari "ginga" yang merupakan gerakan kuda kuda dari seni bela diri ini. Gerakan ini berbeda dengan posisi berhenti yang merupakan karakteristik dari karate, taekwondo, dan pencak silat. Ginga dimulai dari posisi paralel,yaitu posisi seperti duduk tanpa kursi, kemudian tarik kaki kiri kebelakang, bersamaan dengan tangan kanan kedepan, ulangi dengan posisi paralel kemudian tarik kaki kanan kebelakang dan tangan kiri kedepan.

Passape

Teknik ini merupakan gerakan sapuan yang dapat digunakan untuk menyerang dan bertahan. Capoeiristas perlu menguasai teknik ini karena akan menjadi dasar untuk beberapa kombinasi gerakan potensial. Pada teknik ini, gerakan difokuskan pada lengan dan kaki yang ditekuk dengan punggung yang membungkuk.

Queixada

Teknik ini merupakan tendangan yang kuat yang bertujuan untuk mengenai rahang lawan. Teknik ini ditujukan untuk capoeiristas yang berpengalaman dan berencana untuk memberikan banyak kerusakan. Saat menendang dengan "queixada," melompat pada kaki belakang untuk menjaga keseimbangan sambil menggerakkan kaki depan ke atas.

Esquiva Lateral

Teknik ini digunakan untuk menghindari serangan. Pada teknik ini, gerakan difokuskan pada kaki yang bergerak ke samping.

Au

Teknik ini merupakan gerakan seperti cartwheel yang dapat digunakan untuk menyerang dan bertahan. Pada teknik ini, gerakan difokuskan pada lengan dan kaki yang ditekuk dengan punggung yang membungkuk

Armada

eknik ini fokus pada tendangan memutar dan gerakan ini termasuk dalam kategori gerakan akrobatik yang memukau. Armada dapat berupa Rabo-de-Arraia tanpa tangan pendukung di lantai (kepala turun di bawah pinggang dan tendangan yang dieksekusi dengan tumit), atau spinning inside to outside crescent kick. Teknik ini juga dapat dikombinasikan dengan teknik Ginga, Au, atau teknik lainnya dalam capoeira

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved