7 Macam Teknik Servis Dalam Bulu Tangkis Yang Wajib Dipelajari

Badminton atau sering disebut bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang digemari di Indonesia. Setidaknya, olahraga ini menjadi olahraga nomor 2 yang digemari setelah sepakbola. Olahraga bulu tangkis bukan hanya sekadar tentang adu kecepatan dan kelincahan saja. Dalam permainan ini terdapat banyak teknik yang perlu dipelajari terlebih dahulu, salah satunya yaitu servis bulu tangkis. Servis merupakan pukulan awal dalam permainan bulu tangkis untuk menerbangkan kok (shuttlecock). Pukulan ini merupakan teknik untuk pembuka permainan. Teknik servis sangat penting dan perlu dikuasai oleh pemain bulu tangkis. 

Berikut merupakan teknik-teknik servis pada bulu tangkis.

Servis Panjang

Servis Panjang Dalam Bulu Tangkis

Servis panjang merupakan teknik bulu tangkis dengan memukul shuttlecock setinggi dan sejauh mungkin ke wilayah lawan. Teknik servis ini membutuhkan banyak tenaga. Selain itu, pemain harus mengayunkan raket dari arah belakang ke depan dengan sempurna. Jenis servis panjang ini sangat cocok dilakukan saat lawan kehabisan tenaga. Dengan begitu, ia terpaksa mengeluarkan banyak tenaga untuk mengejar shuttlecock. 

Berikut merupakan cara untuk melakukan servis panjang :

  1. Pertama tama atur posisi salah satu kaki, baik kaki kanan atau kaki kiri kamu di depan kaki satunya.
  2. Selanjutnya, peganglah raket sambil mengarahkannya ke belakang setinggi bahu. Lalu, pukul shuttlecock setelah ayunan sampai di bagian depan tubuh .
  3. Selama berlatih teknik ini, cobalah untuk fokus mengatur arah serta kekuatan pukulan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menjatuhkan shuttlecock di sekitar garis belakang area lawan.

Servis Pendek

Servis pendek merupakan pukulan yang mengarahkan shuttlecock sedekat mungkin dengan area depan garis serang pemain lawan. Pada servis ini, shuttlecock melaju tipis melewati net dan jatuh dekat dengan net sehingga membuat lawan mengembalikan kok naik ke atas.

Servis pendek ini hanya memerlukan sedikit tenaga dengan gerak pergelangan tangan yang menentukan arah shuttlecock. Jenis servis ini biasanya dilakukan dengan jenis pukulan backhand. Namun, jika perhitungan meleset, kok dapat jatuh di depan garis lawan dan dianggap out sehingga memberikan poin untuk lawan.

Servis Backhand

Teknik servis ini termasuk ke dalam teknik servis pendek (short service). Servis ini dapat mendaratkan shuttlecock melewati sedikit di atas jaring sehingga tidak dapat di antisipasi oleh lawan, dan langsung mencetak poin.

Sebelum berlatih servis backhand, mantapkanlah terlebih dahulu cara memegang raket dengan benar. Berikut caranya :

  1. Lakukan gerakan memegang raket ke kanan dan kiri dengan menggunakan tenaga pada pergelangan tangan.
  2. Selain gerakan ke kanan dan ke kiri, lakukan juga gerakan ke depan dan ke belakang. Dengan begitu, maka kamu dapat betul-betul merasakan terjadinya lekukan di pergelangan tangan.
  3. Ayunkan raket secara pendek dengan menggunakan jentikan pergelangan tangan dengan cepat. Hal ini akan membuat shuttlecock dapat terdorong dengan dukungan peralihan berat tubuh dari kaki belakang ke depan.
  4. Hindarilah memaksimalkan tenaga pergelangan tangan karena dapat memengaruhi arah maupun akurasi pukulan shuttlecock.
  5. Jika sudah lancar, maka berlatihlah untuk menembakkan shuttlecock ke arah tembok. Lakukanlah teknik ini dengan berulang-ulang supaya kamu semakin mahir dalam  bermain bulu tangkis.

Servis Forehand

Teknik Servis Forehand Dalam Bulu Tangkis

Sama seperti servis backhand, servis forehand juga termasuk ke dalam jenis servis pendek. Meskipun dalam beberapa kondisi, servis forehand juga dapat termasuk ke dalam jenis servis panjang. Servis forehand memiliki kelebihan yaitu lawan menjadi kesulitan untuk melakukan serangan dan dipaksa untuk selalu berada pada posisi bertahan. Selain itu, dengan menggunakan servis ini juga pemain dapat lebih leluasa untuk menentukan variasi arah serangan.

Baca Juga :

Servis Mendatar

Servis mendatar merupakan pukulan keras, dan mendatar sehingga membuat kok meluncur setipis mungkin dalam melewati net. Servis drive dapat diarahkan lurus ke depan maupun menyilang, baik dengan teknik forehand maupun backhand. Servis drive digunakan untuk menghindari serangan sekaligus memaksa lawan melambungkan shuttlecock.

Servis Flick

Servis ini dapat digunakan menggunakan forehand maupun backhand. Cara yang tepat untuk melakukan servis flick yaitu saat shuttlecock dipukul, tangkai raket harus mampu diarahkan ke bagian bawah dan bagian kepala raket harus berada posisi jauh lebih rendah dari tangan yang sedang memegang raket. Servis flick memiliki tujuan untuk mengelabui lawan dengan membuatnya kaget sehingga tidak dapat mengembalikan shuttlecock dengan baik.

Servis Smash

Teknik Servis Smash Dalam Bulu Tangkis

Servis smash merupakan salah satu hal yang cukup menakutkan dikarenakan servis ini dapat memberikan tekanan pada lawan. Teknik servisnya sama seperti yang biasa. Namun terdapat perbedaan pada teknik pukulan. Cara melakukan teknik ini yaitu ayunkan pergelangan tangan secepat dan sekencang mungkin, seperti gerakan akan mencambuk. Ketika seorang pemain melakukan teknis servis ini, maka biasanya lawan akan kehilangan point sebab merasa kaget dan tidak siap dalam menerima pukulan. Maka dari itu, servis ini sangat cocok dilakukan ketika ingin mengecoh permainan lawan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved