Karate : Sejarah, Pengertian, Peraturan, Ukuran Lapangan, Dan Peralatan

Karate merupakan salah satu cabang olahraga seni bela diri yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Karate juga merupakan olahraga yang bertujuan untuk melindungi diri dari ancaman yang bisa datang kapan dan dimana saja serta untuk menjaga kesehatan. Di Indonesia Karate termasuk olahraga beladiri yang sudah diminati oleh sebagian masyarakat selain silat. Sudah banyak berdiri di berbagai kota besar di Indonesia perguruan karate yang mewadahi atlet yang disiapkan untuk mengikuti berbagai macam kejuaraan karate diberbagai level.

Daftar Isi Artikel Karate :

Sejarah Karate

Seperti yang kita ketahui, karate merupakan seni bela diri yang berasal dari Jepang tanpa campur bela diri lainnya. Namun faktanya tidak begitu, olahraga ini terinspirasi dari seni bela diri kenpo yang berasal dari Cina. Olaharaga beladiri karate sudah masuk ke Negara Jepang yang saat itu masuknya lewat Pulau Okinawa yang masih dijajah.

Kata karate sendiri merupakan kombinasi dari dua kanji (karakter Cina) kara yang berarti kosong, dan te yang berarti tangan. Sehingga dengan begitu karate berarti “tangan kosong” ataupun seni dalam makna beladiri Jepang yang aspek fisiknya mencari pengembangan gerakan daya tahan defensif dan serangan balik.

Setelah itu, Jepang membuat sebuah peraturan yaitu untuk semua penduduk Okinawa tidak ada yang diperbolehkan mempunyai jenis senjata apapun. Dan kemudian, seorang pedagang yang berasal dari Cina mengajarkan suatu bela diri secara diam-diam yang bernama tangan cina atau tote kepada penduduk Okinawa.

Seiring berjalannya waktu, ketika abad ke 19 Masehi, Okinawa pun menjadi salah satu bagian dari negara Jepang. Tote pun juga semakin berkembang di negara Jepang dan sedikit mengalami perubahan pada pola gerakannya yang kemudian diberi nama Okinawa – te. Gichin Funakoshi yang merupakan salah satu guru besar dari Okinawa – te yang mengubah nama tote menjadi Karate dan dibentuknya WKF (World Karate Federation) pada tanggal 10 Oktober 1970 untuk mengatur semua masalah karate di dunia.

Pengertian Karate

Pengertian Karate

Karate merupakan salah satu cabang olahraga bela diri Jepang dan dipengaruhi dengan seni bela diri Cina yang bernama kenpo. Karate juga merupakan olahraga beladiri yang berasal dari Jepang dan menitikberatkan serangan pada ketepatan tendangan dan pukulan tanpa alat. Dalam seni beladiri karate memanfaatkan tendangan, serangan dengan pukulan, serta pertahanan murni menggunakan tangan.

Baca Juga :

Teknik bela diri jenis ini menekankan pada konsentrasi dan kekuatan tubuh pada titik serang dan pertahanan yang dituju. Saat gerakan karate dilakukan, baik itu untuk menyerang maupun bertahan, efeknya akan dirasakan secara instan.

Peraturan Karate

Peraturan Karate

Dalam pertandingan karate, terdapat peraturan yang harus dipatuhi berikut peraturannya :

  1. Pertandingan dilakukan di matras pertandingan yang memiliki luas 10 x 10 m
  2. Pemainnya diwajibkan mengenakan baju karate tanpa hiasan selain lambang negara. Perhiasan apa pun tidak diperbolehkan.
  3. Durasi pertandingan putra dapat berlangsung selama 3-4 menit, sedangkan pertandingan putri antara 2-3 menit.
  4. Terdapat satu orang wasit, tiga orang juri dan arbiter dalam setiap pertandingan.
  5. Penilaiannya berdasarkan teknik, sikap, waktu, dan jarak. Pemenangnya tergantung siapa yang mendapat skor tertinggi.
  6. Tidak boleh memukul ke tenggorokan, kaki, lengan selangkangan, dan punggung kaki.
  7. Teknik melempar tertentu juga dilarang misalnya mengepal, mendorong, atau menyerang dengan siku, kepala, atau lutut.
  8. Jika pemain cedera ketika pertandingan, tidak bisa kembali kecuali diizinkan oleh tenaga medis.
  9. Seluruh kesalahan yang disebutkan wasit pada seluruh karateka dicatat pada papan nilai

Ukuran Lapangan Karate

Ukuran Lapangan Karate

Lapangan yang digunakan dalam pertandingan karate yaitu matras yang memiliki panjang 10 meter, lebar 10 meter, dan tinggi 1 meter. Serta material atau bahan yaitu Eva spon dilengkapi density yang bagus.

Peralatan Karate

Dalam bertanding karate, keselamatan para peserta merupakan hal yang sangat penting agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Sehingga, terdapat berberapa alat yang harus dipakai pada dalam pertandingan karate ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Body protector, digunakan sebagai pelindung badan.
  2. Face mask, digunakan sebagai pelindung kepala.
  3. Shin guard, digunakan sebagai pelindung tulang kering.
  4. Hand protect, digunakan sebagai pelindung tangan.
  5. Gumshield, digunakan sebagai pelindung gigi.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved