Teknik-Teknik Dasar Karate Yang Wajib Diketahui Dan Dipelajari

Karate merupakan cabang olahraga beladiri yang berasal dari Jepang. Olahraga ini sudah tersebar luas ke seluruh dunia termasuk tak terkecuali Indonesia. Karate sendiri merupakan olahraga bela diri asli Jepang yang sudah ada sejak zaman dahulu. 

Olahraga yang satu ini menggambarkan tentang kedisiplinan, keseimbangan, dan juga ketangkasan. Untuk dapat mahir melakukan olahraga ini, tentunya ada beberapa teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu. Berikut merupakan teknik-teknik dasar di olahraga karate.

Kihon

Kihon merupakan teknik dasar dalam karate yang harus dipelajari sebelum teknik-teknik lainnya. Secara harfiah, teknik kihon ini memiliki makna fondas. Artinya setiap karateka wajib untuk menguasai Kihon secara sempurna sebelum pada akhirnya dapat mengenal serta mempelajari Kata dan juga Kumite.

Biasanya, pelatihan untuk teknik Kihon diawali dengan mempelajari gerakan menendang dan memukul yang dikenal dengan tahap sabuk putih serta gerakan bantingan yang ada pada sabuk cokelat. Pada saat karateka berada pada tahap sabuk hitam, hal ini berarti karateka telah berhasil menguasai seluruh Kihon.

Kata

Kata merupakan kombinasi dari kihon yang dilakukan secara berurutan. Kata mengandung beberapa pembelajaran prinsip bertarung dan juga teknik rahasia dari setiap aliran karate. Terdapat falsafah-falsafah hidup di dalam setiap gerakan kata serta terdapat ritme gerakan dan juga pernafasan yang tak sama antara satu dengan lainnya dalam setiap gerakan.

Kumite

Kumite Karate

Teknik kumite ini biasanya dilakukan kepada para karateka yang sudah berada di tingkat yang terbilang tinggi. Tingkat tersebut dimulai dari sabuk biru hingga yang tertinggi yaitu hitam. Kumite merupakan bagian dari karate di mana seseorang berlatih melawan musuh. Kumite dapat digunakan untuk mengembangkan teknik atau keterampilan tertentu atau dapat dilakukan dalam kompetisi.

Kumite terdiri dari beberapa golongan, namun untuk Kumite yang sering digunakan dalam pertandingan dikenal dengan Shiai Kumite. Kumite memiliki beberapa tingkatan, yaitu gohon kumite, kihon ippon kumite, jiyu ippon kumite, dan jiyu kumite.

Dachi atau Kuda-kuda

Teknik Kuda Kuda Karate

Dachi atau kuda-kuda merupakan gerakan dasar dalam olahraga seni bela diri karate untuk yang baru belajar. Teknik ini mengajarkan bagaimana posisi kaki dalam berbagai posisi di karate. Dalam karate Kuda-kuda merupakan suatu hal yang sangat penting karena dari sinilah faktor besar yang memengaruhi pemberian kekuatan serta respons cepat dalam berbagai situasi. 

Saat melakukan teknik dachi atau kuda-kuda, posisi badan berdiri alami dan santai namun tetap waspada. Posisi ini berguna membentuk serangan atau pertahanan dengan keadaan lutut harus rileks dan tetap fleksibel dan bobot badan seimbang pada kedua kaki.

Zuki atau Pukulan

Teknik Pukulan Karate

Teknik zuki atau pukulan dilakukan dengan cara meluncurkan semaksimal mungkin kepalan tangan yang berada di dalam titik pacu. Gerakan dasar ini juga merupakan gerakan dasar yang paling penting untuk para karate. 

Baca Juga :

Dalam menguasainya secara sempurna agar pada saat menyerang lawan dapat melakukan teknik gerakan dengan baik dan benar. Berikut merupakan beberapa jenis teknik pukulan yang perlu kalian ketahui.

  1. Oi-zuki-chudan adalah pukulan mengarah ke ulu hati
  2. Oi-zuki-jodan adalah pukulan mengarah ke kepala
  3. Gyaku-zuki adalah pukulan mengarah ke perut namun kaki tak melangkah
  4. Kisame-zuki adalah pukulan mengarah ke kepala namun kaki tak melangkah
  5. Morete-zuki adalah pukulan dan dorongan, dan lain-lain.

Geri atau Tendangan

Teknik Tendangan Karate

Tendangan atau geri merupakan salah satu teknik dasar yang memiliki peran penting dalam karate yang dimana teknik gerakan tendangan juga dapat digunakan pada saat menyerang lawan selain dengan mengandalkan kekuatan pukulan. Jenis-jenis tendangannya antaranya yaitu.

  1. Usiro geri adalah tendangan belakang
  2. Mawashi geri adalah tendangan melingkar
  3. Yoko geri keange adalah tendangan menggunakan kaki bagian samping
  4. Mae-geri adalah tendangan yang mengarah ke perut maupun kepala dengan arah ke depan dan lain-lain.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved