Mengenal Sejarah, Fungsi, Tujuan, Peran, Dan Tugas FIFA Sebagai Induk Organisasi Sepak Bola Dunia

Sepak bola merupakan olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua kesebelasan yang saling berhadapan dilapangan hijau luas. Tujuan dari sepak bola yaitu untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak banyaknya untuk mencetak poin. Untuk penggemar berat sepak bola, pastinya tidak asing dengan mendengar nama FIFA. Fédération Internationale de Football Association (FIFA) merupakan induk organisasi sepak bola dunia yang berkantor pusat di Zurich, Swiss. Sebagai induk organisasi dunia, artinya organisasi sepak bola dari masing masing negara harus patuh terhadap peraturan peraturan yang diterapkan oleh FIFA.

Sejarah FIFA

Fédération Internationale de Football Association (FIFA) berdiri pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. FIFA didirikan oleh dua tokoh sepak bola, yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet. Selain itu dalam mendirikan organisasi ini juga melibatkan 7 negara yaitu Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss serta Swedia.

Perwakilan yang hadir membentuk FIFA kala itu adalah Robert Guerin dan Andre Espir (Perancis), Louis Muhlinghaus dan Max Kahn (Belgia), Andre Espir (Spanyol, dalam hal ini Real Madrid), Ludvig Sylow (Denmark), Carl Anton Wilhelm Hirschman (Belanda), Victor E Schneider (Swiss), Swedia. Pada saat itu kejuaraan sepak bola hanya diselenggarakan dalam lingkup olimpiade saja.

Seiring berjalannya waktu, anggota FIFA pun mulai bertambah. Dan akhirnya pada tahun 1930 FIFA memperkenalkan pesta olahraga terbesar di dunia yang dikenal hingga saat ini yaitu Piala Dunia. Ajang sepak bola terbesar du dunia tersebut di gelar di negara Uruguay. Piala Dunia pertama ini diprakarsai oleh presiden FIFA ketiga yang bernama Jules Rimet. Presiden FIFA ketiga tersebut terinspirasi untuk membuat turnamen Piala Dunia setelah kesuksesan kompetisi sepak bola di Olimpiade.

Fungsi, Tujuan, Dan Peran FIFA

Fungsi FIFA dalam sepak bola adalah untuk memastikan agar kompetisi sepak bola profesional dapat terlaksana dengan sempurna. Selain itu, FIFA juga berfungsi untuk menyusun peraturan dan ketentuan serta penegakannya. 

Tujuan FIFA sebagai induk organisasi sepak bola internasional tidak bisa dianggap remeh. Sejak organisasi ini dibentuk, tujuan utama yang dimilki FIFA adalah untuk mempromosikan sepak bola ke seluruh penjuru dunia. Olahraga sepak bola berusaha dikemas oleh FIFA semenarik mungkin agar diminati oleh seluruh dunia.

Baca Juga :

FIFA selaku induk organisasi sepak bola dunia memiliki peran penting dalam perkembangan sepak bola dunia. Mereka harus menyelenggarakan beberapa kompetisi bersifat dunia dan juga regional. Dan bukan hanya itu saja, FIFA juga harus mempersiapkan pesta sepak bola dunia yang bertajuk Piala Dunia untuk memperkenalkan sepak bola ke dunia.

Tugas FIFA

Selaku induk organisasi sepak bola dunia, FIFA mempunyai tugas sebagai berikut.

  1. Membuat regulasi permainan
  2. Mengawasi pertukaran atau jual-beli pemain skala internasional
  3. Mengatur seluruh kompetisi yang dibawahi oleh FIFA
  4. Membuat standardisasi untuk wasit, pelatih, dan tim medis. Dan masih banyak lagi

Daftar Presiden FIFA

Semenjak organisasi ini berdiri pada tahun 1904, hingga kini terdapat 9 orang dari 5 negara yang telah mengisi posisi sebagai presiden di organisasi ini.

  1. Robert Guérin 1904 - 1906 negara asal Prancis
  2. Daniel Burley Woolfall 1906 - 1918 negara asal Inggris
  3. Jules Rimet 1921 - 1954 negara asal Prancis
  4. Rodolphe Seeldrayers 1954 - 1955 negara asal Belgia
  5. Arthur Drewry 1955 - 1961 negara asal Inggris
  6. Sir Stanley Rous 1961 - 1974 negara asal Inggris
  7. João Havelange 1974 - 1998 negara asal Brasil
  8. Sepp Blatter 1998 - 2015 negara asal Swiss
  9. Gianni Infantino 2016 - sekarang negara asal Swiss

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved