Permainan Softball : Sejarah, Pengertian, Ukuran Lapangan, Peraturan, Dan Peralatan

Softball adalah salah satu cabang olahraga yang mirip dengan permainan bola kasti dan baseball. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 9 orang dari masing masing timnya. Tugas setiap tim adalah memukul bola dengan tongkat dan berlari menuju base untuk mendapatkan poin. Permainan ini sudah umum dimainkan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Eropa. Softball menekankan pentingnya memukul untuk menciptakan poin yang maksimal dan butuh kemampuan mumpuni untuk hasilkan pukulan yang baik.

Pada permainan softball ini dibutuhkan lapangan atau tanah kosong yang terdapat garis dan beberapa titik untuk dijadikan base. Base tersebut merupakan tempat dimana pemain melakukan pukulan bola dan berlari menuju base selanjutnya sebelum bola ditangkap oleh lawan yang menjaga base tersebut.

Sejarah Softball

Softball lahir di Amerika Serikat dan diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago. Pada saat itu Softball dikenal dalam bentuk permainan dalam ruangan atau ditempat tertutup. Di awal abad ke-20 sofbol mulai dimainkan di luar ruangan sebagaimana dilakukan di dalam ruangan. Tahun 1908 organisasi amatir untuk permainan baru ini (National Amateur Playground Ball Association of the United States) mengatur olahraga ini untuk dimainkan di luar ruangan menggunakan bola yang lebih besar. Tahun 1923 Kongres Rekreasi Nasional (the National Recreation Congress) meminta komisi untuk menstandardisasi olahraga ini, dan tahun 1926 nama "softball" digunakan walaupun belum diresmikan. 

Pada tahun 1933, kejuaraan dunia pertama dilaksanakan di naungi oleh Asosiasi Sofbol Amatir Amerika (Amateur Softball Association of America), sejak saat itu juga softball menjadi sebuah nama resmi. Pada tahun 1946 terjadi perubahan jumlah pemain dalam satu tim yang awalnya 10 orang menjadi 9 orang. Pada tahun 1960an, sebagian dari 125,000 tim telah terdaftar di Asosiasi Sofbol Amatir Amerika. Dan mengadakan enam kejuaraan nasional setiap tahun.

Pada tahun 1949, tim Kanada, Toronto's Tip Top Tailors, telah memenangi kejuaraan internasional yang dilakukan secara berkala oleh Asosiasi Sofbol Amatir dan merupakan kompetisi pertama yang benar-benar merupakan kejuaraan tingkat dunia untuk putra. Diadakan tahun 1966 di bawah sponsor dari Federasi Sofbol Internasional (International Softball Federation). Australia memenangkan kejuaraan pertama untuk wanita tahun 1965. Hingga saat ini permainan softball semakin berkembang ke berbagai negara di dunia dan mulai dimainkan oleh masyarakat Indonesia sebagai permainan yang identik dimainkan oleh para wanita saja.

Pengertian Softball

Softball yaitu permainan bola kecil yang merupakan perkembangan dari olahraga baseball atau hardball. Softball merupakan permainan bola kecil yang dimainkan secara berkelompok dan terdiri dari dua tim dengan 9 anggota di tiap timnya. Tugas dari setiap kelompok tersebut bertugas mendapatkan poin dengan memukul bola dan berlari ke base. Cara mendapatkan poin dalam permainan softbal yaitu dengan memukul bola dengan baik lalu berlari melewati atau hinggap ke base yang tersedia hingga kembali ke home base.

Bagi regu pemukul atau regu yang bermain, setiap base yang dapat dilewati oleh seorang pelari (pemukul atau better) dari tim yang bermain berhak mendapatkan tambahan satu angka. Namun jika pelari (pemukul atau better) tersebut dihentikan oleh penjaga base, maka tim tersebut tidak mendapakan angka. Dengan kata lain, penghitungan poin soft ball sama dengan menghitung jumlah better (pemukul) yang berhasil memukul bola, lalu berlari hingga sampai kembali di home base. Hanya saja jumlah poin setiap better (pemukul) berbeda-beda ketika berhasil mencetak homerun dibanding dengan better (pemukul) yang sempat bertengger di base terlebih dahulu.

Dalam pertandingan softball, durasi permainan setidaknya tujuh inning atau sekitar dua jam. Setelah inning selesai, tim yang mencetak angga (run) terbanyak keluar sebagai pemenang. Jika ternyata terjadi seri atau tie break, maka akan ada inning tambahan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang. Inning merupakan babak permainan dalam pertandingan olahraga softball.

Ukuran Lapangan Softball

Lapangan Softball

Softball dimainkan di lapangan yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan lapangan baseball, yaitu berbentuk bujur sangkar (baseball diamond) dengan base terletak di tiga sudut. Lapangan softball memiliki tiga base atau tempat hinggap. Setiap base diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam yaitu base I, base II, dan base III. Sementara itu, base IV langsung dilewati. Sebab, base IV merupakan tempat untuk memukul (home base).

Untuk ukuran lapangan permainan softball ini memiliki panjang 18 meter hingga 19 meter. Area home plate atau tempat memukul bola berukuran 43 x 22 cm. Pada posisi pitcher plate atau pelempar bola ke home base memiliki jarak 13 meter. Sementara itu, untuk tempat pelempar bola memiliki ukuran 60 x 15 cm.

Baca Juga :

Peraturan Softball

Dikutip dari Tutorials Point, berikut merupakan aturan-aturan yang ada pada permainan softball :

  1. Sebelum melempar, pelempar atau pitcher harus berdiri kokoh di tanah dan salah satu atau kedua kakinya harus menyentuh pelat pelempar.
  2. Pelempar tidak diperbolehkan menghentikan atau memantulkan bola dalam posisi melempar karena dapat menghalangi batter untuk memukul bola.
  3. Pelempar tidak boleh menggunakan selotip apa pun pada bola. Untuk mengeringkan tangan bisa menggunakan resin bubuk di bawah pengawasan wasit.
  4. Tim pemukul harus memukul dalam urutan yang diberikan dalam daftar pencetak angka.
  5. Permainan softball pada saat sesudah memukul maka pelari harus menuju ke arah base 1, lalu base 2, base 3, dan home base untuk mencetak angka.
  6. Jika seorang pemain berperilaku buruk dengan wasit, maka pemain tersebut dikeluarkan dari permainan.
  7. Pertandingan penuh terdiri dari tujuh babak atau tujuh inning. Pengertian satu inning adalah setiap regu bermain 1 kali giliran memukul dan 1 kali menjadi regu penjaga.
  8. Berakhirnya permainan softball ditentukan oleh: Sebuah tim unggul dengan 20 run (angka) di babak ketiga 
  9. Sebuah tim unggul dengan 15 run (angka) di babak keempat Sebuah tim unggul dengan 10 run di babak kelima
  10. Angka atau run dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua marka secara berurutan dan kembali menginjak homeplate.
  11. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning.
  12. Setiap tim harus menyediakan pencatat skor atau angka.

Peralatan Sofball

Peralatan Softball

Bats

Bats atau pemukul bola ini berbentuk lurus dan besar pada bagian ujungnya, seperti pemukul baseball. Untuk bats softball ini dibuat dari material aluminium dengan diameter sekitar 2 inchi, panjang 34 inci atau 86,4 cm, dan dilengkapi dengan safety grip 15 inchi berbahan karet.

Bola softball

Bola softball ini terlihat seperti bola kasti dan baseball, namun sedikit lebih besar. Alat permainan softball yang wajib dimiliki ini memiliki berat 6 hingga 7 ons dengan keliling 11 hingga 12 inchi.

Gloves

juga menjadi alat yang perlu digunakan dalam permainan softball. Bermaterial kulit, gloves softball ini juga dilengkapi dengan anyaman untuk menambah perlindungan pada gloves, sehingga tangan tetap aman saat menangkap bola yang dipukul secara keras.

Body Protector Dan Helmet

Body protector dan helmet juga dibutuhkan sebagai alat permainan softball untuk melindungi bagian tubuh pemain, mulai dari dada hingga perut. Pelindung ini juga sudah termasuk untuk kaki, mulai dari lutut hingga pergelangan kaki. Ada helm sebagai pelindung bagian depan kepala yang dibuat dari material bes.

Home plate

Home plate ini merupakan alat permainan softball yang menjadi tanda dari home di lapangan dan umumnya dibuat dari bahan karet. Pada home plate ini memiliki ukuran 42,5 cm atau 43 x 21,5 cm dengan setiap sisi puncak berukuran 30 cm.

Base 1,2,3

Base 1,2,3 merupakan alat permainan softball yang dibuat dari keset atau karung goni dan menjadi titik base, termasuk dengan home plate. Untuk base 1,2,3 ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran 38 x 38 cm dan tebal sekitar 12,5 cm.

Pitcher Plate

Pitcher plate merupakan alat permainan softball yang dibuat dari material kanvas dengan bentuk persegi panjang dan pipih. Kegunaan pitcher plate ini sebagai batas untuk pitcher atau pelempar bola.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved